Kesalahan-kesalahan Umum Seputar Bra

 Kesalahan-kesalahan Umum Seputar Bra

BIBLIOTIKA - Jika Anda mendapati bekas tali bra di pundak, atau jika payudara Anda terlihat menurun atau seperti ingin “berontak” dari cup bra, atau Anda bahkan merasa tidak nyaman saat mengenakan bra, maka artinya Anda telah keliru dalam memilih bra. Yang jadi masalah, banyak wanita yang tampaknya belum benar-benar memahami dalam memilih bra yang tepat untuk dirinya, sehingga hal itu berdampak pada ketidaknyamanan dalam memakai bra.

Terkait dengan hal tersebut, berikut ini adalah kesalaan-kesalahan umum yang biasa dilakukan sebagian wanita menyangkut bra. Jika Anda kebetulan juga melakukan hal-hal berikut, sudah saatnya Anda memperbaiki, sehingga bisa lebih nyaman dan lebih sehat selama mengenakan bra.

Tidak pernah mengubah ukuran bra

Sebagian wanita menggunakan bra yang sama selama bertahun-tahun. Mereka mengenakan bra dengan ukuran yang sama seperti yang mereka kenakan pertama kali 10 atau 20 tahun yang lalu. Padahal, ukuran payudara bisa berubah, setidaknya sebanyak 6 kali selama hidup kita.

Karenanya, Anda harus mengukur kembali payudara dan bra Anda setiap 1-2 tahun sekali, untuk mencari ukuran bra yang tepat, meski Anda mungkin tidak merasa ada perubahan pada bentuk payudara.

Keliru memilih ukuran bra

Kadang-kadang, wanita ingin terlihat lebih langsing di bagian lingkar dada. Karenanya, wanita yang kebetulan memiliki ukuran payudara 36B, misalnya, bisa jadi sengaja memilih bra berukuran 34B. Perbedaan ukuran itu akan menjadikan perbedaan pula pada tali penopang bra.

Padahal, 90 persen fungsi bra terletak pada tali penopang, sisanya pada cup. Jika bra terlalu sempit, payudara akan melebar ke samping dan ke atas, seperti mau tumpah. Idealnya, tali bra menopang payudara, dan payudara tetap bisa bergerak nyaman sesuai aktivitas yang dijalani.

Keliru saat membeli dan memakai

Pada waktu membeli bra, dan ingin mencobanya, ada sebagian wanita yang mencoba bra ketika masih mengenakan pakaian atau t-shirt. Hal itu menjadikan ukuran bra yang dipilih sering kali tidak tepat. Sebaiknya, ketika mencoba bra baru, usahakan langsung mencobanya pada payudara, dan tanpa pelapis lainnya. Selain itu, pastikan Anda mencobanya dengan cara benar.

Kesalahan umum yang dilakukan wanita saat mengenakan bra adalah mengaitkan tali punggung di depan tubuh, kemudian menggesernya ke belakang, dan menaikkan tali bahu, baru setelah itu mengusahakan payudara terasa pas dalam bra. Cara pemakaian bra semacam itu sebenarnya akan membuat payudara tidak tertopang dan tidak masuk sempurna ke dalam bra.

Cara benar dalam memakai bra adalah dengan memasukkan payudara terlebih dulu ke dalam cup bra, agar payudara menyebar sempurna di dalam cup. Setelah itu, baru kenakan tali pundak supaya mengangkat payudara dengan nyaman.

Selain itu, hindari mengenakan bra dengan tali terlalu kecil, apalagi jika ukuran cup Anda cukup besar. Tali yang terlalu kecil akan menambah beban pada pundak, dan menjadikan sakit. Cup juga harus benar-benar pas menopang payudara, sehingga tidak ada bagian payudara yang keluar dari cup. Hal itu penting diperhatikan, agar payudara tidak melebar dan kendur.

Memilih push up bra untuk payudara besar

Sebagian wanita lebih menyukai bra tanpa jahitan atau bra dengan model tertentu yang bisa membuat payudara tampak menjulang. Bra semacam itu memang baik dan bagus untuk dikenakan.

Namun, yang perlu diingat, bra semacam itu tidak ditujukan untuk semua orang. Jika Anda kebetulan memiliki payudara besar, mengenakan push up bra bukan pilihan yang baik. Karena payudara besar cenderung turun, sebaiknya pilihlah bra yang bisa mengangkat payudara dengan lebih baik.

Tidak pernah membeli bra baru

Bra tidak didesain untuk digunakan seumur hidup. Meski Anda mungkin merasakan bra yang Anda pakai masih nyaman dikenakan, namun bra juga memiliki masa pakai, dan Anda tidak bisa terus mengenakannya selama bertahun-tahun tanpa mau membeli bra baru.

Bra yang digunakan beberapa kali dalam seminggu dan dicuci secara rutin hanya dapat bertahan dengan baik antara 1 sampai 1,5 tahun. Karena itu, lebih baik membeli bra baru, daripada bra lama tidak lagi mampu menopang payudara dengan baik.