Jenis-jenis Pemeriksaan pada Payudara

 Jenis-jenis Pemeriksaan pada Payudara

BIBLIOTIKA - Memeriksa payudara dimaksudkan untuk mengetahui atau mendeteksi adanya kelainan. Jika pemeriksaan mendapati payudara sehat dan baik-baik saja, maka tentu tidak masalah. Namun jika pemeriksaan mendapati adanya masalah atau kelainan pada payudara, maka setidaknya masalah itu akan dapat terdeteksi lebih dini, sehingga dapat diatasi secara lebih dini pula. Tujuannya, tentu, agar penanganannya lebih baik, yang diharapkan bisa memberi hasil lebih baik pula.

Menyangkut pemeriksaan pada payudara, ada beberapa jenis atau cara yang bisa dilakukan, yaitu:

Mammografi

Mammografi adalah pemeriksaan pada payudara menggunakan sinar-X dengan radiasi rendah. Tujuan pemeriksaan mammografi agar bisa memperoleh gambaran pada sekitar area payudara. Jika ditemukan kelainan yang bisa menjadi kanker, bisa langsung dilakukan penanganan lebih lanjut.

USG

USG atau ultrasonografi adalah pemeriksaan pada payudara menggunakan gelombang suara. Pemeriksaan dengan teknik USG khususnya ditujukan untuk wanita yang berusia di bawah 30 tahun, atau wanita hamil, atau yang sedang menyusui, sehingga tidak bisa diperiksa dengan mammografi. Selain itu, pemeriksaan menggunakan USG juga bisa dilakukan untuk wanita yang memakai breast implant (implan payudara).

MRI

MRI atau Magnetic Resonance Imaging adalah metode pemeriksaan payudara menggunakan magnet yang kuat serta gelombang radio. Alat ini mampu menemukan atau mendeteksi keberadaan benjolan yang mungkin tidak terasa saat diraba. Karenanya, pemeriksaan dengan MRI bisa dibilang lebih akurat dan meyakinkan.

PET Scan

PET Scan adalah pemeriksaan pada payudara menggunakan zat radiofarmaka, dengan tujuan untuk mendapatkan gambar tiga dimensi dan berwarna. Gambar yang dihasilkan akan menunjukkan jika terjadi perubahan sel serta penyebaran kanker, sehingga dapat dideteksi lebih dini. Selain itu, pemeriksaan dini menggunakan alat ini juga bisa dipakai untuk mengetahui keberhasilan sistem pengobatan atau terapi.

Biopsi

Biopsi adalah pemeriksaan pada payudara dengan cara mengambil contoh jaringan pada benjolan yang diduga sebagai kanker. Selanjutnya, contoh jaringan itu diperiksa menggunakan mikroskop, sehingga bisa diketahui apakah benjolan tersebut mengandung kanker atau tidak. Jika hasilnya positif, maka bisa segera dilakukan pemeriksaan lebih intensif atau operasi.

SADARI

Merupakan akronim “periksa payudara sendiri”, dan menjadi cara pemeriksaan pada payudara yang paling mudah dilakukan, paling sederhana, sekaligus paling murah, karena tidak membutuhkan biaya.

Berbeda dengan jenis-jenis pemeriksaan yang telah disebutkan di atas—yang semuanya melibatkan tenaga medis dan perlatan canggih, sekaligus membutuhkan biaya yang kadang mahal—SADARI cukup dilakukan sendiri di rumah. Yang perlu dilakukan dalam SADARI hanya meraba dan memeriksa payudara untuk memastikan semuanya baik-baik saja, tidak ada benjolan atau kelainan apa pun. Asal rutin dilakukan, SADARI bisa membantu menemukan masalah (jika ada) secara lebih dini.