Jenis-jenis Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu

 Jenis-jenis Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu

BIBLIOTIKA - Kanker payudara adalah kanker kedua yang menjadi momok menakutkan wanita, setelah kanker serviks (leher rahim). Kanker payudara adalah tumor ganas yang dapat berkembang ke bagian tubuh lain. Kanker payudara dikategorikan karsinoma lobular, jika dimulai dari lobule (kelenjar penghasil susu), dan dikategorikan karsinoma duktal jika berkembang dari saluran lain.

Kanker payudara adalah kanker invasif yang paling umum terjadi pada wanita di seluruh dunia. Pada wanita, kanker payudara mencakup 16 persen dari semua jenis kanker yang menyerang wanita, dan 22,9 persen dari semua jenis kanker invasif yang menyerang wanita. WHO memasukkan kanker payudara ke dalam kategori international classification of disease.

Kanker payudara juga dapat menyerang kaum pria, meski lebih sering terjadi pada wanita. Pada wanita, sebanyak 30,35 persen kanker payudara menyerang wanita berusia 40-49 tahun.

Ada beberapa jenis kanker payudara yang dapat berkembang, dan sering dibagi ke dalam jenis non-invasif dan invasif.

Kanker payudara non-invasif

Kanker payudara non-invasif juga dikenal sebagai carsinoma in situ. Kanker jenis ini ditemukan di dalam saluran payudara, dan belum mengembangkan kemampuan untuk menyebar di luar payudara. Jenis yang umum dari kanker non-invasif adalah duktal carsinoma in situ (DCIS). Ada pula jenis lainnya, yaitu labular carsinoma in situ (LCIS) yang akan memicu timbulnya risiko kanker invasif.

Kanker payudara invasif

Kanker payudara invasif disebut pula infiltrating ductal carsinoma (IDC), yang akan menyebar ke sistem getah bening. Dalam 10 kasus, ditemukan 8 di antara penderita kanker payudara mengidap jenis ini.

Kanker invasif memiliki kemampuan untuk menyebar di luar payudara, meski hal itu tidak berarti tentu telah menyebar. Bentuk yang paling umum dari kanker payudara ini adalah duktal invasif, yang berkembang pada sel yang melapisi saluran payudara. Sekitar 80 persen kasus kanker payudara diketahui merupakan duktal invasif, meski kadang disebut tidak ada jenis khusus.

Jenis lain kanker payudara

Ada pula jenis kanker payudara yang disebut lobular invasive, yang berkembang pada sel yang melapisi lobulus yang memproduksi susu. Kanker jenis ini memiliki kemungkinan untuk menyebar ke bagian lain tubuh, biasanya melalui kelenjar getah bening (kelenjar kecil yang menyaring bakteri dari tubuh) atau aliran darah. Jenis ini dikenal sebagai kanker payudara sekunder atau metastasis.

Apa pun jenis kanker payudara, bisa dibilang gejalanya serupa. Gejala awal umumnya ditandai adanya suatu area menebal pada payudara, atau adanya benjolan, dan benjolan tersebut terasa sakit saat disentuh. Selain itu, Anda juga bisa terganggu dengan rasa sakit mirip PMS, tapi bukan gejala PMS atau berada di luar masa menstruasi. Terdapat perubahan pada bentuk dan warna, hingga warna kemerahan, pada payudara anda. Pada kasus yang parah, puting akan mengeluarkan darah.

Anda bisa memeriksakan payudara yang terasa tidak beres atau mengalami masalah, agar dokter bisa memberi kejelasan mengenai yang terjadi pada payudara Anda.

Meski Anda mungkin tergolong memiliki risiko tinggi untuk kanker payudara, namun Anda juga tidak perlu buru-buru panik atau ketakutan, karena belum tentu masalah yang terjadi benar-benar gejala kanker payudara, dan tidak semua yang memiliki faktor risiko akan terserang kanker payudara.

Terakhir, yang perlu diingat, menjaga pola hidup sehat merupakan salah satu cara untuk mencegah kanker payudara sejak dini.