Iris Fontbona, Penguasa Pertambangan Terbesar di Dunia (2)

 Iris Fontbona, Penguasa Pertambangan Terbesar di Dunia

BIBLIOTIKA - Didirikan di pelabuhan Valparaiso, Chili, CSAV berafiliasi dengan perusahaan Libra asal Uruguay. Bisnis CSAV terutama bergerak dalam pengiriman kontainer kargo. Kini, Iris Fontbona mengembangkan ekspansi CSAV sampai daratan Amerika Serikat, Eropa, Timur Jauh, Jepang, Asia Tenggara, maupun Kepulauan Pasifik serta Amerika Selatan. CSAV, yang 66 persen sahamnya kini dimiliki Luksic Group, menawarkan layanan transportasi kargo umum, curah kargo, produk segar dan beku, pengiriman kendaraan, serta penjualan maupun penyewaan kapal.

Luksic Group juga mengadakan ekspansi dalam industri minuman, dengan membeli seluruh aset kepemilikan Cervecerias Unidas SA (CCU). Saat dibeli, perusahaan tersebut hanya bernilai sebesar 7 juta dollar. Dalam perkembangannya, nilai CCU melonjak hingga 1 miliar dollar, dan menjadikannya salah satu investasi terbesar dalam sejarah Amerika Latin.

Selain itu, Luksic Group memiliki 50 persen saham di Compañía Cervecera Kunstmann, yang merupakan produsen minuman beralkohol. Sementara di industri makanan ringan, Iris Fontbona memiliki Calaf, perusahaan permen di Chili. Kini, Calaf merupakan pemasok makanan ringan terbesar di Chili dengan produksi 550 ton permen cokelat, karamel, serta 200 ton biskuit per hari.

Kemudian, Luksic Group juga memiliki 47 persen saham Madeco, perusahaan produk berbasis tembaga dan aluminium. Produk utama Madeco adalah kabel, kawat bangunan, tabung, serta kemasan produk makanan. Perusahaan ini telah berkembang dengan baik selama bertahun-tahun di Brasil, Peru, dan Argentina.

Di industri media, Luksic Group memiliki 67 persen saham Canal-13, saluran televisi Chili. Di industri real estate, Iris Fontbona memiliki resor mewah, Placa Laguna di Teluk Porec, dengan pantai yang indah. Di bisnis transportasi, Iris Fontbona memiliki 100 persen saham di Ferrocarril de Antofagasta Bolivia (FCAB), perusahaan kereta api Chili.

Awalnya, FCAB adalah sarana transportasi yang mengangkut hasil tambang seperti tembaga, katoda, dan asam sulfat. Namun, di tangan Iris Fontbona, perusahaan tersebut berkembang dan merupakan alat transportasi publik serta barang yang utama di Chili. Kereta api ini melayani jalur transportasi domestik dan internasional. Rute-rutenya menghubungkan Chili hingga Argentina.

Kini, Iris Fontbona pun terkenal sebagai pengusaha wanita yang tidak hanya hebat di Chili, namun juga di dunia. Namanya masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 13,5 miliar dollar. Banyak media, dan rekan-rekan bisnisnya, menggambarkan Iris Fontbona sebagai pribadi yang menarik, wanita yang sangat bersahaja, bahkan rendah hati.

Selain itu, dia juga terkenal murah hati. Pada 2010, misalnya, Iris Fontbona memberikan sumbangan sebesar 1 miliar peso Chili, saat penyelenggaraan Chile Telethon. Chile Telethon adalah acara amal gabungan dari 23 acara amal yang diadakan di Chili. Chile Telethon berusaha mengumpulkan dana untuk rehabilitasi anak-anak yang menderita gangguan motorik.

Kemudian, Iris Fontbona juga membantu warga Chili dalam hal kesehatan, penyediaan air bersih, dan makanan. Pada 2003, dia mendirikan Aguas Antofagasta SA Chile, sebuah perusahaan pelayanan kesehatan yang membantu penduduk di wilayah terpencil di kaki bukit dan kawasan pegunungan Chili. Selain memberi layanan kesehatan, perusahaan itu juga membantu distribusi air bersih ke seluruh wilayah terpencil tersebut. Jumlah penduduk yang mendapatkan pelayanan itu sudah tak terhitung banyaknya.

Dalam hal bantuan makanan, Iris Fontbona mendirikan Lucchetti, perusahaan makanan di Chili yang menghasilkan pasta, minyak, tepung, serta saus. Hasil produksi perusahaan disumbangkan ke warga Chili yang membutuhkan. Jumlah penerima sumbangan itu juga sudah tak terhitung banyaknya.