Hal-hal yang Bisa Menyakiti Payudara

 Hal-hal yang Bisa Menyakiti Payudara

BIBLIOTIKA - Payudara yang cantik saja tidak cukup, karena kecantikan itu harus pula ditunjang kesehatan. Artinya, Anda bisa terus merawat payudara agar selalu cantik dan menawan, namun juga tidak bisa melupakan pentingnya menjaga kesehatannya. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang bisa menyakiti payudara Anda, atau membuatnya nyeri. Jika selama ini Anda pernah atau bahkan sering mengalami, namun belum mengetahui penyebabnya, hal-hal berikut bisa Anda perhatikan.

Ketidakseimbangan hormonal

Rasa nyeri yang kadang timbul pada payudara bisa terjadi karena perubahan hormonal atau ketidaksemimbangan dalam tubuh. Umumnya, saat siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause, merupakan periode maksimum perubahan hormonal pada tubuh wanita. Pada masa-masa tersebut, terjadi penurunan kadar hormon estrogen, dan berkurangnya hormon tersebut bisa menimbulkan nyeri pada payudara. Selain itu, stres juga menjadi salah satu penyebabnya.

Bra terlalu ketat

Ukuran bra yang terlalu ketat atau terlalu kencang menjadikan payudara susah bernapas akibat terbatasnya udara di area dada. Jika kondisi semacam itu terus menerus terjadi, maka dapat menyebabkan nyeri pada tulang sekitar payudara. Untuk itu, pilihlah bra yang benar-benar pas dengan payudara Anda. Tidak terlalu ketat, namun juga tidak terlalu longgar, sehingga Anda nyaman memakainya, dan payudara Anda tidak tersakiti.

Tidak mengenakan bra saat beraktivitas

Pada saat di rumah, banyak wanita yang enggan memakai bra, dengan alasan panas. Padahal, tujuan pemakaian bra adalah untuk menopang payudara. Hal itu penting, apalagi jika Anda melakukan banyak aktivitas—termasuk olahraga—selama di rumah. Aktivitas yang berat, semisal olahraga, akan menjadikan payudara banyak bergerak. Jika tidak ditopang bra dengan baik, payudara bisa terasa nyeri. Selain itu, berolahraga tanpa bra yang mendukung juga bisa membuat payudara mengalami linu dan kram.

Terlalu banyak asupan kafein

Penelitian menemukan fakta bahwa wanita pecandu kopi atau yang terlalu banyak mengonsumsi kafein memiliki kecenderungan untuk merasakan sakit pada payudara. Hal itu disebakan kandungan kafein yang berlebihan bisa membuat otot sekitar dada mengencang. Karena itu, jika Anda kerap mengalami rasa nyeri pada payudara dan Anda tidak tahu apa penyebabnya, cobalah untuk mengurangi asupan kopi.

Efek samping obat

Beberapa jenis obat yang beredar memiliki efek samping meningkatkan hormon estrogen pada wanita. Efek samping itu kemudian menjadikan Anda tidak nyaman, dan payudara terasa nyeri. Karena itu, Anda bisa mengecek kembali pil atau obat-obatan yang Anda konsumsi, serta konsultasikan terlebih dulu dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat bebas.

Kista

Di antara yang lain, penyebab nyeri satu ini bisa dibilang yang paling perlu diperhatikan. Keberadaan kista dalam payudara juga bisa menyebabkan rasa nyeri. Karenanya, jika Anda merasakan nyeri dan mendapati suatu kelainan pada payudara Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.