Germán Larrea Mota-Velasco, Miliuner Misterius dari Meksiko

 Germán Larrea Mota-Velasco, Miliuner Misterius dari Meksiko

BIBLIOTIKA - Sangat sedikit yang dapat diketahui dari Germán Larrea Mota-Velasco, selain kenyataan bahwa dia masuk dalam jajaran 100 orang terkaya di dunia karena memiliki kekayaan mencapai 13,9 miliar dollar. Dia lahir pada 8 Juli 1941 di Mexico City, Meksiko, dan saat ini menjadi CEO Grupo México, perusahaan tambang terbesar di Meksiko yang juga produsen tembaga terbesar ketiga di dunia. Selain fakta-fakta tersebut, informasi mengenai Germán Larrea Mota-Velasco sangat sulit ditemukan.

Berdasarkan beberapa sumber yang dapat dipercaya, Germán Larrea Mota-Velasco mendapatkan perusahaan serta kekayaannya dari warisan. Memang, pada 1978, dia pernah mendirikan perusahaan percetakan dan penerbitan, bernama Grupo Impresa. Dia juga sempat menjadi Chairman dan CEO pada perusahaan tersebut sampai 1989, tapi kemudian ia menjual perusahaan miliknya. Setelah itu, Germán Larrea Mota-Velasco memilih untuk meneruskan perusahaan milik keluarga.

Keluarga Germán Larrea Mota-Velasco memiliki perusahaan bernama Grupo México, yang 51 persen sahamnya dimiliki keluarga, dan perusahaan itu mengoperasikan 13 tambang yang melakukan eksplorasi sumber daya alam di wilayah Meksiko, Chili, dan Peru. Selain itu, Grupo México juga mengelola perusahaan kereta api yang memiliki rel kereta api sepanjang 5.000 kilometer, yang menguasai 71 persen transportasi kereta api di Meksiko.

Germán Larrea Mota-Velasco mulai aktif di perusahaan keluarganya sejak 1994, dan pernah menduduki jabatan sebagai ketua dewan direksi, presiden, wakil ketua eksekutif, hingga akhirnya menjadi CEO saat ini. Selain itu, dia juga memimpin beberapa perusahaan yang masih tergabung dengan perusahaan keluarganya.

Di antaranya, dia menjadi direktur Banco Nacional de Mexico, perusahaan perbankan di bawah Grupo México. Sejak Desember 1999, dia juga menjadi ketua dewan Southern Copper Corporation, lalu menjadi CEO perusahaan tersebut hingga 2004.

Pada 1997, Germán Larrea Mota-Velasco juga diketahui menjadi ketua dewan direksi dan CEO Grupo Ferroviario Mexicano, dan ikut mengelola Empresarios Industriales de Mexico, Compania Perforadora Mexico, Mexico Compania Constructora, dan Fondo Inmobiliario, yang semuanya merupakan anak perusahaan Grupo México.

Di luar yang telah disebutkan di atas, informasi mengenai Germán Larrea Mota-Velasco sangat sulit didapatkan.