Fakta Seputar Bentuk dan Ukuran Payudara

Fakta Seputar Bentuk dan Ukuran Payudara

BIBLIOTIKA - Di antara bagian atau anggota tubuh yang lain, payudara adalah bagian yang sangat diperhatikan wanita pemiliknya, selain juga menjadi daya tarik di mata lawan jenis. Setiap wanita tentu menginginkan payudara yang indah sesuai bayangannya. Dalam hal itu, sebagian wanita kadang kurang mengenali payudaranya sendiri, sehingga merasa atau menganggap payudaranya kurang baik, kurang indah, atau lainnya.

Berikut ini adalah beberapa fakta seputar ukuran dan bentuk payudara yang perlu Anda tahu, untuk semakin mengenali payudara Anda.

Ukuran payudara selalu berbeda

Tidak seorang pun memiliki sepasang payudara alami yang benar-benar sempurna atau simetris. Artinya, sepasang payudara umumnya memiliki ukuran berbeda. Karenanya, jika Anda mendapati sepasang payudara Anda tidak sama besar, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya, karena wanita lain pun mengalami hal sama.

Dalam taraf yang wajar atau normal, besar kecilnya ukuran payudara tidak terlalu tampak atau tidak terlalu menonjol. Dengan kata lain, meski beda ukuran, sepasang payudara masih tampak seimbang. Namun, pada sebagian kecil wanita memang terjadi “ketimpangan” ukuran payudara yang sangat tampak, sehingga terlihat tidak seimbang.

Jika Anda kebetulan mengalami hal semacam itu, Anda bisa menyiasatinya dengan mengenakan bra yang sesuai payudara yang lebih besar, kemudian masukkan busa atau gel silikon ke dalam bagian bra yang menutupi payudara yang lebih kecil.

Payudara bisa mengendur

Jika Anda berolahraga atau jogging tanpa mengenakan bra yang tepat, bisa jadi Anda mendapati payudara Anda mengendur. Hal itu terjadi karena aktivitas yang Anda lakukan relatif berat, dan kemudian berdampak pada payudara Anda yang tidak didukung bra. Untuk mengatasi hal semacam itu, Anda bisa mengenakan bra yang mampu mengangkat payudara.

Namun, bila Anda merasa payudara benar-benar mengendur (padahal usia Anda masih relatif muda), hal itu bisa jadi karena Anda memiliki lebih banyak lemak di bagian payudara daripada jaringan kelenjar yang membantu menjaga kekencangannya.

Dalam keseharian, sebaiknya usahakan selalu mengenakan bra. Melakukan aktivitas rutin atau keseharian tanpa bra bisa menimbulkan nyeri sekaligus membuat payudara kendur. Bra yang tepat akan memberi perlindungan kesehatan bagi payudara.

Payudara berbentuk “aneh”

Seperti anggota tubuh lain, bentuk payudara setiap wanita juga berbeda-beda. Jika Anda menganggap atau mendapati bentuk payudara Anda “aneh” atau tidak seperti umumnya bentuk payudara wanita lain, Anda bisa mengenakan bra yang tepat.

Bra dengan bahan sedikit empuk akan membantu membentuk ulang payudara, dengan mendorong atau membuat belahan dada, untuk menutupi bentuk yang mungkin membuat Anda kurang nyaman.

Bentuk dan warna areola bisa berbeda

Areola adalah kulit dengan tekstur warna lebih gelap, yang mengelilingi puting payudara. Seperti ukuran dan bentuk payudara, areola pun memiliki variasi yang bisa jadi berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Ada yang berwarna merah muda, merah, cokelat, bahkan hitam. Semakin gelap warna kulit, biasanya semakin gelap pula areola Anda.

Hormon-hormon kehamilan juga bisa mengubah warna areola menjadi semakin gelap, dan mungkin warnanya akan tetap seperti itu setelah melahirkan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena pria tetap menyukai payudara Anda, terlepas bagaimana bentuk areolanya.