Fakta-fakta Menarik Payudara Wanita

Fakta-fakta Menarik Payudara Wanita

BIBLIOTIKA - Selain menjadi sarana menyusui bayi, payudara wanita juga merupakan zona erotis yang menyimpan daya tarik. Tapi payudara wanita tidak sebatas itu. Berikut ini beberapa fakta menarik seputar payudara, yang mungkin belum Anda tahu.

Payudara kiri biasanya lebih besar

Ukuran dan bentuk kedua payudara wanita bisa dibilang tidak mungkin sama atau simetris. Ada salah satu yang lebih besar atau lebih kecil, meski perbedaan ukuran itu kadang tidak terlalu terlihat. Namun, umumnya ukuran payudara sebelah kiri selalu lebih besar dibandingkan payudara sebelah kanan. Bahkan, puting payudara pun memiliki ukuran yang bervariasi satu sama lain.

Ada rambut halus pada areola

Rambut halus di dada pria mungkin hal biasa. Bagaimana dengan wanita? Ternyata wanita juga memiliki rambut halus yang tumbuh di dada atau di payudara, tepatnya di daerah areola. Bahan, komedo dan jerawat juga dapat muncul pada area payudara.

Berat payudara rata-rata 0,5 kilogram

Saat menginjak usia dewasa, payudara wanita dapat tumbuh membesar. Rata-rata payudara memiliki berat 0,5 kilogram. Setiap payudara menyumbang 4-5 persen lemak tubuh. Karenanya, satu persen dari berat total tubuh seorang wanita berasal dari lemak di payudara.

Lebih dari 2 juta wanita berpayudara palsu

Ada lebih dari 2 juta wanita di dunia ini yang memiliki payudara palsu hasil operasi plastik atau implan payudara. Angka tersebut menunjukkan kalau wanita memang sangat memperhatikan payudara mereka. Berdasarkan studi, rata-rata usia wanita yang mulai menggunakan implan payudara adalah 34 tahun. Sayangnya, tidak semua wanita yang melakukan operasi payudara merasa puas dengan hasil yang diperoleh.

Payudara membesar saat terangsang

Tidak jauh beda dengan penis pria, payudara juga akan membesar dan menjadi tegang ketika terangsang. Hal itu juga terjadi pada puting payudara.

Terasa tidak nyaman ketika terguncang

Aktivitas fisik semisal berjalan, jogging, aerobik, dan semacamnya, dapat menyebabkan goyangan atau guncangan pada payudara. Jika kadarnya relatif berat, Anda bisa merasa nyeri atau tidak nyaman. Karena itu, kenakan bra dengan ukuran tepat, guna meminimalkan gerakan sehingga Anda bisa mengurangi nyeri pada payudara.

Payudara bisa berubah bentuk

Meski sekilas terasa kenyal, namun ternyata payudara bisa berubah bentuk. Tidur dengan posisi telungkup, misalnya, diyakini bisa mengubah bentuk payudara. Karenanya, penting untuk memperhatikan posisi tidur dalam kondisi yang benar, sehingga dapat menjaga kekencangan dan bentuk payudara Anda. Posisi tidur terbaik adalah menyamping, dan menggunakan bantal sebagai alas untuk menjaga bentuk payudara tetap terpelihara ketika tidur.