EXO, Group K-Pop Paling Fenomenal Sepanjang Masa (2)

 EXO, Group K-Pop Paling Fenomenal Sepanjang Masa

BIBLIOTIKA - Pada 30 Maret 2015, EXO merilis album kedua, dengan titel EXODUS, dalam versi Korea dan Mandarin. Di Korea saja, pre-order album ini melampaui jumlah 500.000 kopi dalam waktu 24 jam, dan memecahkan rekor baru sebagai pre-order album terbanyak di Korea.

Lagu utama, Call Me Baby, dirilis terlebih dahulu pada 27 Maret, karena sebelumnya telah bocor di internet. Video musik untuk lagu itu dirilis empat hari kemudian. Lagu versi Korea telah ditonton lebih dari 4 juta kali, sementara versi Mandarin ditonton lebih dari 2 juta kali dalam waktu kurang dari 24 jam. Call Me Baby kemudian menjadi video musik K-pop yang paling banyak ditonton pada paruh pertama 2015.

Call Me Baby membuktikan kesuksesannya dengan meraih 18 kali kemenangan di program musik Korea Selatan. EXODUS (versi Korea) juga bertahan pada posisi nomor 1 di Tangga Album Gaon selama 4 minggu berturut-turut. Album ini terjual lebih dari 1 juta kopi, dan menjadi album kedua mereka setelah XOXO yang berhasil mencapai prestasi tersebut. EXODUS dianugerahi penghargaan “Album of The Year” di Mnet Asian Music Awards 2015. Itu menjadi tahun ketiga secara berturut-turut bagi EXO meraih penghargaan yang sama sejak 2013.

Sukses di dunia musik, EXO kemudian merambah ke akting. Mereka membintangi serial drama mini berjudul EXO Next Door, yang menjadi drama web Korea yang paling banyak ditonton pada 2015, sebelum akhirnya dipatahkan oleh drama web yang dibintangi Xiumin, Falling For Challenge.

Pada 3 Juni 2015, album EXODUS dikemas ulang (repackage), dengan empat lagu tambahan, termasuk Love Me Right. Setelah menyelesaikan kegiatan promosi di Korea, EXO melakukan konser debut resmi di Jepang. Mereka juga tampil di Tokyo Dome selama tiga hari berturut-turut, sebagai bagian dari tour EXO PLANET #2 - The EXO’luXion. EXO tampil di hadapan 145.000 penggemar di Tokyo Dome pada 6-8 November, dan mencatat rekor sebagai group musik tercepat yang mengadakan konser dome (kubah) di Jepang tidak lama setelah debut.

Pada 4 November 2015, EXO merilis single Jepang pertama mereka, bertitel Love Me Right: Romantic Universe—yang merupakan versi bahasa Jepang dari single Love Me Right berbahasa Korea—dan lagu berbahasa Jepang berjudul Drop That. Saat hari perilisan, single ini terjual sebanyak 147.000 kopi, dan memuncaki Tangga Lagu Oricon, serta mengantarkan EXO sebagai penyanyi Korea dengan penjualan single debut terlaris sepanjang masa di Jepang.

Pada 9 November 2015, EXO merilis single berjudul Lightsaber, lengkap dengan sebuah video klip spesial, yang ditujukan untuk mempromosikan film Star Wars: The Force Awakens, sebagai bagian dari kolaborasi antara SM Entertainment dan Walt Disney.

Satu bulan kemudian, pada 10 Desember 2015, EXO merilis album spesial musim dingin kedua mereka, Sing For You, bersama single utama ganda berjudul Sing For You dan Unfair. Lagu Sing For You memecahkan rekor untuk penjualan minggu pertama terbaik oleh penyanyi Korea, dengan penjualan sebanyak 267.900 kopi pada minggu pertama. Sedangkan lagu Unfair menjadi lagu K-pop pertama yang masuk dalam daftar putar “terbaik minggu ini” oleh Apple Music, dan EXO menjadi penyanyi Korea pertama yang tampil di halaman utama Apple Music.

Memasuki Februari 2016, EXO menggelar tur EXO’luXion di Amerika Utara, dan mengambil tempat di Dallas, Vancouver, Los Angeles, Chicago, serta New York. Pada bulan yang sama, EXO kembali dinobatkan sebagai selebritas paling berpengaruh pada 2015 oleh majalah Forbes edisi Korea.

Pada Juni 2016, EXO merilis album ketiga mereka, berjudul EX’ACT dengan mempromosikan dua single, berjudul Monster dan Lucky One secara bersamaan.

EXO telah menerima sejumlah penghargaan di Korea Selatan dan Cina Daratan. EXO juga telah memenangkan 59 penghargaan di program musik Korea. Pada 14 Juni 2013, satu tahun setelah debut resmi mereka, EXO meraih trofi kemenangan pertama mereka di program Music Bank dengan single Wolf.

Minggu berikutnya, lagu tersebut memenangkan posisi nomor 1 di Show! Music Core dan Inkigayo, sehingga dengan capaian tersebut mereka telah berhasil mendapat predikat triple win. Single Wolf  juga mendapat trofi juara di program musik Show Champion.

Secara lengkap, berikut ini diskografi EXO meliputi album (album studio), album mini, hingga album live.

Album studio

2013: XOXO
2015: EXODUS
2016: EX’ACT

Album mini

2012: MAMA
2013: Miracles in December
2014: Overdose
2015: Sing For You

Album live

2014: Exology Chapter 1: The Lost Planet

Selain aktif di dunia musik, EXO juga aktif di dunia akting serta reality show. Berikut ini adalah filmografi EXO, meliputi reality show, drama, dan pertunjukan dalam DVD.

Reality show

2013: EXO’s Showtime!
2014: XOXO EXO!
2014: EXO 90:2014
2015: SurpLINEs EXO (Line TV)
2015: EXO Channel

Drama

2015: EXO Next Door

DVD

2014: EXO’s First Box
2015: EXO from Exoplanet #1 - The Lost Planet in Japan
2015: EXO from Exoplanet #1 - The Lost Planet in Seoul
2015: EXO’s Second Box