Donald Bren, Pengusaha Real Estate Terbesar di Amerika

 Donald Bren, Pengusaha Real Estate Terbesar di Amerika

BIBLIOTIKA - Donald Bren adalah pengusaha Amerika yang memimpin Irvine Company, perusahaan investasi real estate yang berbasis di Amerika Serikat. Seluruh saham persahaan tersebut merupakan miliknya, sehingga bisa dibilang dia pemilik Irvine Company seutuhnya.

Dia lahir pada 11 Mei 1932, di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Ayahnya bernama Milton Bren, seorang pencari bakat dan produser film di Hollywood. Sedangkan ibunya bernama Marion Bren, seorang pemimpin sipil terkemuka di AS. Pada waktu Donald Bren berusia 16 tahun, orang tuanya bercerai, dan dia ikut ibunya. Ayahnya menikah lagi dengan Claire Trevor, seorang artis pemenang Academy Awards. Sedangkan ibunya menikah lagi dengan Earle M. Jorgensen, seorang pengusaha baja.

Donald Bren berkuliah di University of Washington, dan menerima gelar sarjana di bidang administrasi bisnis dan ekonomi. Dia pernah mencoba bergabung dengan tim ski pada Olimpiade 1956, tetapi tidak memenuhi syarat karena cedera. Setelah itu, dia pun kemudian terpikir untuk mencoba berbisnis, seperti ayah tirinya.

Pada 1958, dengan modal pinjaman sebesar 10.000 dollar, Donald Bren mulai berbisnis properti. Dia mendirikan perusahaan yang dinamai Bren Co., dan mulai membangun perumahan di sekitar pantai Newport, AS, kemudian di Orange County, California. Pada 1963, dia bersama rekan bisnisnya muengakuisisi lahan seluas 10.000 hektar di wilayah Viejo, California, yang kemudian dibangun menjadi pemukiman mewah.

Bisnis Donald Bren bisa dibilang berjalan cukup lancar dan terus berkembang, sampai kemudian dia terpikir untuk menjualnya. Pada 1970, dia menjual Bren Co. ke perusahaan International Paper seharga 34 juta dollar. Di bawah Intrnasional paper, Bren Co. terus berkembang, tapi tidak sepesat saat di tangan Donald Bren. Dua tahun kemudian, karena terkena dampak resesi, Internasional Paper menjual kembali Bren Co. Perusahaan itu dibeli lagi oleh pemiliknya semula, yaitu Donald Bren, seharga 22 juta dollar. Harganya turun drastis, akibat resesi.

Setelah Bren Co. kembali ke tangannya, Donald Bren pun terus melanjutkan bisnisnya. Pada 1977, bersama sekelompok investor, dia membeli Irvine Company, perusahaan developer yang telah berdiri selama 146 tahun. Dalam pembelian itu, Donald Bren memiliki saham sejumlah 34,3 persen, dan dia terpilih menjadi wakil ketua dewan Irvine Company.

Memasuki 1983, jumlah sahamnya di Irvine Company semakin banyak, sehingga dia terpilih menjadi pemimpin perusahaan. Sampai kemudian, pada 1996, ia telah membeli semua saham yang ada di Irvine Company, sehingga Donald Bren pun menjadi pemilik tunggal perusahaan tersebut.

Setelah Irvine Company menjadi miliknya sepenuhnya, Donald Bren melebur perusahaannya, Bren Co., sehingga menyatu dengan Irvine Company. Kini, Donald Bren telah terkenal sebagai developer raksasa di AS. Mayoritas properti yang berada di Orange County, California, dimiliki olehnya. Termasuk 475 gedung kantor, 115 komunitas apartemen, 41 pusat ritel, properti resor, dan sejumlah perumahan baru. Dia diketahui memiliki kekayaan sebesar 15,1 miliar dollar, yang menjadikannya masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia.

Dalam kehidupan pribadi, Donald Bren menikah tiga kali. Pertama dengan Diane Bren, yang kemudian melahirkan tiga anak. Setelah bercerai dengan Diane, Donald Bren menikah dengan Mardell Bren. Pernikahan yang terjadi pada 1977 itu menghasilkan satu anak perempuan. Terakhir, Donald Bren menikah lagi pada 1998 dengan Brigitte Muller, dan memiliki satu anak laki-laki.