Dieter Schwarz, Penguasa Jaringan Supermarket Eropa

Dieter Schwarz, Penguasa Jaringan Supermarket Eropa

BIBLIOTIKA - Dieter Schwarz adalah pengusaha Jerman dan pemilik sekaligus CEO Schwarz-Gruppe (Schwarz Group), jaringan supermarket yang saat ini ada di berbagai negara Eropa. Ia lahir pada 24 September 1939 di Heilbronn, Jerman.

Bisnis jaringan supermarket Schwarz Group dirintis oleh ayah Dieter Schwarz, yaitu Josef Schwarz, pada 1939. Ketika Perang Dunia II meletus, usaha itu hancur. Setelah perang usai, Josef Schwarz kembali membangunnya, dan terus berkembang. Ketika Dieter Schwarz lulus dari pendidikannya di perguruan tinggi pada 1957, dia pun bergabung dengan usaha ayahnya.

Pada 1977, Josef Schwarz meninggal dunia, dan usaha tersebut diwariskan kepada Dieter Schwarz. Di tangan Dieter Schwarz, usaha ayahnya dikembangkan lebih luas lagi. Dia terinspirasi dengan rantai supermarket Aldi yang didirikan oleh Karl dan Theo Albrecht, dan dia pun mengembangkan jaringan supermarket miliknya dengan konsep serupa. Di Jerman, jaringan supermarket milik Dieter Schwarz adalah saingan jaringan supermaket Aldi.

Satu tahun setelah ayahnya meninggal dunia, jaringan supermarket Dieter Schwarz telah memiliki 30 cabang di berbagai wilayah Jerman. Memasuki 1984, Dieter Schwarz meluaskan usahanya ke luar Jerman, dan sejak itulah rantai supermarket miliknya mulai masuk ke negara-negara Eropa. Pada 1982, Dieter Schwarz melakukan ekspansi ke pasar Prancis, diikuti ekspansi ke Italia dan Inggris pada 1992 dan 1996.

Pada 2013, jaringan supermarket Dieter Schwarz telah memiliki lebih dari 10.000 cabang yang tersebar di 23 negara Eropa, dan meraih angka penjualan mencapai 100 miliar dollar.

Jaringan supermarket yang menyebar di seluruh Eropa itu tentu mendatangkan kekayaan besar bagi pemiliknya. Kenyataannya, Dieter Schwarz diketahui memiliki kekayaan mencapai 19,4 miliar dollar, yang menjadikan namanya masuk dalam daftar 100 orang paling kaya di dunia. Dia mendirikan The Dieter Schwarz Foundation, yayasan amal yang digunakannya untuk menyumbang dan mendukung pendidikan, fasilitas anak-anak, ilmu pengetahuan, dan proyek-proyek penelitian di Jerman.

Sebagai orang kaya-raya di Jerman, Dieter Schwarz dikenal sebagai sosok penyendiri, dan dia sangat protektif terhadap kehidupan pribadinya. Dia selalu menolak wawancara media, dan selama bertahun-tahun media Jerman kesulitan mendapatkan foto Dieter Schwarz. Beredar kabar bahwa Dieter Schwarz biasa menyamar atau menyembunyikan identitasnya saat keluar rumah, karena tidak ingin dikenali.

Yang jelas, saat ini dia tinggal di Heilbronn, Jerman, bersama istrinya, Franziska. Mereka juga diketahui memiliki dua anak, yaitu Monika Schwarz dan Regine Schwarz.