Dampak Terlalu Banyak Minum Kopi bagi Payudara

Dampak Terlalu Banyak Minum Kopi bagi Payudara

BIBLIOTIKA - Banyak orang menyukai kopi, termasuk wanita. Saat bangun tidur, pagi hari, kebanyakan orang menyeduh kopi. Minuman ini juga sering dinikmati di saat-saat lain, hingga ada istilah coffee break yang menandai waktu untuk menikmati kopi.

Meski terasa nikmat, namun kopi bukan tanpa masalah. Kopi mengandung kafein, yang kadang bisa memberi dampak negatif. Sementara untuk wanita, terlalu banyak mengonsumsi kopi diketahui dapat berdampak pada payudaranya. Berikut ini beberapa dampak yang bisa terjadi saat wanita terlalu banyak—dan sering—mengonsumsi kopi.

Benjolan di payudara

Kafein dalam kopi bisa menyebabkan kondisi yang disebut “payudara fibrokistik”, yaitu ketika payudara mengandung sel-sel yang mengumpulkan cairan dalam kista, yang lalu membentuk benjolan atau gumpalan di payudara. Benjolan tersebut memiliki ciri berbentuk bulat, dan bergerak bebas di payudara. Ketika disentuh, benjolan itu terasa lembut.

Sifat benjolan tersebut bisa permanen atau sementara, namun gejalanya akan semakin buruk sebelum menstruasi dan di awal kehamilan. Kondisi “payudara fibrokistik” biasanya tidak meningkatkan risiko kanker payudara, serta tergantung pada faktor usia dan hormon.

Sakit pada payudara

Selain menyebabkan benjolan, sebagaimana yang dijelaskan di atas, kafein dalam kopi juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan serta rasa sakit pada payudara. Jika Anda telah mengalami payudara fibrokistik sebelumnya, asupan kafein dapat memperparah rasa sakit yang Anda alami. Menurut Georgetown University Department of Medicine, rasa sakit tersebut bisa datang terus menerus atau hanya kadang-kadang.

Payudara menjadi padat

Penelitian di University of Rochester Medical Center menemukan bahwa asupan tinggi kafein yang menyebabkan perubahan fibrokistik di payudara juga bisa menyebabkan daerah tertentu di payudara menjadi padat.

Payudara cenderung mengecil

Penelitian menemukan, sekitar setengah dari populasi wanita memiliki gen tertentu yang memungkinkan jaringan lemak menyusut akibat terlalu banyak minum kopi (tiga cangkir per hari atau lebih). Akibatnya, payudara mereka akan cenderung kendur dan mengecil. Kenyataan ini tentu bukan kabar bagus untuk wanita yang kebetulan ingin mengencangkan payudara.