Biografi Dilip Shanghvi, Produsen Obat Terbesar di Dunia

Biografi Dilip Shanghvi, Produsen Obat Terbesar di Dunia

BIBLIOTIKA - Dilip Shanghvi adalah pendiri dan pemimpin Sun Pharmaceutical Industries, perusahaan produsen obat terbesar di India. Ia lahir pada 1 Oktober 1955 di Amreli, Gujarat, India, dan menyelesaikan pendidikannya di University of Calcutta, India.

Ayah Dilip Shanghvi bekerja sebagai pedagang grosir obat-obatan generik di Kalkutta. Usaha itu dimulai dari nol, hingga menjadi distributor yang mendistribusikan obat-obatan generik di wilayah Kalkutta. Ketika Dilip Shanghvi lulus kuliah, dia pun diminta membantu usaha ayahnya.

Dilip Shanghvi menerima permintaan sang ayah, dan dia ikut membantu mendistribusikan obat-obatan yang dipasok berbagai perusahaan, ke para pelanggan di Kalkutta. Lama-lama, Dilip Shanghvi berpikir untuk mulai memproduksi obat-obatan sendiri, sehingga tidak terus menerus menjual produk milik orang lain.

Ide itu pun ditindaklanjuti dengan menghubungi para ahli farmasi dan ahli obat-obatan, lalu Dilip Shanghvi merintis usaha yang ia namai Sun Pharmaceutical Industries. Dia membangun usahanya dengan modal 10.000 rupee, pada 1982. Satu tahun kemudian, pada 1983, perusahaannya telah memiliki lima produk obat. Setelah itu, Sun Pharmaceutical Industries pun terus berkembang, dan obat-obatan produksinya mulai dikenal pasar.

Seiring usaha yang makin membesar, Dilip Shanghvi kemudian membawa perusahaannya ke bursa saham, dan mendapatkan suntikan investasi yang sangat besar. Selanjutnya adalah sejarah. Saat ini, Sun Pharmaceutical Industries telah menjadi produsen obat-obatan paling besar di India, yang memasok produknya hingga ke berbagai negara.

Tidak jauh beda dengan perusahaan-perusahaan lain, Dilip Shanghvi pun melakukan berbagai akuisisi untuk membesarkan Sun Pharmaceutical Industries. Sejak 1993, Dilip Shanghvi diketahui telah melakukan 16 akuisisi. Yang paling menghebohkan di dunia bisnis adalah saat dia mengakuisisi perusahaan pesaingnya, Ranbaxy, perusahaan obat-obatan dari Jepang.

Pada 1997, Dilip Shanghvi mengakuisisi Caraco Pharma, sebuah perusahaan obat-obatan Amerika, dan hal itu menjadikan produk-produk Sun Pharmaceutical Industries mulai merambah negeri Paman Sam, bahkan distribusi obat di Amerika kemudian memasok 60 persen pendapatan Sun Pharmaceutical Industries. Kemudian, pada 2007, Dilip Shanghvi mengakuisisi Taro Pharma, perusahaan obat-obatan Israel. Atas semua akuisisi tersebut, Sun Pharmaceutical Industries kini menjadi produsen obat-obatan terbesar kelima di dunia.

Dilip Shanghvi memegang saham terbesar dalam perusahaannya, yang kapitalisasi pasarnya kini mencapai 21,2 miliar dollar. Sementara Dilip Shanghvi diketahui memiliki kekayaan senilai 20 miliar dollar, sehingga menjadikan namanya masuk dalam daftar 100 orang paling kaya di dunia.