Bawang Putih Membantu Mencegah Kanker Payudara

Bawang Putih Membantu Mencegah Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, menjauhi alkohol, adalah beberapa hal yang disarankan untuk menjauhi risiko kanker payudara. Berkaitan dengan konsumsi makanan, Anda bisa mulai membiasakan untuk memasukkan bawang putih ke dalam masakan. Selain kaya zat antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, bawang putih juga dipercaya dapat membantu mencegah kanker payudara. Berikut ini uraiannya.

Anti-tumerogenik

Bawang putih termasuk makanan yang memiliki sifat anti-tumerogenik, yang berdampak antiproliferatif, atau melawan pertumbuhan sel kanker.

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Bawang putih mengandung sulfur yang mampu menjadi zat penghambat pertumbuhan sel kanker secara efektif.

Meningkatkan perbaikan DNA

Memperbaiki DNA adalah langkah yang penting dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Ekstrak bawang putih terbukti mampu dalam meningkatkan perbaikan sel DNA.

Melawan radikal bebas

Radikal bebas adalah salah satu penyebab dari munculnya penyakit kanker payudara. Bawang putih mengandung zat bernama allium yang dapat menghancurkan dampak dari radikal bebas di dalam tubuh, yang pada gilirannya mampu meningkatkan kesehatan tubuh.

Mengurangi proliferasi sel

Proliferasi sel adalah kelebihan sel dalam tubuh yang bisa menjadi zat kanker. Dalam hal ini, bawang putih memiliki kemampuan dalam mengendalikan proliferasi sel penyebab kanker.

Mematikan sel kanker

Zat allium dalam bawang putih memiliki kemampuan dalam menyerang sel kanker. Karena itu, rutin mengonsumsi bawang putih bisa membantu tubuh memerangi sel kanker yang mungkin tumbuh.