Anne Cox Chambers, Wanita Penguasa Bisnis Media

Anne Cox Chambers, Wanita Penguasa Bisnis Media

BIBLIOTIKA - Menjadi pewaris perusahaan media raksasa Cox Enterprises menjadikan Anne Cox Chambers masuk dalam daftar orang-orang paling kaya di dunia, dengan nilai kekayaan mencapai 17 miliar dollar. Nama lengkapnya Anne Cox Chambers Beau, dan dia lahir pada 1 Desember 1919 di Dayton, Ohio, Amerika Serikat. Dia kuliah di Finch College, New York, dan segera bergabung dengan perusahaan keluarganya setelah lulus.

Ayah Anne Cox Chambers adalah James M. Cox, pendiri Cox Enterprises, perusahaan media yang menguasai radio, televisi, televisi kabel, koran, internet, dan berbagai bisnis lainnya. Anne Cox Chambers memiliki dua saudara, yaitu Jim Jr. dan Barbara Cox. Ketika ayah mereka meninggal dunia, warisan perusahaan dan kekayaannya pun jatuh ke tangan Anne Cox Chambers dan dua saudaranya. Namun, pada 1974, Jim Jr. meninggal.

Setelah meninggalnya Jim Jr., perusahaan pun ditangani oleh Anne Cox Chambers dan Barbara. Sampai kemudian, pada 28 Mei 2007, Barbara meninggal, sehingga kini Cox Enterprise dikendalikan sepenuhnya oleh Anne Cox Chambers.

Anne Cox Chambers memimpin surat kabar Atlanta Newspapers dan menjadi direktur Cox Enterprises. Perusahaan itu memiliki stasiun televisi kabel terbesar, Cox Communications, juga menyediakan jasa internet dan telepon, menerbitkan surat kabar termasuk The Atlanta Journal-Constitution dan The Palm Beach Post. Cox Enterprises juga memiliki dan mengoperasikan televisi dan radio, serta Manheim Auctions, sebuah perusahaan pelelangan mobil. Masih banyak bisnis lain yang dikelola group perusahaan.

Di luar Cox Enterprises, Anne Cox Chambers juga menjadi direktur dewan direksi Coca-Cola Company pada 1980-an. Ia juga menjadi wanita pertama di Atlanta yang pernah menjabat direktur bank, yakni di Fulton National Bank. Ia juga wanita pertama yang terpilih dalam keanggotaan kamar dagang kota. Selain aktif di dunia bisnis, Anne Cox Chambers juga aktif di bidang politik. Karenanya, dia pernah terpilih menjadi duta besar AS untuk Belgia, di masa pemerintahan presiden AS Jimmy Carter. Anne Cox Chambers menduduki jabatan itu dari 1977 hingga 1981.

Pada saat ini, Cox Enterprises memiliki 15 stasiun televisi, 17 surat kabar harian, dan 86 stasiun radio. Di saluran televisi kabel, Cox Communications memiliki lebih dari 6 juta pelanggan. Di bidang layanan internet, mereka menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi ke lebih dari 2 juta rumah. Sementara untuk layanan telepon, mereka telah melayani 1,1 juta pelanggan.

Anne Cox Chambers adalah wanita yang sangat aktif. Sukses dalam bisnis dan politik, dia juga terkenal sebagai filantropis yang mendukung berbagai badan amal pendidikan dan kebudayaan. Saat ini, dia menjabat di dewan Atlanta Historical Society, Atlanta Botanical Garden, Metropolitan Museum of Art, Woodruff Arts Center, Whitney Museum New York, dan Pasteur Foundation. Dia juga dikenal sebagai pendukung kampanye presiden Barack Obama di Georgia.

Ia menikah dengan Louis G. Johnson, dan memiliki dua anak; Katharine Ann dan Margaretta. Namun pernikahan itu berakhir dengan perceraian. Pada 1955, ia menikah lagi dengan Robert William Chambers, dan memiliki seorang putra, bernama James Cox Chambers. Saat ini, Anne Cox Chambers tinggal di Atlanta, Georgia, dengan suami dan tiga anaknya.