Ancaman Bahaya di Balik Permainan Pokémon GO (1)

Ancaman Bahaya di Balik Permainan Pokémon GO

BIBLIOTIKA - Pokémon GO, game berbasis ponsel pintar, sedang tren baru-baru ini. Pokémon GO adalah permainan realita berjalan (reality mobile games) yang dibuat Niantic Inc, perusahaan “sempalan” Google Inc. Permainan atau game ini milik Nintendo sebagai publisher, namun dikembangkan oleh Niantic Inc, dan didistribusikan oleh perusahaan The Pokémon Company.

Pokémon GO dirilis pada 6 Juli 2016, menggunakan mesin permainan atau game engine bernama Unity, dan dapat dimainkan melalui OS Andriod, iOS dan gadget tablet lainnya. Sejak pertama kali diluncurkan, permainan ini segera viral dan menarik minat serta perhatian banyak orang.

Asal usul Pokémon GO

Pokémon GO adalah pengembangan dari game sebelumnya, yaitu Ingress, yang merupakan permainan berbasis keadaan yang lebih nyata dan besar, berbasis lokasi multi-pengguna berjaring (augmented-reality massively multiplayer online location-based) yang juga dibuat oleh Niantic Inc. Game model ini dirilis pertama kali secara eksklusif untuk perangkat Android pada 15 November 2012, dan tersedia untuk iOS Apple pada 14 Juli 2014.

Permainan atau game Ingress memiliki cerita fiksi ilmiah masa lalu (science fiction back story) yang kompleks dengan narasi terbuka secara terus menerus. Banyak pengamat game yang menganggap permaina Ingress tidak perlu dimainkan, karena pemainnya tidak bisa menikmati game tersebut. Ingress mirip permainan ketangkasan (exergame) berbasis lokasi, namun permainan ini dianggap gagal untuk berkembang secara viral. Lalu Pokémon GO muncul sebagai penggantinya.

Hampir mirip Ingress, permainan Pokémon GO menggunakan satelit agar keberadaan pemain game dapat diketahui oleh GPS (Globally Positioning System), sekaligus untuk menghadirkan peta atau map yang sama persis (reality map) dengan keadaan di sekeliling pemain dengan sebenar-benarnya. Hal itu bisa terjadi karena Pokémon GO menggunakan Google Map dalam aplikasinya. Hal itu pula yang menjadikan peta yang muncul sama persis dengan peta asli, bukan peta ilustrasi.

Karena kenyataan itu, pemain game Pokémon GO dapat dipantau atau diawasi baik oleh satelit atau pun oleh server pembuatnya, juga oleh pihak ketiga yang berkoalisi dengan perusahaan tersebut, bahkan juga oleh orang yang tidak Anda kenal sebagai pemain-pemain lain dalam permainan Pokémon GO. Hal itu terjadi, karena Anda harus memasukkan lokasi Anda terlebih dulu sebelum bermain Pokémon GO, dan data-data Anda harus diketahui terlebih dulu oleh pembuat permainan tersebut melalui aplikasinya.

Dalam rilis yang dilakukan di situsnya, Pokémon GO  memang menyatakan akan mempertimbangkan kembali “kebijakan pribadi bagi pengguna” (privacy policy) yang memainkan Pokémon GO. Tetapi, banyak orang yang meragukan hal tersebut, karena transfer atau pengumpulan informasi dan data pribadi, meski tidak dilakukan, tetap tidak dapat terlihat mata para penggunannya. Itu menjadi hal negatif pertama yang merupakan dampak berbahaya dari permainan Pokémon GO.

Perampokan melalui Pokémon GO

Hanya dalam waktu satu bulan setelah Pokémon GO dirilis, setidaknya telah ada 11 pemain game tersebut yang dirampok gara-gara celah yang terdapat pada aplikasi itu. Beberapa orang jahat—yang kebetulan juga menguasai teknologi—melihat kemungkinan melakukan kejahatan hingga di daerah-daerah terpencil, karena melihat celah yang bisa dimanfaatkan dalam permainan Pokémon GO.

Pada Minggu pagi (10/7/2016), pihak berwajib di O’Fallon, Missouri telah membuat pernyataan resmi, yang mengonfirmasi bahwa sebuah kelompok beranggota 4 orang bersenjata menggunakan Pokémon GO untuk memancing para pemain agar datang ke lokasi tertentu, lalu merampok mereka. Bill Stringer, seorang polisi, menyatakan kepada Daily News, “Sebagian besar korban sedang bermain Pokémon GO sendirian ketika perampok bersenjata datang kepada mereka.”

Aksi perampokan dengan memanfaatkan permainan Pokémon GO juga terjadi di St. Louis dan St. Charles. Menurut Gizmodo, pihak kepolisian O’Fallon menyebut ada sekitar 8-9 orang yang menjadi korban perampokan akibat Pokémon GO.

Baca lanjutannya: Ancaman Bahaya di Balik Permainan Pokémon GO (2)