8 Hal yang Menyebabkan Payudara Mengendur

8 Hal yang Menyebabkan Payudara Mengendur

BIBLIOTIKA - Saat wanita mencapai usia tertentu, payudaranya akan mulai mengendur. Hal itu wajar, karena kelenjar susu mengecil, sehingga ada ruang kosong dalam kulit pembungkus payudara. Selain faktor usia yang bertambah, kekenduran payudara juga bisa disebabkan perubahan tubuh yang drastis, sehingga lemak dalam payudara berkurang, sementara kondisi itu tidak disertai mengecilnya kulit pembungkus payudara.

N. O. Brantly, seorang insinyur pesawat terbang di AS, memiliki pandangan menarik mengenai hal ini. Menurutnya, seperti pesawat terbang, tubuh manusia juga terkena hukum gravitasi. Bagian tubuh, terutama yang menonjol dan tidak disangga—misalnya oleh otot atau tulang—akan terdampak oleh hukum gravitasi. Dalam hal ini, payudara wanita adalah bagian tubuh yang memiliki sifat semacam itu, menonjol namun tidak disangga.

Dr. Melissa S. Luwia, dari Yayasan Kanker Indonesia, membenarkan pandangan tersebut. Karena menonjol dan tidak memiliki otot, payudara sangat terpengaruh oleh gravitasi. Karena itulah, menggantungnya organ payudara perlu disangga oleh alat tertentu, yang biasa kita sebut bra, kutang, atau BH (breast holder).

Selain karena terdampak hukum gravitasi, berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan payudara turun atau mengendur.

Hamil dan melahirkan 

Seiring dengan usia kehamilan yang bertambah, ukuran payudara akan semakin berkembang. Membesarnya payudara menjadikan massanya bertambah. Akibatnya, tarikan ke bawah semakin kuat.

Terlalu besar dan sering terguncang

Tidak jauh beda dengan kasus pada ibu menyusui, massa payudara mempengaruhi tarikan gravitasi. Semakin besar massa payudara, semakin besar pula tarikan gravitasi yang terjadi. Apalagi jika payudara sering atau selalu terguncang, misal karena aktif dalam olahraga.

Sering tak berpenyangga

Fungsi penting penggunaan bra adalah untuk menyangga sepasang payudara. Biasa atau sering tidak mengenakan bra dapat menjadikan payudara mudah mengendur, apalagi jika ukuran payudara tergolong besar.

Kebiasaan buruk

Ada beberapa kebiasaan yang bisa mempengaruhi payudara cepat mengendur, salah satunya tidur dalam posisi miring tanpa penyangga. Hal ini bisa dijelaskan dengan teori gravitasi. Pada waktu tidur dalam posisi miring, tidak ada yang menyangga payudara sama sekali, kecuali mengenakan bra. Dalam hal ini, kebanyakan wanita tidak tidur dengan bra melekat di tubuh. Dalam urusan berkaitan dengan payudara, tidur telentang dinilai lebih baik, karena payudara disangga oleh tubuh.

Penyakit

Penyakit semacam TBC (tuberkulosis) atau kanker bisa menyebabkan payudara menjadi kecil, kendur, atau turun. Hal itu karena virus atau sel ganas yang merusak organ tubuh.

Kurang gizi

Sebenarnya, hal pertama yang terdampak oleh kondisi kurang gizi adalah kulit, bukan payudara. Karenanya, mengonsumsi makanan bergizi lebih berguna untuk mengencangkan kulit. Namun, meski begitu, makanan bergizi penting diperhatikan, karena penyakit semacam TBC atau kanker bisa muncul akibat kurang gizi. Makanan seperti kubis, kacang kedelai, tempe, susu kedelai, dan bawang putih, sangat bagus untuk mencegah kanker payudara.

Perlakuan kasar

Tubuh kita harus diperlakukan dengan halus dan lembut, apalagi bagian payudara. Perlakuan kasar terhadap payudara, seperti meremas-remas terlalu kuat atau kasar, bisa mempengaruhi keindahan payudara. Bra yang membuat payudara tertekan, terjepit, dan semacamnya, juga termasuk perlakuan kasar terhadap payudara.

Kesalahan memakai bra

Idealnya tentu saja bra mendukung payudara secara penuh, selain nyaman selama dikenakan. Bra yang terlalu kecil, terlalu kencang, atau bra yang terbuat dari bahan kurang baik, bisa menyebabkan payudara tidak sehat, yang akhirnya menjadikan payudara cepat kendur.