6 Kebiasaan untuk Mencegah Payudara Kendur

6 Kebiasaan untuk Mencegah Payudara Kendur

BIBLIOTIKA - Usia adalah salah satu faktor dalam hal menyebabkan kendurnya payudara wanita. Bagaimana pun, elastisitas kulit akan berkurang seiring bertambahnya usia, dan hal itu akan ikut mempengaruhi payudara. Selain usia, ada beberapa faktor lain yang ikut mempengaruhi kekenduran payudara, bahkan ketika si wanita masih relatif muda.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa diterapkan dalam kehidupan Anda, jika ingin mencegah payudara kendur, atau setidaknya agar payudara tidak cepat mengendur.

Menjaga berat badan

Berat badan yang naik turun secara signifikan memiliki dampak pada payudara. Kadang, karena keinginan menjalankan program diet yang ketat, wanita pun mengalami hal tersebut. Di satu waktu, berat badan turun dalam jumlah banyak. Kemudian, di lain waktu, berat badan mereka kembali naik. Hal semacam itu berisiko membuat payudara lebih cepat kendur. Cara terbaik dalam menjaga payudara adalah dengan mempertahankan berat badan ideal yang sesuai untuk Anda.

Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kulit, khususnya dalam hal menjaga elastisitas lapisan luar tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C atau dari suplemen makanan.

Selalu mengenakan tabir surya

Saat Anda berkegiatan di area terbuka, apalagi dengan cuaca terik yang dapat langsung menyinari bagian dada, pastikan untuk mengaplikasikan tabir surya. Kebiasaan ini lebih perlu diingat bagi wanita yang senang bepergian ke daerah hangat dengan mengenakan pakaian tipis, sehingga tubuh langsung terpapar sinar mahatari. Sebagaimana bagian kulit lain, area kulit payudara juga perlu dilindungi dari bahaya sinar ultraviolet.

Mengonsumsi makanan bergizi

Menjalani gaya hidup sehat sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan, termasuk kesehatan payudara. Menjalani gaya hidup sehat juga berarti biasa mengonsumsi makanan bergizi, dan menghindari makanan jenis junk food. Asupan makanan yang baik akan dapat membantu tubuh menghindari penuaan dini, yang artinya kulit Anda akan lebih terjaga, dan kondisi payudara akan lebih baik.

Pilihlah bra yang baik

Bra adalah komponen penting dalam hal menjaga payudara. Karenanya, pilihlah bra yang benar-benar baik, nyaman dikenakan, dan benar-benar dapat menopang payudara secara sempurna. Tidak usah tergiur dengan bra yang murah namun tidak nyaman dikenakan. Bra berkualitas baik tidak hanya memberi dukungan baik bagi payudara Anda, namun juga mendukung penampilan Anda secara keseluruhan.

Biasakan berdiri dan duduk tegak

Wanita yang terbiasa berdiri membungkuk atau duduk dalam posisi membungkuk berisiko membuat payudara cepat mengendur, karena kulit payudara akan sering tertarik ke bawah. Karena itu, mulailah membiasakan diri untuk selalu berdiri dan duduk dalam posisi yang baik, tidak membungkuk, sehingga kulit di sekitar payudara akan lebih terjaga kekencangannya.