50 Tips Praktis untuk Ibu Rumah Tangga (Bagian 4)

50 Tips Praktis untuk Ibu Rumah Tangga

BIBLIOTIKA - Warna sayuran yang dimasak dengan air biasanya kurang bagus. Ini bisa dicegah dengan menambahkan sedikit baking soda. Hanya saja, baking soda akan menyebabkan sayuran menjadi lebih matang dan kehilangan lebih banyak vitamin C.

Selain dapat digunakan untuk memadamkan api kecil, baking soda juga bisa digunakan untuk bubuk gosok.

Pintu rumah Anda terdengar berderik, dan Anda ingin mengatasinya dengan cara yang mudah? Bubuhkan saja bedak tabur di engsel pintu itu. Deriknya akan segera lenyap.

Tahukah Anda, kaca di rumah Anda dapat bersih mengkilap jika dibersihkan dengan teh basi. Caranya, masukkan teh basi (teh sisa semalam) ke dalam sebuah baskom. Basahi kain lap dengan teh basi tersebut, dan gosokkan pada permukaan kaca. Setelah itu keringkan kaca dengan lap kering yang bersih. Kaca rumah Anda pun kini jauh lebih mengkilap dibanding sebelumnya.

Jika Anda suka berkebun dan ingin alat-alat perkebunan Anda (semisal linggis, martil, cangkul, dan lain-lain) selalu awet dan tidak dihingapi karat, gunakan tip berikut. Sediakan satu kaleng atau ember besar, lalu penuhi kaleng atau ember itu dengan pasir kering yang bersih. Nah, setiap kali Anda selesai memakai perkakas kebun tadi, bersihkan, lalu keringkan. Setelah itu, tancapkan perkakas tersebut ke dalam pasir dalam kaleng atau ember tadi, dan simpan di tempat yang kering. Perkakas Anda pun akan awet dan bebas karat.

Cara paling mudah untuk mencegah atau menghilangkan bau tidak sedap di lemari es adalah dengan menempatkan baking soda dalam wadah terbuka di dalam lemari es.

Jika freezer Anda kotor, Anda dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya dengan mudah. Gosokkan pasta gigi dengan menggunakan lap bersih pada freezer, lalu ulangi hingga dua kali. Hasilnya, freezer Anda yang kotor pun segera bersih kembali.

Jika Anda suka membuat bakwan jagung sendiri di rumah, dan sering menghadapi bakwan buatan Anda terasa keras, gunakan cara berikut; bila adonan jagung sudah jadi, jangan langsung digoreng. Jemurlah terlebih dulu adonan jagung itu selama satu atau dua jam, baru setelah itu digoreng. Bakwan Anda pun akan lebih gurih, empuk, dan lezat.

Tahukah Anda, cabai rawit ternyata mengandung gizi berharga dalam jumlah yang cukup tinggi. Misalnya, dalam berat yang sama, vitamin C-nya tiga kali lipat lebih besar dibanding jeruk. Selain itu, cabai rawit juga mengandung sejumlah zat yang berguna bagi tubuh, seperti mineral, besi, dan magnesium, serta vitamin B1, B2, dan asam folat, yang sangat penting bagi tubuh. Sedangkan capsaicin, zat yang menimbulkan rasa panas pada cabai, ternyata dapat meningkatkan metabolisme, yang berarti Anda dapat membakar kalori lebih banyak jika mengkonsumsinya.

Jika Anda tidak sempat memandikan hewan piaraan Anda, semisal anjing atau kucing, Anda dapat tetap membersihkan mereka dengan cara yang mudah dan praktis. Ambil saja sejumlah baking soda kering, lalu gosokkan pada bulu anjing atau kucing Anda, dan sisirlah ke arah luar. Binatang kesayangan Anda pun akan bersih, dan bau yang tidak enak akan hilang.