50 Tips Praktis untuk Ibu Rumah Tangga (Bagian 3)

 50 Tips Praktis untuk Ibu Rumah Tangga

BIBLIOTIKA - Cara mudah untuk mengecek timbangan akurat atau tidak, Anda bisa menimbang beberapa jenis barang yang sudah pasti takaran beratnya. Pilih barang yang sudah dikemas, sepeti keju, margarin, dan lainnya. Umumnya, di kemasan barang semacam itu tertera dengan jelas berat bersihnya.

Jika peralatan makan yang terbuat dari plastik ditempeli noda membandel yang sulit dihilangkan, rendamlah peralatan plastik itu di dalam air yang dicampur dengan baking soda selama 10 menit. Setelah itu dibilas dengan air bersih. Peralatan plastik Anda akan bersih kembali.

Jika peralatan dapur Anda yang terbuat dari alumunium telah menjadi hitam, kotor atau kusam, rebuslah 1 liter air, campur dengan 2 sendok krim tartar, dan rebus sampai 10 menit, lalu gunakan air itu untuk membersihkannya.

Jika lantai dapur Anda ternoda oleh tumpahan minyak atau lemak, taburkan saja tepung ke atasnya. Tepung dapat meresap ke dalam minyak, dan mencegah minyak menjalar ke tempat lain. Setelah itu Anda pun dapat membersihkannya dengan lebih mudah.

Setelah Anda memarut keju dan parutan sulit dibersihkan, parut saja kentang yang masih mentah. Dengan cara ini, semua keju yang tersisa di lubang parutan akan terbawa, dan parutan Anda akan bersih kembali.

Jika sewaktu-waktu Anda membuat suatu resep makanan atau minuman yang membutuhkan panili, dan Anda tidak bisa mendapatkannya, Anda bisa mengganti panili dengan kulit jeruk purut/jeruk nipis. Parut saja kulit jeruk tersebut, lalu gunakan sebagai resep pengganti panili. Anda akan mendapatkan rasa dan aroma yang tak jauh beda.

Jeruk purut merupakan buah serba guna. Buah jeruk purut biasanya diiris-iris untuk bumbu penyedap masakan, atau dimanfaatkan sebagai pengharum minuman koktail yang akan dihidangkan. Nah, tahukah Anda, koktail yang dibubuhi sedikit parutan kulit jeruk purut juga akan lebih harum dan segar rasanya.

Jeruk nipis juga dapat kita manfaatkan untuk menambah sedap berbagai jenis buah-buahan. Buah pepaya yang diiris kecil-kecil, lalu dibubuhi gula pasir dan air secukupnya, akan lebih sedap lagi bila diberi beberapa tetes air jeruk nipis. Begitu pula buah semangka, mangga yang terlalu manis, dan sebagainya.

Tahukah Anda, memanaskan jeruk lemon sebelum memerasnya akan menambah jumlah air perasan sebanyak dua kali lipat dari yang biasa Anda dapat.

Bila dapur Anda dilengkapi dengan gorden, sering-seringlah untuk menggantinya dengan warna yang berbeda. Langkah kecil dan sederhana ini, akan membuat suasana dapur Anda jadi terasa berubah, sehingga Anda tidak bosan berlama-lama di sana.

Ketika akan membersihkan sepatu kets yang berwarna putih, sebaiknya jangan menggunakan pemutih. Gunakan saja sedikit air perasan jeruk nipis di bilasan terakhir.

Kebanyakan baju berwarna hitam akan pudar warnanya setelah beberapa kali dicuci. Untuk menghindarinya, tambahkan kopi atau teh kental pada waktu membilas.

Tahukah Anda, hanya dengan menggantung cabai kering di lemari pakaian, akan dapat mencegah ngengat mengganggu baju sutra dan wol kesayangan Anda.

Salah satu cara mengusir serangga dengan mudah adalah dengan membungkus beberapa kamfer atau kapur barus dalam kain katun, lalu ditempatkan di sudut-sudut rumah.

Tahukah Anda, baking soda yang disimpan di dalam kulkas atau freezer akan menyerap bau busuk, dengan catatan wadah pembungkusnya dibuka dulu.

Baca lanjutannya: 50 Tips Praktis untuk Ibu Rumah Tangga (Bagian 4)