50 Tips Praktis untuk Ibu Rumah Tangga (Bagian 2)

50 Tips Praktis untuk Ibu Rumah Tangga

BIBLIOTIKA - Jika sewaktu-waktu Anda perlu membuat minuman air jeruk dalam jumlah banyak, dan Anda bingung menakar berapa banyak jeruk yang dibutuhkan, ingat saja rumus ini: Dari 1 buah jeruk berukuran sedang, akan didapatkan ¼ cup air jeruk.

Anda sering mendapati gula pasir di dapur Anda menggumpal, sehingga sulit digunakan? Masukkan saja kelereng ke dalam wadah penyimpanannya. Gula pasir Anda pun tidak akan sering menggumpal lagi.

Ketika memasukkan keju ke dalam lemari es, sering kali kita mendapati keju itu jadi sangat keras. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengoleskan mentega pada ujung-ujung keju tersebut sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Agar berbagai macam minuman dan punch yang akan disajikan tampak lebih menarik, Anda bisa menambahkan es batu kecil-kecil yang telah diberi hiasan bunga, bumbu dapur, atau juga buah-buahan. Caranya, carilah bunga atau buah organik yang bebas pestisida. Cuci bersih, sisakan satu helai daun atau tangkainya, kemudian taruh satu per satu helai daun atau tangkainya pada wadah pembuat es. Setelah membeku, es berhias tersebut siap digunakan. Masukkan ke dalam gelas atau mangkuk bersisi minuman atau punch.

Agar jagung manis tetap segar, biarkanlah terbuka untuk beberapa saat, baru kemudian direndam di dalam air dingin selama 1 jam, sebelum kemudian disimpan di lemari es. Ketika akan diolah, masaklah dengan cepat, dan dengan api yang besar, sehingga rasa manis pada jagung tidak menguap.

Tomat segar akan bisa bertahan lebih lama, jika Anda menyimpannya bersama batang atau tangkainya, dan diletakkan dengan posisi tangkai di atas.

Jangan sekali-kali menyimpan makanan kaleng yang sudah dibuka di lemari es, karena kalau kalengnya berkarat, maka makanan di dalamnya bisa beracun. Ketika kaleng makanan sudah dibuka dan isinya belum habis, sehingga Anda ingin menyimpannya, keluarkan saja makanan itu dari dalam kalengnya, kemudian bungkuslah dengan plastik baru. Setelah itu baru dimasukkan ke dalam lemari es.

Agar sandwich tetap enak, tidak basah atau lembek ketika akan dimakan di siang hari, sebaiknya oleskan mayonais atau saus lainnya di antara daging dan sayuran. Jangan oleskan di atas roti.

Agar kuah sup, saus, dan segala macam air rebusan tidak tumpah saat dimasak sehingga membuat kotor kompor Anda, selipkan saja tusuk gigi di antara panci dan tutupnya. Dengan cara ini, air rebusan tidak akan meluap keluar, karena Anda sudah membuat ruang kecil, sehingga udara bisa keluar.

Jika Anda merasa mengiris cheese cake atau keju dengan pisau terlihat kurang bersih atau rapi, Anda bisa menggunakan dental floss (benang gigi) untuk mengirisnya. Dijamin hasilnya sebersih dan serapi yang Anda inginkan.

Kalau Anda merasa kesulitan saat mengupas tomat karena terlalu licin, celupkan saja tomat itu ke dalam air panas terlebih dulu. Setelah itu Anda dapat mengupasnya dengan mudah karena kulit tomat tidak akan licin lagi.

Untuk mencegah peralatan baru Anda yang terbuat dari kayu bebas dari bau makanan, rendamlah dalam air yang dicampur dengan cuka putih selama satu malam, sebelum mulai digunakan.

Untuk mencegah makanan menjadi lengket ketika digoreng pada wajan baru, Anda bisa merebus air yang dibubuhi cuka hingga mendidih pada penggorengan yang baru sebelum digunakan. Dengan cara ini, makanan tidak akan lengket selama digoreng.

Baca lanjutannya: 50 Tips Praktis untuk Ibu Rumah Tangga (Bagian 3)