50 Tips Praktis untuk Ibu Rumah Tangga (Bagian 1)

 50 Tips Praktis untuk Ibu Rumah Tangga
BIBLIOTIKA - Berikut ini adalah 50 tips praktis dan sederhana yang dapat Anda gunakan untuk menjadikan dapur serta aktivitas memasak dan kesibukan rumahtangga Anda sehari-hari menjadi lebih mudah dan efektif. Karena sangat panjang, artikel ini dipecah menjadi empat bagian. Selamat menyimak.

Untuk mencegah terjadinya goresan pada panci atau wajan antilengket, letakkanlah kain gombal di antara panci atau wajan pada waktu Anda menumpuk dan menyimpannya di lemari.

Agar piring, pinggan, dan panci, yang akan dimasukkan dalam oven mudah dicuci dan bersih setelah digunakan, Anda bisa membungkus piring atau pinggan tersebut dengan kertas alumunium foil yang bersih. Setelah itu letakkan makanan atau adonan yang akan dipanggang di atasnya.

Kalau susu yang Anda beli sudah masam, jangan buru-buru dibuang. Susu masam bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dari tembaga. Caranya, tuangkan susu ke dalam alat masak, semisal panci atau penggorengan, dan biarkan selama satu jam. Setelah itu dicuci hingga bersih. Peralatan masak Anda pun kini bersinar kembali.

Anda bisa menaburkan sedikit garam ke minyak penggorengan Anda, jika Anda tidak ingin minyak penggorengan meletup, dan Anda terkena percikan panasnya.

Tempat bekas lilin biasanya akan dilekati lelehan lilin yang mencair. Untuk membersihkannya kembali tanpa khawatir menggoresnya, masukkan saja tempat lilin itu ke dalam lemari es, sampai lilinnya membeku. Setelah itu, lilin akan lebih mudah dikelupas.

Hairspray bisa digunakan untuk menghilangkan noda di pakaian dengan cara yang mudah. Semprotkanlah haispray pada noda, dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu gosok dengan kain yang lembab. Noda di pakaian pun segera menghilang.

Untuk menghilangkan bau yang kurang sedap di sudut-sudut rumah, Anda bisa menggunakan potongan atau irisan apel segar. Letakkan potongan apel itu di tempat yang berbau, dan tak lama kemudian rumah pun jadi beraroma segar.

Tahukah Anda, mustard kering bisa digunakan untuk menghilangkan bau bawang dari tangan dan talenan. Caranya, gosokkan pada tangan dan talenan yang berbau bawang, kemudian bilas dengan air bersih.

Jika kesulitan membersihkan sisa tempelan stiker di perabotan kayu, Anda bisa menggunakan cuka. Gosokkan cuka pada sisa-sisa tempelan stiker, maka noda yang membandel itu pun akan mudah terkelupas.

Kalau Anda ingin membersihkan noda karat di bathtub dengan cara mudah, Anda bisa menggunakan campuran boraks dan jus lemon. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok karat yang ada, dan setelah itu dibilas dengan air bersih. Bathub Anda akan bersih kembali.

Pisau pemotong pizza dapat menjadi alat perlengkapan dapur yang serba guna, dan tidak hanya digunakan untuk pizza. Anda bisa pula menggunakannya untuk menghilangkan pinggiran roti saat membuat sandwich untuk anak-anak. Selain itu, pisau pizza dapat digunakan untuk memotong sandwich menjadi empat bagian secara lebih mudah serta sempurna. Gerigi yang tajam pada pisau pizza menjadikan potongan lebih cepat dan mudah, dibandingkan menggunakan pisau biasa.

Kalau sewaktu-waktu Anda mencoba resep masakan baru, ikutilah menurut petujuk resep yang ada. Jika setelah dicicipi terasa ada yang kurang menurut selera Anda, tambahkanlah bumbu yang ada di catatan resep, dan tulislah perubahan itu di kertas resepnya. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan rasa yang pas jika membuat masakan itu lagi.

Baca lanjutannya: 50 Tips Praktis untuk Ibu Rumah Tangga (Bagian 2)