50 Fakta Menarik Seputar D.O. EXO

  50 Fakta Menarik Seputar D.O. EXO

BIBLIOTIKA - Nama aslinya Do Kyung-soo, namun lebih populer dengan sebutan D.O. Dia lahir pada 12 Januari 1993 di Gyeonggi, Korea Selatan, dan terkenal sebagai penyanyi utama EXO-K, sub-group EXO Cina-Korea Selatan. D.O. masuk SM Entertainment pada 2010 setelah memenangkan kompetisi menyanyi di SM Casting System. Ia diperkenalkan sebagai anggota EXO pada 30 Januari 2012.

Pada 2014, D.O. resmi menjadi aktor dengan nama Do Kyungsoo. Film layar lebar perdananya berjudul Cart dan tayang di TIFF, Toronto. Sementara drama yang dibintanginya di antaranya It’s Okay dan That’s Love, tayang di stasiun televisi SBS. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar D.O. EXO.

  1. Nama D.O. diambil dari nama marga yang terdapat pada nama aslinya, yaitu Do Kyung Soo.
  2. Cara membaca nama D.O. adalah “Dyo”.
  3. D.O. pernah menyanyi bersama Hyunsik BTOB di sebuah acara sekolah, pada 2009. Mereka memang berteman sejak masa sekolah.
  4. D.O. sering lupa pada apa yang mau dikatakannya di atas panggung. Kalau sudah lupa, dia biasanya akan salah tingkah dan mengeluarkan ekspresi khasnya yang telah dikenal penggemar.
  5. Di antara member EXO-K, D.O. dianggap paling pintar masak, karenanya disebut eomma-nya EXO-K. Dia bahkan dijuluki “Dyo Chef”, karena sering memasak buat member EXO lainnya.
  6. Kata Baekhyun dan Chanyeol, D.O pintar membuat kimchi spagheti yang enak. Kai juga bilang D.O sangat andal membuat kimchi.
  7. Tampaknya, keahlian D.O. dalam memasak karena dia menghadiri kelas kuliner pada saat sekolah.
  8. Orangtua D.O. juga pintar memasak, dan hal itu sepertinya menurun ke anak mereka.
  9. Teman sekamar D.O. adalah Kai. Karena Kai suka ngemil, D.O. sering membawakan makanan untuk Kai.
  10. D.O. dikenal sebagai member yang paling bersih. Dia tidak suka hal-hal yang berantakan, dan sering marah-marah pada member lain jika membuat kamarnya berantakan. Kai sering menjadi sasaran kemarahan D.O., karena mereka berbagi kamar.
  11. Meski terlihat pendiam, D.O. ternyata masuk dalam top 3 beagle line di EXO. Beagle line adalah sebutan untuk anggota yang tidak bisa diam. D.O. masuk urutan ketiga, sedangkan urutan pertama dan kedua ditempati Chanyeol dan Baekhyun.
  12. D.O. suka bekerja sama dengan Baekhyun untuk ngerjain Chanyeol.
  13. Saat acara Weekly Idol, D.O. diminta mengurutkan member EXO terganteng menurutnya, dan D.O. menempatkan Baekhyun di posisi terakhir. Saat Baekhyun diminta melakukan hal yang sama, dia membalas dengan menaruh D.O. di posisi terakhir.
  14. Di acara EXO’s Showtime episode 1, D.O. diminta menyebutkan member EXO yang paling ganteng. Kali ini dia menunjuk Baekhyun. Ketika Baekhyun diminta hal yang sama, dia juga menunjuk D.O.
  15. Waktu ditanya kenapa D.O. kadang menganggap Baekhyun ganteng dan jelek, D.O. menjawab sambil tertawa, “Karena, kupikir, wajah Baekhyun berubah-ubah. Kadang dia terlihat tampan, namun terkadang juga tidak.”
  16. D.O memiliki bibir yang berbentuk hati. Saat dia tersenyum, senyumannya bisa membentuk hati.
  17. Saat ditanya bagian tubuh mana yang paling ia banggakan, D.O menjawab bibirnya.
  18. Selain terkenal sebagai member yang paling bersih, D.O. juga sangat rapi. D.O. biasa menyusun baju-bajunya sesuai urutan merek, model, dan warnanya.
  19. D.O juga sangat perhatian ke member EXO. Tidak jarang dia tertangkap kamera sedang membetulkan atau merapikan rambut member lain, atau membetulkan posisi mic member lain.
  20. D.O. juga member EXO yang memiliki tulisan terbagus dan paling rapi.
  21. Waktu ditanya seperti apa cewek idealnya, D.O. menjawab dia tidak punya bayangan cewek ideal. D.O. hanya suka cewek yang punya senyum manis, berambut panjang, dan suka makan.
  22. Angka favorit D.O. adalah 1.
  23. Makanan favorit D.O. adalah spageti.
  24. D.O. menyukai es krim. 
  25. D.O. sangat suka film kartun Pororo. Dia juga suka film-film fantasi.
  26. Aktris Hollywood favorit D.O adalah Amanda Seyfried. Waktu Amanda datang ke Korea, dan menyanyikan lagu Growl, D.O. sangat bahagia melihatnya.
  27. Dibanding member yang lain, D.O. dianggap paling pintar berbahasa Inggris, karena bisa mengucapkannya secara fasih. Begitu pula saat menyanyi dalam bahasa Inggris.
  28. D.O. suka belajar bahasa asing, dan dikenal cepat menguasai beragam bahasa.
  29. D.O. adalah penggemar SNSD, dan pernah berkolaborasi dengan SNSD di konser SMTOWN dan menyanyikan lagu Dj Got Us.
  30. Jika tidak menjadi penyanyi, D.O. ingin menjadi koki. Jika tidak menjadi koki, dia ingin menjadi penata rambut.
  31. D.O. memiliki tinggi badan 173 cm, sama seperti Suho dan Chen.
  32. D.O. bergolongan darah A.
  33. D.O. merupakan member EXO pertama yang secara resmi terjun ke dunia perfilman, dan film pertama D.O. berjudul Cart. Dalam film itu, D.O berperan sebagai anak dari seorang ibu single parents yang bekerja di sebuah supermarket. 
  34. Di antara member lain, D.O. paling sering terpeleset di atas panggung.
  35. Pada acara penghargaan musik akhir tahun Mnet Asian Music Award 2013, D.O. mengalami cedera pergelangan kaki saat harus melompat dari atas meja pada waktu opening. Karenanya, D.O. tidak ikut dalam penerimaan penghargaan Album of the Year yang diterima EXO, karena harus segera ke rumah sakit. Meski begitu, dia menunjukkan profesionalitasnya dengan tetap melanjutkan performance yang lebih dari 10 menit di atas panggung, dengan kaki yang cedera.
  36. Saat D.O. memutuskan menjadi penyanyi, orangtuanya sangat mendukung. D.O. juga sempat kursus menyanyi di berbagai tempat sebelum ikut training SM Entertainment.
  37. D.O mempunyai kakak yang lebih tua 3 tahun, bernama Do Seung Soo. D.O sangat menyayangi kakak dan keluarganya. 
  38. D.O merupakan member yang jarang menggunakan celana di asrama. Dia biasa mengenakan kaus dan boxer. Sedangkan member yang jarang mengenakan baju di asrama adalah Kai.
  39. Saat sedang serius mendengarkan sesuatu, D.O. sering lupa berkedip.
  40. Warna favorit D.O. adalah hitam. Hampir semua pakaian yang dia pakai berwarna hitam. Kaus kaki, celana, celana dalam, baju, kebanyakan berwarna hitam.
  41. Selain suka masak dan kerapian, D.O. juga bisa menjahit. Dia bahkan mengaku pernah menjadi ketua klub menjahit.
  42. D.O. biasa makan sambil diam (tidak berbicara), dan dia suka marah-marah pada member lain yang makan sambil ribut.
  43. Saat stres, D.O. suka menonton variety show.
  44. D.O. sangat lambat saat mengetik.
  45. D.O menjadi sukarelawan di salah satu tempat penampungan anak-anak cacat.
  46. D.O. dikenal sebagai member EXO paling sopan setelah Lay. Meski EXO menjadi contoh idol yang paling sopan, tapi Lay dan D.O adalah member yang paling sopan. Mereka selalu membungkuk pada setiap orang yang mereka hormati.
  47. Meski terlihat sangat pendiam, D.O. bisa sangat akrab saat berinteraksi dengan fans.
  48. D.O. menempati peringkat 1 dengan jumlah fans terbanyak, diikuti Baekhyun, Kai, dan Xiumin.
  49. D.O. mengatakan, barang yang selalu dibawanya setiap kali pergi adalah sikat gigi dan pasta gigi. Meski di hotel kadang disediakan sikat dan pasta gigi, dia menyatakan lebih suka menggunakan milik sendiri.
  50. Pada masa sekolah, D.O. pernah mengalami cinta yang bertepuk sebelah tangan, dan dia masih mengingat sosok yang dicintainya itu sampai saat ini.