5 Kebiasaan yang Berdampak Buruk pada Payudara

5 Kebiasaan yang Berdampak Buruk pada Payudara

BIBLIOTIKA - Kebiasaan memiliki pengaruh besar dalam hidup kita, juga bagi tubuh kita. Orang yang biasa aktif bergerak, biasanya tidak betah jika harus duduk diam lama-lama. Sebaliknya, orang yang biasa diam tanpa banyak gerak bisa malas jika harus aktif ke sana kemari. Begitu pula dengan kebiasaan lain.

Menyangkut payudara, ternyata juga ada kebiasaan-kebiasaan yang memberi dampak buruk pada payudara. Sebagian wanita memiliki kebiasaan berikut ini tanpa menyadari. Jika Anda juga punya kebiasaan serupa, sudah saatnya Anda meninjau kembali. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang berdampak buruk pada payudara.

Ukuran bra yang tidak tepat

Ada banyak bra yang modelnya sangat indah dan menawan, namun kurang nyaman saat dikenakan. Sebaliknya, ada bra yang tampak biasa saja, namun terasa nyaman saat digunakan. Manakah yang Anda pilih?

Dalam urusan bra, yang terpenting tentu ukuran yang tepat dan kenyamanan selama dikenakan. Soal modelnya bagus atau menawan, bisa dibilang hanya penunjang. Karena itu, kebiasaan memilih bra dengan ukuran yang tepat dan nyaman adalah kebiasaan baik, begitu pula sebaliknya.

Sebagian wanita kadang sengaja memilih ukuran payudara yang tidak tepat, demi tujuan tertentu. Padahal, bra yang kekecilan akan menjadikan payudara terjepit, sementara bra yang kebesaran akan menjadikan payudara tak tertopang dengan baik.

Kurang minum air putih

Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita secara keseluruhan, karena air putih menjaga tubuh selalu terhidrasi. Karenanya, kebiasaan meminum air putih dalam jumlah cukup adalah kebiasaan baik, begitu pula sebaliknya.

Jika konsumsi air putih cukup, keindahan kulit akan lebih terjaga, begitu pula dengan kulit payudara. Sebaliknya, terbiasa kurang minum air putih menjadikan tubuh dehidrasi, kulit tak terawat, dan kulit payudara bisa kering serta timbul bercak-bercak akibat penuaan dini.

Lalai mengoleskan sunblock

Saat akan menghadapi panas matahari, bukan hanya kulit wajah yang perlu diperhatikan, tetapi juga kulit payudara maupun bagian lain. Saat Anda ingin berenang dan berjemur di tepi pantai, misalnya, biasakan untuk mengoleskan sunblock secara rutin pada payudara secara menyeluruh, untuk melindunginya dari paparan panas matahari, sekaligus untuk mencegah kekenduran akibat penuaan dini.

Merokok

Penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan merokok memiliki pengaruh besar pada kondisi dan kecantikan payudara. Hal itu terjadi, karena nikotin dapat memecahkan elastin yang merupakan jaringan elastis pada kulit sekitar payudara. Elastin adalah protein yang mengikat jaringan kulit agar tetap elastis, meski Anda aktif bergerak dan beraktivitas.

Diet yang tidak teratur

Banyak wanita yang memiliki kebiasaan satu ini, yaitu diet yang tidak teratur atau terjaga. Akibatnya, berat badan naik turun tidak jelas. Di satu waktu, berat badan turun drastis, lalu kembali naik ke angka semula.

Selain memberi dampak buruk pada tubuh, gaya diet yang tidak teratur semacam itu juga berdampak buruk pada payudara, karena ukurannya berubah-ubah secara drastis.