10 Boyband Korea Paling Terkenal di Dunia

10 Boyband Korea Paling Terkenal di Dunia

BIBLIOTIKA - Di Korea Selatan, tak terhitung banyaknya group penyanyi, baik boyband maupun girlband. Popularitas K-pop di seluruh dunia memang didukung sepenuhnya oleh pemerintah Korea Selatan, bahkan pemerintah di sana tidak segan mengeluarkan bantuan dalam bentuk biaya yang relatif besar, dalam upaya mengenalkan budaya Korea Selatan ke seluruh dunia. Dalam hal ini, K-pop juga mengusung budaya Korea, dan mereka sukses mengenalkan budaya Korea ke seluruh dunia.

Dari begitu banyak boyband yang muncul dari Korea Selatan, setidaknya ada sepuluh boyband yang bisa dibilang paling terkenal di dunia. Berikut ini daftarnya.

Super Junior

Bisa dibilang, tidak ada remaja dan anak muda di dunia yang tidak mengenal Super Junior. Boyband Korea ini menjadi salah satu boyband paling fenomenal di dunia, yang lagu-lagunya diputar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tidak mengherankan kalau Super Junior sangat terkenal. Selain personilnya memiliki tampilan yang menawan, tarian yang enak dilihat, lagu-lagu mereka juga enak didengar.

Big Bang

Jika Super Junior dibentuk pada tahun 2005, Big Bang dibentuk pada 2006. Jika Super Junior bernaung di bawah SM Entertainment, Big Bang bernaung di bawah YG Entertainment. Kedua boyband itu memiliki kesamaan—sama-sama dipuja di Korea Selatan, dan sama-sama terkenal di seluruh dunia. Dan sama seperti Super Junior, personil Big Bang juga memiliki tampilan menawan, juga lagu-lagu yang enak didengar.

SHINee

Group SHINee melakukan debut pertamanya pada 25 Mei 2008 dengan single berjudul Replay, dan seketika menuai kesuksesan. Pada 22 Juni 2011, mereka melakukan debut di Jepang dengan membawakan lagu Reply versi Jepang. Sejak kemunculannya, SHINee segera menarik hati banyak remaja di seluruh dunia, dan Onew, Jonghyun, Key, Min Ho, serta Taemin—personil SHINee—segera menjadi idola-idola baru.

MBLAQ

MBLAQ merupakan kependekan Music Boys Live in Absolute Quality. Boyband ini dibentuk oleh Rain (Jeong Ji Hoon), yang terkenal melalui perannya di film Ninja Assassins. Personil MBLAQ adalah Seungho, GO, Lee Joon, Thunder, dan Mir. Sama seperti umumnya boyband Korea, mereka memiliki tampang menawan, dan lagu-lagu yang enak didengar.

BEAST

Meski namanya BEAST, namun personil boyband ini terkenal ganteng-ganteng. Dipimpin oleh Doo Joon, BEAST memiliki enam personil, dan mereka bernaung di bawah perusahaan Cube Entertainment. Fans BEAST disebut Beauty. Kenyataannya, nama BEAST memang terinspirasi dari film terkenal, Beauty and The Beast.

SS501

Nama SS501 memiliki arti unik. SS pada nama boyband tersebut berarti “Super Star”, sedangkan 501 berarti “5 anggota yang bersatu untuk selamanya”. Boyband SS501 memang memiliki lima personil, dan mereka melakukan debut pertamanya pada 2005, dengan anggota Kim Hyun Joong, Heo Young Saeng, Park Jung Min, Kim Hyun Jun, dan Kim Kyu Jong. Fans mereka disebut SSS, yang berarti Super Star Supporters.

2PM

Boyband 2PM berada di bawah manajemen JYP Entertainment. Debut pertama mereka dikenalkan melalui lagu berjudul 10 Points out of 10 Points yang segera populer, dan menjadikan 2PM sebagai boyband idola baru. Setelah itu, mereka mengeluarkan lagu Again & Again, yang kembali sukses di industri musik.

TVXQ

TVXQ merupakan kependekan Tong Vfang Xien Qi. Dibentuk pada tahun 2003, boyband ini bernaung di bawah SM Entertainment, dua tahun sebelum perusahaan itu mengenalkan Super Junior. Karenanya, TVXQ lebih senior dari Super Junior, karena lahir terlebih dulu. Dan sama seperti Super Junior, TVXQ juga terkenal di seluruh dunia.

U Kiss

Dibentuk pertama kali pada 2006, boyband U Kiss semula memiliki enam anggota. Pada tahun 2011, jumlah anggotanya menjadi tujuh orang. Sejak pertama kali dibentuk hingga mengalami penambahan personil, U Kiss tetap populer di Korea dan di dunia.

FT ISLAND

FT ISLAND adalah singkatan Five Treasure Island. Sebagaimana namanya, boyband ini memiliki lima anggota yang bertalenta. Berbeda dengan kebanyakan boyband Korea Selatan yang rata-rata membawakan musik pop atau hip hop dan R&B, FT ISLAND membawaan genre musik pop rock. Sama seperti boyband lain yang telah disebutkan sebelumnya, FT ISLAND juga sangat terkenal di dunia.