Tips Pintar Seputar Susu Kaleng

Tips Pintar Seputar Susu Kaleng

BIBLIOTIKA - Meski sama-sama dikemas dalam kaleng, namun susu yang tawar dan susu yang manis memiliki perbedaan dalam banyak hal. Karenanya, bila Anda ingin menggunakannya untuk membuat hidangan cuci mulut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini setumpuk tip seputar susu kaleng.

Susu kaleng sebaiknya disimpan di tempat yang dingin, gelap, dan jauh dari temperatur yang panas.

Agar susu kaleng tidak membuat endapan yang kental pada bagian dasar selama disimpan, setiap minggu guncangkan dengan putaran arah atas bawah. Jenis susu ini biasanya aman disantap hingga enam bulan setelah disimpan, tapi tetap harus memperhatikan tanggal kadaluwarsa.

Jika susu kaleng yang digunakan tidak langsung habis, sisanya bisa disimpan dengan cara melapisinya dengan plastik, namun tutup rapat-rapat serta simpanlah dalam lemari es. Jika ada bagian kaleng yang terbuka, biasanya akan timbul rasa yang tidak enak. Ini berlaku tidak hanya untuk susu kaleng yang encer, tapi juga yang tidak manis, maupun susu kental manis.

Setelah tutup kaleng dibuka, susu kental manis bisa tahan lebih lama dibandingkan susu yang tidak manis. Namun, pada dasarnya keduanya bisa digunakan lagi antara lima hingga tujuh hari setelah dibuka.

Lebih baik Anda tidak membekukan susu kaleng yang tidak manis. Proses ini akan menyebabkan inti susu berpisah dengan airnya ketika dicairkan. Akibatnya, kondisinya tidak lagi seperti bentuk awalnya.

Pada dasarnya, susu kaleng bisa bertahan dalam temperatur yang tinggi tanpa dibekukan. Maka, untuk membuat hidangan yang membutuhkan cairan yang kental semacam saus atau puding, Anda bisa menggunakan susu kaleng manis.

Susu kaleng yang tidak manis cocok untuk menambah kekentalan hidangan yang menggunakan daging cincang, ikan, ataupun bayam. Bahkan susu kaleng yang dingin bisa dikocok dan sedikit mengembang.

Dengan pilihan yang beragam, tawar dan manis, sebaiknya Anda berhati-hati membaca resep ketika hendak membuat sebuah hidangan. Cermati, apakah yang dibutuhkan susu kaleng kental manis ataukah susu kaleng tak manis. Karena keduanya tidak bisa saling menggantikan.

Susu kental manis biasanya digunakan untuk pembuatan hidangan cuci mulut. Untuk sajian kue yang dipanggang, susu kaleng tak manis menjadikan kue lembut dengan aroma yang lebih enak, sementara warnanya terlihat kecokelatan.

Menambahkan guyuran karamel pada sajian cuci mulut akan membuat hidangan semakin lezat. Karamel tersebut bisa dibuat dari susu kaleng. Caranya cukup dengan merebus kaleng susu selama dua sampai tiga jam. Ingat, kaleng direbus tanpa dibuka terlebih dulu tutupnya. Tunggu sampai kaleng dingin, setelah itu baru dibuka untuk mencegah ledakan.