Tips Merawat dan Membersihkan Tas

 Tips Merawat dan Membersihkan Tas

BIBLIOTIKA - Bagi wanita, tas tidak hanya digunakan untuk menyimpan barang-barang tertentu, tetapi juga untuk penunjang penampilan. Karenanya, kita pun biasanya memiliki lebih dari satu tas, dengan beberapa macam bahan—dari tas kulit sampai tas kanvas. Agar tas-tas kesayangan tersebut selalu awet dan terlihat bersih sehingga elok dikenakan, Anda bisa gunakan tip berikut untuk merawat dan membersihkannya.

Jika tas Anda berbahan kulit atau nilon, bersihkan tas tersebut dengan kain basah, kemudian keringkan dengan kain kering. Anda harus rutin membersihkan tas tersebut tiap satu minggu sekali, atau setelah tas digunakan. Untuk tas kulit warna putih yang bernoda bisa digunakan pembersih khusus, dan keringkan dengan lap kering.

Setelah tas kering, masukkan dalam kantong kain. Akan lebih baik jika kantong kain ini diberi silica gel. Simpan dalam lemari dengan disusun rapi, untuk menjaga bentuk tas. Tas kulit bisa digunakan kapan pun Anda mau, tanpa harus membersihkannya dulu.

Untuk tas berbahan denim atau kanvas, cukup dibersihkan dengan sikat gigi bekas untuk membuang debu yang menempel. Namun, bila terdapat noda, bersihkan dengan sikat yang sudah dicelupkan dalam air deterjen. Gosok dan bilas bagian yang terkena noda dengan air bersih, lalu keringkan. Untuk penyimpanan, sama dengan tas kulit.


Tips melenyapkan bau kulit tas/koper

Tas atau koper yang terbuat dari kulit memang sangat kuat dan awet. Hanya saja, tas kulit kadang mengeluarkan bau yang kurang sedap, khususnya kalau basah, atau terlalu lama berada di tempat yang lembap. Ketika bau tak sedap semacam itu muncul, kita pun jadi segan memasukkan pakaian atau barang lain ke dalamnya.

Untuk mengatasi bau tak sedap tersebut, taburkan saja bubuk kopi di bagian dalam tas atau koper kulit tersebut, lalu letakkan di tempat yang tertutup (tidak terpapar sinar matahari). Biarkan satu dua hari, atau kalau perlu sampai seminggu. Bau tidak sedap yang mengganggu itu pun akan segera lenyap, dan Anda bisa membersihkan bubuk kopi yang ada.

Apabila sampai seminggu bau tidak sedap masih ada, lakukan hal di atas sekali lagi dengan bubuk kopi yang baru.