Tips Menghindari Pusing, Migren, dan Sakit Kepala

Tips Menghindari Pusing, Migren, dan Sakit Kepala

BIBLIOTIKA - Pernah merasa pusing atau sakit kepala ringan? Atau malah sudah langganan? Ingin bebas dari serangan pusing?

Caranya gampang. Hindari kafein, karena kafein bisa menyebabkan pembuluh darah jadi tertarik. Atau jangan biarkan leher jadi tegang. Misalnya, karena terlalu lama nongkrong di depan komputer tanpa istirahat. Selain itu, jatah waktu tidur jangan dikurangi atau ditambah. Usahakan waktu tidur selalu tetap dan tidak berubah. Jangan biasakan mata merasa lelah dan jangan telantarkan perut.

Selain itu, aktivitas berat dan olahraga yang berlebihan juga terbukti bisa memicu sakit kepala ringan atau pusing itu.

Jika poin-poin tadi sudah diupayakan untuk dihindari namun pusing tetap datang juga? Periksakan ke dokter.


Kiat menghindari migren

Migren yang berasal dari kata hemicrainia yang berarti sakit kepala sebelah, walaupun akhirnya bisa menjalar ke seluruh kepala, tidak bisa dipandang sebelah mata. Betapapun juga, keluhan migren ini sering membuat banyak orang merasa terganggu dalam aktivitasnya.

Untuk menghindari migren, hiduplah secara teratur. Jika terbiasa makan, tidur dan olahraga, atau bahkan rekreasi, secara teratur, kita bisa terhindar dari migren. Jadi kuncinya adalah keteraturan.

Tetapi kalau dengan keteraturan semacam itu pun kita masih terkena migren, itu tandanya ada yang tidak beres pada tubuh kita. Sebaiknya periksakan ke dokter.

Bagi yang sudah terlanjur terkena migren, jauhi makanan semacam keju, kopi, teh, cokelat atau apapun yang terlalu manis. Juga jauhi alkohol.


Daun apokat untuk nyeri kepala

Jarang sekali orang yang mengetahui manfaat daun apokat sebagai obat nyeri kepala. Biasanya mereka minum puyer untuk meredakan rasa nyeri di kepala itu, hingga kadang mereka pun ketagihan dengan puyer tersebut.

Nah, untuk menghilangkan nyeri kepala tanpa harus minum puyer, ambil saja satu genggam daun apokat, cuci sampai bersih, lalu rebus dengan 2 gelas air. Setelah airnya tinggal 1 gelas, angkatlah dan dinginkan. Saring, lalu minum setiap pagi dan sore selama tiga hari. Niscaya sakit kepala Anda akan sembuh total.