Tips Memilih Sepatu Pertama untuk Anak Anda

Tips Memilih Sepatu Pertama untuk Anak Anda

BIBLIOTIKA - Si kecil sudah bisa berjalan? Nah, kinilah saatnya melindungi kaki kecilnya yang lembut dengan sepatu. Ada beberapa hal pokok yang harus diperhatikan orangtua saat membeli sepatu pertama untuk si kecil.

Fleksibilitas

Semakin kecil anak, semakin tipis dan fleksibel sepatu untuknya. Sepatu yang baik bisa ditekuk dengan tanpa usaha keras. Hindari telapak yang licin karena akan membuat si kecil mudah jatuh.

Ruang di ujung sepatu 

Saat si kecil berdiri, ujung sepatunya harus bisa dipencet setidaknya dua sentimeter, antara ujung jari kaki terpanjang dan ujung sepatu.

Telapak sepatu

Ruang di sekitar tumit sepatu harus terangkat saat anak Anda melangkah. Jika tidak, tandanya sepatu anak Anda terlalu berat.

Ketinggian dan ruang tumit sepatu

Bagi anak kecil yang baru belajar berjalan, pilihlah tumit sepatu (sol) yang rendah dan datar. Jika Anda menekan bagian belakang sepatu dengan jempol dan telunjuk, tumit harus tertekan namun tak mengempis dengan mudah. Karet sepatu yang terlalu mudah mengempis tak akan menyangga tubuh si kecil dengan baik.

Kebanyakan anak kecil lebih cepat kehabisan sepatu daripada kehabisan baju. Karena itu setiap tiga bulan sekali periksa sepatu anak Anda dan keleluasaannya dalam melangkah. Jika jarinya mulai menekuk di ujung sepatu dan timbul tanda kemerahan seperti lecet, itu saatnya mengganti sepatu.

Di dalam ruangan dan di rumput dan bebatuan yang bersih dan tumpul, biarkan anak bertelanjang kaki. Biarkan kakinya merasakan perbedaan karpet, lantai keramik dan lembutnya elusan rumput serta tekanan batu. Kelak itu akan membantunya berhati-hati berjalan di berbagai tempat.