Tips Makan Malam Bersama Pacar

Tips Makan Malam Bersama Pacar

BIBLIOTIKA - Malam malam bersama pacar tentu saja merupakan saat-saat menyenangkan, khususnya bagi pasangan yang baru jadian. Sang cowok bisanya akan menjadikan makan malam itu spesial, sementara si cewek pun akan berharap acara makan malam itu istimewa.

Agar harapan yang menyenangkan itu bisa terwujud, tentu saja acara makan malam itu tidak harus di restoran mewah atau di kafe yang mahal, tapi cukup dengan trik yang manis, yang akan menjadikan acara makan malam bersama sang pacar bisa meninggalkan kesan yang menyenangkan.

Berikut ini trik-trik manis agar acara makan malam bisa semakin indah dan menyenangkan.

Pilihlah tempat yang tepat

Jangan salah pilih tempat untuk makan malam. Sebaiknya, pilihlah tempat yang sekiranya sesuai dengan suasana hati masing-masing. Perkirakanlah terlebih dulu, suasana apa yang diinginkan? Karena ada kafe-kafe tertentu yang bising; menyuguhkan musik yang hingar-bingar, ada pula tempat makan malam yang tenang dan romantis; menyuguhkan musik-musik lembut atau bahkan klasik.

Tentu saja akan lucu kalau kita menginginkan suasana yang romantis dengan sang pacar, tapi kita salah masuk ke kafe yang menyuguhkan musik rock yang hingar-bingar.

Pesanlah lebih awal

Ini khusus untuk restoran atau kafe yang biasanya penuh pengunjung pada malam-malam tertentu. Apabila kamu dan pacarmu menginginkan untuk makan malam di restoran yang biasanya penuh pengunjung, usahakanlah untuk pesan tempat lebih awal atau pesan terlebih dulu. Tujuannya adalah agar suasana makan malam tidak rusak hanya gara-gara harus mengantri tempat duduk yang penuh.

Rasanya menjengkelkan kalau dari rumah kita sudah berdandan dengan baik dan hati sudah penuh kegembiraan, tapi kemudian harus manyun berjam-jam di restoran karena menunggu meja kosong.

Yang tidak kalah penting dari itu adalah; pastikan bagaimana sistem pembayaran di restoran yang dipilih itu. Kalau memang restoran itu tidak melayani pembayaran dengan kartu kredit, usahakan untuk membawa uang tunai secukupnya. Karena tentu saja jadi konyol kalau sehabis makan kita jadi bingung membayar hanya gara-gara uang tunai tidak cukup karena terlalu mengandalkan kartu kredit.

Makanlah dengan santai

Kaum cowok biasanya makan dengan terburu-buru atau cepat. Saat makan bersama pacar, usahakanlah untuk makan lebih santai. Maksudnya, makanlah perlahan-lahan untuk mengimbangi makan sang pacar.

Makan yang terburu-buru hingga mulut terlihat penuh bukan saja akan menunjukkan kita terlalu bernafsu, namun juga akan mengakibatkan pacar ketinggalan. Saat nasi di piring kita sudah habis, eeh, nasi pacar kita masih penuh. Karenanya, buat cowok-cowok, lebih santailah ketika makan bersama pacar.

Sementara buat cewek-cewek, makanlah secara wajar, dalam arti tidak usah terlalu dimanis-maniskan. Kalau makanmu terlalu lamban, juga menjadikan pihak cowok jadi kebingungan mengimbanginya.

Kunyahlah dan habiskan makanan

Maksudnya, selapar apa pun, jangan makan terlalu lahap atau terburu-buru hingga seperti dikejar hantu. Sekali lagi, makanlah dengan santai. Makan terburu-buru tidak hanya membuat kita jadi seperti orang kelaparan, namun juga bisa mengakibatkan tersedak. Berabe, kan?

Karenanya, usahakan untuk menjaga jarak kunyahan. Apabila kita menyuapkan nasi ke mulut, kunyahlah sampai benar-benar halus untuk kemudian ditelan, dan tunggu sesaat untuk kemudian memasukkan lagi suapan berikutnya. Jangan buru-buru. Selain untuk menunjukkan sikap yang manis saat makan, itu juga berfungsi untuk mengimbangi pihak cewek yang biasanya makan secara lambat.

Khusus untuk cewek, usahakanlah untuk menghabiskan makanan yang disediakan. Ada cewek-cewek tertentu yang menyukai untuk menyisakan makanannya atau tidak menghabiskan makanannya dengan alasan untuk menjaga image di depan pacarnya. Ketahuilah bahwa cowok-cowok lebih suka kalau kamu menghabiskan makananmu, daripada memubazirkannya! Makan sampai habis tidak akan menurunkan image-mu, tapi justru akan menunjukkan kamu menghargai sesuatu yang diberikan kepadamu.

Tentu saja nasihat ini tak berlaku ketika kita menghadapi makanan yang benar-benar tak mampu kita makan atau memang tidak doyan. Untuk hal ini tentu saja tak disalahkan apabila kamu tidak menghabiskan makananmu. Namun, agar hal semacam itu tidak terjadi, usahakan untuk memesan makanan yang benar-benar kamu doyan atau sukai. Jangan suka coba-coba makanan baru yang tidak kamu yakini akan kamu sukai.

Jangan bicara selagi mengunyah

Panduan ini tentu saja merupakan panduan universal, dalam arti bukan hanya ketika kita makan malam bersama pacar saja. Namun tip ini harus benar-benar diingat ketika kita makan dengan pacar. Makan sambil berbicara, atau berbicara sambil mengunyah makanan di dalam mulut, bukan saja tak beretika, tetapi juga menjijikkan.

Selain itu, usahakan untuk tidak membunyi-bunyikan kunyahan. Ada orang-orang tertentu yang terbiasa menyeruput sesuatu dengan suara keras atau membuka mulutnya ketika tengah mengunyah. Ini juga perlu dihindari, karena tidak sopan juga tidak elok di hadapan orang lain.

Perhatikan serbet makan

Apabila pihak restoran menyediakan serbet makan, taruhlah serbet itu pada pangkuan, dan jangan menggantungkannya pada kerah baju.

Apabila di tengah acara makan kita perlu meninggalkan meja makan untuk suatu keperluan (misal ke kamar kecil atau menemui pelayan), letakkanlah serbet itu di atas kursi kita, dan jangan meletakkannya di atas meja.

Ketika kita kembali ke meja makan, ambillah terlebih dulu serbet itu untuk kemudian kita letakkan lagi di pangkuan, jangan sampai terlupa hingga kita mendudukinya.

Tunjukkan sikap yang manis

Seperti yang disebutkan di atas, kita harus menghindari bercakap-cakap selama acara makan berlangsung (khususnya ketika mulut kita dalam keadaan mengunyah). Namun itu bukan berarti acara makan malam hanya berisi kediaman atau suasana yang terlalu hening.

Karenanya, selama makan malam, kita bisa menunjukkan sikap yang manis kepada pacar dalam bentuk tatapan mesra, atau senyum manis. Semuanya itu bisa ditunjukkan tanpa harus berkata-kata atau membuka mulut.

Kalau memang harus berkata-kata atau berbicara sesuatu, usahakan untuk menelan terlebih dulu makanan yang ada dalam mulut. Jangan sampai kita berbicara sambil memperlihatkan makanan yang masih ada dalam mulut.

Berikan perhatian

Sebelum memesan makanan, berikanlah perhatian pada pacar untuk memilih makanan yang diinginkannya. Jangan buru-buru memesan menu tanpa persetujuan pacar kita.

Begitu pula setelah acara makan selesai, berikanlah lagi perhatian dengan menanyakan apakah dia menyukai makanan yang disajikan? Apakah menunya cocok? Dan apabila sang pacar membutuhkan sesuatu, segeralah panggil pelayan dengan sopan untuk memenuhi keinginan pacar kita.

Jangan menahan sendok dan garpu

Ada kalanya kita harus mengatakan sesuatu ketika acara makan sedang berlangsung. Biasanya pula, secara tak sadar kita masih mengangkat sendok berisi makanan atau garpu yang berisi sesuatu yang kita tusuk.

Hindari hal semacam itu. Kalau memang perlu mengatakan sesuatu atau membicarakan sesuatu saat acara makan belum selesai, usahakan agar tidak menahan sendok dan garpu di udara, karena bisa saja makanan yang ada pada sendok itu jatuh berceceran, atau sesuatu yang kita tusuk di garpu itu terlepas. Selain tidak sopan, itu juga akan membuat kita tampak jorok; mengotori meja saat makan.

Hindari berbuat jorok

Tak jarang, sehabis makan kita merasa ada sesuatu yang nyangkut di sela-sela gigi. Apabila hal semacam itu terjadi, jangan berusaha membersihkan gigi dengan jari, garpu, apalagi sedotan. Tapi ambillah tusuk gigi, dan bersihkanlah sesuatu yang nyangkut di sela-sela gigi itu dengan cara menutupinya dengan serbet atau telapak tangan.

Atau, kalau mau lebih aman lagi, segera pergi ke toilet dan bersihkanlah di sana. Selain aman karena tak terlihat di depan pacar, kita juga bisa menggunakan cermin yang ada di sana untuk mengecek apakah ada sesuatu yang lain menempel di deretan gigi kita. Karena tak jarang ada sisa cabai merah yang menempel di bagian depan gigi.