Tips Komplit untuk Perawatan Sepatu

  Tips Komplit untuk Perawatan Sepatu

BIBLIOTIKA - Sepatu yang sering dipakai biasanya akan mulai ditempeli noda di bagian dalamnya. Hal ini terjadi karena bagian dalam sepatu tersebut terkena keringat pemakainya terus-menerus. Noda ini biasanya berwarna kehitam-hitaman. Semakin tebal atau kotor noda tersebut, semakin hitam pula warnanya.

Nah, kotoran atau noda yang terdapat di bagian dalam sepatu itu bisa dihilangkan dengan bensin. Caranya, ambil kapas atau lap sepatu yang bersih, kemudian celupkan ke dalam bensin. Lalu gosok-gosokkan pada bagian yang dilekati noda. Dengan cara ini, noda atau kotoran itu pun akan hilang, dan bagian dalam sepatu Anda akan bersih kembali.

Tips melemaskan kulit sepatu

Sepatu kulit yang masih baru biasanya kurang nyaman dipakai, karena seperti ada bagian yang terasa “menggigit”. Kondisi ini terjadi karena kulit sepatu itu masih baru, sehingga masih kaku. Bagi orang yang kulitnya sensitif, masalah ini sering menimbulkan lecet atau bahkan luka di daerah kaki.

Untuk mengatasi masalah serupa itu, silakan gunakan tip berikut. Ketika Anda membeli sepatu kulit baru, gosoklah bagian-bagian sepatu yang “menggigit” itu dengan kulit pisang raja. Gosok sampai kulit sepatu terasa lebih lembut.

Dengan cara itu, Anda tidak perlu khawatir lagi mengalami lecet karena sepatu baru.

Tips menghilangkan bau tak sedap pada sepatu

Karena digunakan seharian dan terkena keringat serta debu, maka sepatu pun biasanya akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Hal ini sebenarnya lumrah, tetapi kadang kita jadi merasa terganggu. Nah, jika ingin menghilangkan bau tak sedap tersebut, agar besok sepatu dapat digunakan dengan nyaman kembali, silakan gunakan tip berikut.

Bungkuslah sepatu dengan kertas koran hingga rapat, lalu simpanlah di tempat yang dingin. Koran yang membungkusnya itu akan menyerap bau yang ada dalam sepatu.

Atau, Anda bisa pula menggunakan cara lain, yaitu dengan memasukkan kopi yang dibungkus kertas tisu ke dalam sepatu. Cara ini pun dapat menghilangkan bau tak sedap yang muncul dari dalam sepatu.

Tips praktis mengkilapkan sepatu

Semir sepatu biasanya digunakan dengan tujuan agar sepatu yang kita kenakan terlihat bersih dan mengkilap. Nah, bagaimana kalau sewaktu-waktu semir tersebut habis, dan kita butuh mengenakan sepatu, padahal sepatu kita sudah terlihat kusam? Jangan buru-buru panik, gunakan saja tip berikut.

Pertama, bersihkanlah sepatu yang terlihat kusam tersebut dengan lap yang bersih dan lembut. Setelah itu, oleskan baby oil dengan jari Anda, secara merata. Nah, dalam sekejap, sepatu Anda pun sudah terlihat mengkilap, dan siap untuk dikenakan.