Tips agar Gigi Selalu Putih dan Sehat

Tips agar Gigi Selalu Putih dan Sehat

BIBLIOTIKA - Bila ingin mempunyai gigi yang putih dan sehat, sebaiknya Anda harus merawat dan menyimpan sikat gigi dengan baik dan benar. Yakinkan setiap orang di keluarga Anda untuk memiliki sikat gigi masing-masing dengan warna tersendiri sebagai kode untuk menghindari saling terkontaminasi. Jangan pernah meminjam sikat gigi kepada orang lain.

Selain itu, perhatikan juga beberapa hal berikut ini, menyangkut sikat gigi:
  1. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang halus. Ini yang terbaik bagi gusi.
  2. Gantilah sikat gigi setiap dua minggu atau empat minggu sekali. Buang sikat gigi setelah dirasakan sakit pada gusi.
  3. Gunakan sikat gigi yang berkepala kecil, dengan bulu sedikit lebat. Belilah pegangan yang tembus cahaya atau berwarna terang, karena bakteri dimungkinkan menghuni tempat yang gelap.
  4. Jangan menyimpan sikat gigi di kamar mandi. Kelembaban kamar mandi seringkali menjadikan bkteri mudah berkembang biak dan mudah menempel pada sikat gigi Anda.
  5. Kamar tidur biasanya adalah tempat yang paling bersih di rumah, jadi tak ada salahnya untuk menyimpan sikat gigi di sana.
  6. Selalulah memakai sikat gigi baru saat bepergian. Semakin banyak sikat gigi kontak dengan permukaan, semakin banyak kuman yang masuk.
  7. Anda dapat membeli stelizer sinar ultraviolet yang didesain untuk mensterilkan sikat gigi.
  8. Lebih baik membeli sikat gigi yang murah namun enak dan nyaman dipakai daripada mahal tapi tak mengenakkan saat digunakan.

Garam untuk gigi dan telinga

Garam dapur ternyata juga manjur bila dijadikan sebagai obat untuk gigi dan telinga. Agar gigi Anda tidak cepat rapuh, rajinlah berkumur air garam (air yang telah dicampuri garam) setiap kali menggosok gigi.

Sedangkan bagi Anda yang telinganya sering mengeluarkan cairan berbau tidak sedap, ambillah 2 sendok makan garam, lalu diembunkan sampai mencair. Air inilah yang kemudian digunakan untuk menetesi telinga yang mengeluarkan cairan berbau tersebut. Cobalah selama tiga hari berturut-turut, maka Anda akan merasakan khasiatnya.