Panduan Saat Bepergian dengan Bayi

Panduan Saat Bepergian dengan Bayi

BIBLIOTIKA - Bepergian dengan bayi dapat menjadi hal yang merepotkan. Anda harus menjaga kondisi tetap segar, sementara di saat yang sama, Anda harus pula mengurus bayi Anda yang mungkin saja rewel di kendaraan.

Berikut ini tips untuk membantu perjalanan Anda bersama si kecil agar tetap nyaman dan aman.

Konsultasikan dengan dokter, terutama jika hendak bepergian jauh atau ke luar negeri. Ada beberapa negara yang mempunyai penyakit tertentu yang akan menular pada si kecil. beberapa negara Eropa, misalnya, menjadi tempat penyebaran bagi penyakit rubella (campak Jerman) yang sangat berbahaya bagi bayi dan ibu hamil.

Jika Anda memberikan susu botol, pastikan air yang akan digunakan sudah matang. Kalau tak yakin, sebaiknya bawalah selalu minuman kemasan yang baik.

Anda perlu membawa tas bayi yang berisi baju, popok, lap, kantung plastik, selimut dan obat-obatan yang mungkin diperlukan, termasuk obat penurun panas. Tempatkan di tempat yang mudah dijangkau.

Akan lebih mudah jika Anda bepergian bersama suami atau teman, karena mereka akan dapat membantu Anda menggendong bayi atau membawakan tas bawaan Anda.

Saat berada di perjalanan:
  1. Mulailah perjalanan Anda dengan posisi duduk yang nyaman dan banyak istirahat.
  2. Gunakan koper yang memiliki roda sehingga Anda tak perlu menjinjingnya.
  3. Bawalah kereta bayi sehingga tangan Anda bisa bergerak dengan lebih leluasa sambil membawa barang-barang lainnya.
  4. Pakailah sepatu dan pakaian yang nyaman.

Bila Anda bepergian dengan pesawat:
  1. Saat Anda memesan tiket, tanyakan terlebih dulu apakah boleh membawa kursi bayi atau kursi satu lagi untuk bayi Anda.
  2. Pesanlah tempat duduk yang letaknya di sebelah jalan (jangan di tengah) supaya Anda bisa leluasa bergerak.
  3. Berilah bayi Anda makan (atau susui) saat pesawat tinggal landas dan mendarat. Tindakan ini bisa menghindarkan bayi dari gangguan pada telinganya akibat perubahan tekanan udara.
  4. Berjalan-jalanlah di dalam kabin sesering mungkin. 

Bila bepergian dengan mobil:
  1. Saat mobil  sedang berjalan, jangan memberi bayi makan, jangan membuatnya bersendawa, dan jangan membaringkannya di pangkuan. 
  2. Jika harus menggendong dan mengangkatnya, hentikan dulu mobil Anda. Posisi perut yang tak nyaman pada bayi akan mendorongnya untuk muntah. 
  3. Lindungi bayi Anda dari panas yang meneobos ke dalam mobil. Kalau perlu, kenakanlah topi.
  4. Berhentilah sesering mngkin supaya Anda bisa beristirahat sambil berjalan-jalan dengannya. Jika Anda berkendaraan umum, berjalanlah di sela-sela jalan dalam mobil.
  5. Sebaiknya Anda berbagi tanggungjawab dengan teman seperjalanan untuk menggendong, menggantikan popok, dan menepuk punggungnya jika bersendawa.
  6. Bawalah buah-buahan dan makanan ringan bergizi agar Anda tetap bugar di perjalanan. Jangan lupa untuk tetap santai dan ceria karena rasa nyaman itu akan menular pada bayi Anda.