Menjaga Keselamatan Anak di Luar Rumah

  Menjaga Keselamatan Anak di Luar Rumah

BIBLIOTIKA - Selain membuat gembira, permainan di luar rumah memiliki potensi berbahaya. Lebih banyak anak yang meninggal karena kecelakaan seperti tenggelam, jatuh, kebakaran dan tersedak daripada segala jenis penyakit masa kanak-kanak. Karenanya, sebagai orang tua, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini untuk memastikan keamanan anak Anda saat mereka bermain di luar rumah.

Keselamatan berjalan kaki:

Keselamatan berjalan kaki adalah tantangan tersendiri bagi anak-anak. Orangtua harus berjalan bersama anak-anak mereka sambil mengajari mereka aspek-aspek keselamatan pejalan kaki. Apakah Anda tahu bahwa:

Anak-anak kecil percaya bahwa jika mereka dapat melihat seorang pengemudi, maka si pengemudi pun akan melihat mereka. Mereka mengira bahwa mobil-mobil dapat berhenti mendadak.

Kemampuan pengamatan mereka belum sepenuhnya berkembang, jadi mereka mungkin berfokus pada satu aspek kecil dari lalu lintas, tanpa melihat keseluruhan pemandangan.

Tingkat penglihatan mereka adalah sekitar 90 sampai 100 cm di atas tanah, sehingga tidak mungkin bagi mereka untuk melihat bagian atas mobil, semak-semak dan pagar.

Mereka tidak memiliki pengalaman dalam menilai jarak mobil atau waktu yang diperlukan untuk menyeberangi jalan.

Keselamatan saat bersepeda:

Kebanyakan anak yang meninggal karena kecelakaan ketika bersepeda karena luka di bagian kepala. Menggunakan helm dapat mengurangi luka kepala sampai 85 persen. Berikut beberapa tips berkaitan dengan sepeda dan helm untuk keselamatan anak:

Sebelum membeli sepeda, orangtua harus yakin bahwa sepeda itu ukurannya tepat bagi sang anak.

Belilah helm bersama dengan sepeda untuk menekankan bahwa mereka adalah sepasang. Biarkan sang anak memilih warna yang cerah.

Belilah helm yang punya label keamanan yang telah diuji.

Ajarlah anak-anak mengenai peraturan jalan raya dan berkendaraanlah bersama mereka untuk memastikan bahwa mereka dapat mengikuti aturan-aturan itu.

Lengkapi sepeda itu dengan lampu besar dan pemantul cahaya (mata kucing) pada bagian belakang, samping dan pedal sepeda. Suruhlah anak Anda memakai pakaian dengan warna yang menyala atau mencolok.

Periksalah helm dan roda sebelum dikendarai, dan jangan bersepeda pada waktu hujan atau malam hari.

Jangan biarkan anak-anak menggunakan handphone atau walkman pada waktu bersepeda.

Keselamatan pada saat bermain:

Periksalah taman bermain dari benda-benda yang berbahaya seperti peralatan yang longgar atau pecahan kaca. Pastikan bahwa permukaan taman ditutupi dengan karpet, lapisan kayu atau pasir. Bahan-bahan ini akan mengurangi peluang terjadinya luka kepala dan bagian tubuh lainnya.