Mengusir Bau Mulut Secara Alami

 Mengusir Bau Mulut Secara Alami

BIBLIOTIKA - Salah satu masalah saat menjalani puasa adalah bau mulut. Sekitar 85 persen sampai 95 persen bau mulut disebabkan oleh masalah yang terjadi di rongga mulut. Salah satu biang keladinya adalah senyawa sulfur yang mudah menguap (volatile sulfur compounds atau VSC).

VSC ini dihasilkan ‘berkat kerjasama’ bakteri anaerob dengan sisa makanan dalam mulut. Keadaan makin gawat bila kondisi gigi geligi buruk. Seperti tambalan yang tidak sempurna, gusi meradang, atau struktur gigi yang abnormal.

Penggunaan produk penyegar mulut yang banyak diiklankan bisa saja dilakukan. Yang penting perhatikan apakah produknya mengandung pembasmi VSC. Chlorine dioxide yang stabil biasanya bisa menekan jumlah VSC.

Sebaiknya produk tersebut juga tidak mengandung alkohol, karena alkohol bisa memperlancar kerjasama bakteri dengan sisa-sisa makanan tadi. Hindari penggunaannya dalam jangka waktu lama karena bisa membuat warna gigi berubah coklat. Apalagi untuk produk yang mengandung mint. Karena penggunaan yang lama bisa mengiritasi lambung, dan bisa mengakibatkan penyakit maag.

Cara mudah mengatasi bau mulut sebenarnya tidak sulit. Rajin menggosok gigi dengan benar (gunakan pasta gigi yang mengandung flouride untuk penguat gigi dan tidak mengandung baking soda karena merangsang timbulnya VSC), pola makan sehat, dan rajin ke dokter.


Menghilangkan bau mulut

Anda tentu menjadi tidak percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain bila mulut Anda mengeluarkan bau yang tidak sedap. Adanya bau yang tidak sedap dari mulut ini bisa dikarenakan oleh adanya bakteri atau karena perawatan gigi yang kurang maksimal. Tapi Anda tak usah bingung, karena ada sebuah resep yang bisa Anda pakai untuk menghilangkan bau mulut ini.

Ambillah 3 genggam daun saga, cuci sampai bersih, lalu tumbuklah sampai halus. Beri air hangat sebanyak 2 sendok makan, kemudian peras dan saringlah. Minumlah air perasan tersebut sebanyak dua kali sehari. Lakukan secara teratur sampai warna putih pada lidah hilang sama sekali.

Dengan cara ini, bau mulut yang mengganggu Anda pun tidak akan ada lagi.