Maria Franca Fissolo, Janda Miliuner dari Italia

Maria Franca Fissolo, Janda Miliuner dari Italia

BIBLIOTIKA - Maria Franca Fissolo adalah istri Michele Ferrero, pemilik perusahaan cokelat terkenal Italia, Ferrero Company. Tidak banyak yang diketahui mengenai wanita ini, selain kenyataan bahwa dia menikah dengan Michele Ferrero pada tahun 1962.

Pada 14 Februari 2015, Michele Ferrero meninggal dunia setelah menderita sakit cukup lama, dan kekayaannya diwariskan kepada istrinya. Karena warisan tersebut, Maria Franca Fissolo pun diketahui memiliki kekayaan senilai 23,4 miliar dollar, yang otomatis menjadikan namanya masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia.

Meski kini Michele Ferrero telah meninggal, namun dia dikenang berkat produk-produk cokelat dan makanan ringan yang terkenal dan disukai banyak orang di seluruh dunia. Selai Nutella, misalnya, atau cokelat Ferrero Rocher dan permen Tic Tac, adalah beberapa produk yang dihasilkan perusahaan milik Michele Ferrero.

Karenanya pula, Presiden Italia, Sergio Mattarela, sampai menghadiri pemakaman Michele Ferrero, karena menganggap Michele Ferrero sebagai sosok penting dan berpengaruh, khususnya dalam industri Italia. Sementara majalah Forbes menyebut Michele Ferrero sebagai “the richest candy man on the planet”.

Ferrero Company berawal dari sebuah usaha keluarga, pada awal 1940-an. Ayah Michele Ferrero membuka toko kue yang menyediakan cokelat dan makanan-makanan ringan. Michele Ferrero membantu usaha ayahnya. Ketika Perang Dunia II meletus, terjadi penurunan produksi kakao (bahan pembuat cokelat). Akibatnya, kakao sulit diperoleh. Menyiasati hal itu, Michele mencampur kakao dengan hazelnut. Cokelat yang dicampur hazelnut itulah yang sekarang dikenal sebagai Nutella.

Di luar dugaan, Nutella langsung populer sebagai produk khas, selain harganya yang lebih murah dibanding cokelat yang murni terbuat dari kakao. Usaha Michele Ferrero segera berkembang. Sejak itu, Michele Ferrero bersama ayahnya memproduksi Nutella hingga berton-ton setiap tahun. Lalu usaha mereka pun berubah menjadi perusahaan profesional, dengan nama Ferrero Company. Pada 1949, Ferrero Company dipimpin Michele Ferrero, setelah ayahnya meninggal dunia.

Memasuki tahun 1950-an, seiring perusahaan yang makin berkembang, Michele Ferrero mulai melakukan ekspansi dengan membuka kantor-kantor cabang di Eropa.

Pada 1968, Michele Ferrero mengembangkan cokelat Kinder yang kemudian sangat terkenal, lalu dilanjutkan dengan membuat permen Tic Tac. Produk Ferrero mulai masuk ke Amerika Serikat pada 1969, melalui permen mint Tic Tac yang waktu itu baru diciptakan. Pada 1970, Michele Ferrero mulai aktif mengirimkan produknya ke seluruh dunia. Lalu lahir cokelat terkenal lain, Ferrero Rocher, pada 1982, dan tiga tahun kemudian produk itu sudah mulai tersebar di seluruh dunia.

Bersama ekspansi produk-produknya ke berbagai negara, Michele Ferrero juga melakukan akuisisi berbagai perusahaan di berbagai tempat, dengan tujuan untuk menghadirkan produk yang sesuai cita rasa lokal.

Di Jerman, misalnya, Michele Ferrero membeli perusahaan permen Prevost et Grenier di Villers-Ecalles, dengan tujuan menghadirkan produk permen yang sesuai cita rasa orang Jerman. Begitu pula yang ia lakukan di Prancis, juga di wilayah Eropa lainnya. Kini, produk-produk Ferrero Company bahkan telah tersebar di Polandia, Hongaria, Republik Ceko, dan Rusia.

Sebelum Michele Ferrero meninggal, perusahaannya telah memiliki 11 pabrik dengan 22.000 pekerja yang tersebar di berbagai belahan dunia. Michele Ferrero meninggal di Montecarlo, dan dimakamkan di Piemonte, Italia. Dia meninggalkan seorang istri, Maria Franca Fissolo, dan seorang anak bernama Giovanni.