Manfaat Pemberian ASI untuk Bayi

 Manfaat Pemberian ASI untuk Bayi

BIBLIOTIKA - Keputusan untuk memberi ASI (air susu ibu) merupakan sesuatu yang bersifat personal. Tetapi para ahli kesehatan mendukung pemberian ASI dan mereka pun menyampaikan banyak pesan bahwa ASI memberikan nutrisi yang lengkap dan kekebalan pada bayi serta keuntungan psikologis untuk kesehatan bayi.

Tetapi dalam prakteknya, pemberian ASI sangat sulit dilakukan oleh kaum ibu. Kapan pun bayi merasa lapar, para ibu lebih cenderung memilih memberikan susu formula.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat pemberian ASI untuk bayi Anda:

  1. Pemberian ASI pada bayi akan meningkatkan perlindungan terhadap banyak penyakit seperti radang otak dan diabetes.
  2. Air susu ibu memberikan zat nutrisi yang paling bagus.
  3. Air susu ibu sangat cocok dan mudah, tidak memerlukan botol untuk mensterilisasi, dan tidak perlu campuran formula.
  4. Komponen air susu ibu akan berubah sesuai perubahan nutrisi yang diperlukan bayi ketika ia tumbuh.
  5. Air susu ibu melindungi terhadap alergi makanan, jika diet ibu bayi hanya mengandung sedikit makanan yang menyebabkan alergi.
  6. ASI juga membantu melindungi dari penyakit-penyakit biasa seperti infeksi telinga, diare, demam dan melindungi dari Suddent Infant Death Syndrome (SIDS).
  7. Wanita yang memberikan ASI pada bayi akan kecil kemungkinannya mengalami risiko kanker ovarium dan kanker payudara.
  8. Pemberian ASI akan menghemat pengeluaran keluarga yang digunakan untuk membeli susu formula dan segala perlengkapannya.
  9. Air susu ibu dinikmati oleh bayi. Ini akan meningkatkan kedekatan antara anak dan ibu.


Air tajin untuk pengganti susu bayi

Sebagai seorang ibu, Anda tentu pernah merasakan betapa cemasnya ketika melihat anak Anda mencret karena tidak cocok dengan susu bubuk atau susu kental manis yang Anda belikan di toko. Akibatnya, kondisi badannya akan menjadi menurun sehingga anak menjadi tidak lincah lagi. Untuk menanggulangi keadaan itu, hentikanlah pemberian susu tersebut dan gantilah dengan air tajin.

Caranya, ambillah air tajin (air tanakan beras) dan berilah gula secukupnya. Masukkan ke dalam botol sampai menjadi hangat. Setelah itu, berikan pada bayi Anda. Dengan pemberian air tajin ini, bayi Anda tidak akan mencret lagi dan tubuhnya pun akan kembali montok dan berisi kembali.