Kiat-kiat Mengatasi Cemburu

 Kiat-kiat Mengatasi Cemburu

BIBLIOTIKA - Seperti kita tahu, cemburu itu pertanda cinta. Karenanya, di dalam suatu hubungan yang kita jalin dengan seseorang, tidak aneh kalau hubungan itu juga terkadang menerbitkan kecemburuan pada pasangan.

Cemburu kadang muncul tiba-tiba. Bisa saja karena kita melihat pasangan tersenyum atau saling sapa dengan seseorang, atau karena kita tiba-tiba membayangkan yang tidak-tidak menyangkut pacar kita.

Cemburu itu pertanda cinta, namun apabila cemburu sudah keterlaluan, dalam arti di luar kewajaran, maka cemburu malah bisa menjadi faktor yang menghancurkan suatu hubungan. Karena, siapa sih yang tidak malas berhubungan dengan orang yang terlalu cemburuan?

Karenanya, apabila kamu cemburu dengan pacarmu karena hal-hal yang wajar, tentu saja itu normal. Namanya juga pacar. Tapi, ketika kamu mulai menyadari rasa cemburu yang tengah kamu rasakan di luar kewajaran, dan kamu ingin melenyapkannya, maka tip berikut ini pasti berguna.

Ingat, cemburu adalah perasaan negatif, yang apabila kamu tidak bisa mengendalikannya, maka kamulah yang akan dikendalikannya. Berikut ini tip-tipnya:

Tariklah napas dalam-dalam, kemudian hembuskan sekuat mungkin. Lakukan hal tersebut setidaknya 50 kali sampai kamu merasa kelelahan hingga terbebas dari beban pikiran kecemburuanmu.

Minumlah air putih, setidaknya sebanyak tiga gelas.

Putarlah dan dengarkan musik dengan volume yang keras, kemudian ikut bernyanyilah.

Terjunlah ke kolam renang, dan berenanglah sampai kamu merasakan dadamu lega dari desakan rasa cemburu.

Untuk sementara waktu, singkirkan semua barang atau benda yang mengingatkanmu pada pacarmu. Simpan di tempat yang tak terlihat, sampai kamu dapat menghilangkan rasa cemburumu.

Pergilah ke pantai, nikmati pemandangan luas di sana, dan hiruplah napas sebanyak mungkin di udara yang bebas itu.

Alihkanlah pikiran pada hal-hal yang positif, seperti mengerjakan tugas, atau merancang rencana hidup untuk masa depan.

Jangan melarikan perasaan cemburu pada makanan atau camilan yang akan membuatmu kekenyangan, karena itu bukannya akan menyelesaikan masalah tapi malah akan menciptakan masalah baru.

Temuilah kawan atau sahabatmu, dan bersenang-senanglah dengannya.

Lupakan hal-hal yang membuatmu sedih atau tambah cemburu.

Kalau kamu memang perlu menangis, maka menangislah dan tuntaskan semuanya. Setelah itu, lupakan saja.