Jim Walton, Bankir Sukses dan Miliuner yang Hidup Sederhana

Jim Walton, Bankir Sukses dan Miliuner yang Hidup Sederhana

BIBLIOTIKA - Jim Walton adalah anak termuda Sam Walton, sang pendiri jaringan pertokoan Wal-Mart. Karenanya, sebagaimana anak Sam Walton yang lain, Jim Walton juga mendapat bagian warisan saham perusahaan keluarganya.

Terlahir dengan nama James Carr Walton pada 7 Juni 1948 di Arkansas, AS, Jim Walton menempuh pendidikan di University of Arkansas. Pada waktu itu, bisnis retail Wal-Mart dipimpin oleh Rob Walton, kakak tertua Jim Walton. Setelah lulus kuliah, Jim Walton sempat bergabung dengan bisnis Wal-Mart, namun tidak lama. Ia keluar dari Wal-Mart, dan bergabung dengan bisnis lain milik keluarga, yaitu Walton Enterprise, yang mengelola usaha penerbitan.

Dari Walton Enterprise, Jim Walton pindah lagi, kali ini ke Avrest Bank. Ia memutuskan untuk menjadi bankir, dan dia mengelola Avrest Bank dengan baik, hingga menjadi bank terbesar di Arkansas.

Di bawah kepemimpinan Jim Walton, Avrest Bank tidak hanya menjadi bank yang sangat besar, namun juga modern. Avrest Bank adalah bank pertama yang menerapkan penggunaan Automatic Teller Machine (ATM) untuk bertransaksi pada tahun 1976. Kemudian, pada 1998, Avrest Bank juga telah memanfaatkan jaringan internet untuk pelayanannya. Kini, Avrest Bank mempekerjakan sekitar 5.000 karyawan di berbagai cabangnya yang berjumlah lebih dari 230 cabang, yang tersebar di seluruh Amerika Serikat.

Kesuksesannya sebagai bankir, juga penghasilan yang diperolehnya dari kepemilikan saham di Wal-Mart, serta di berbagai usaha lain, menjadikan Jim Walton memiliki kekayaan senilai 40,6 miliar dollar, dan menjadi salah satu orang paling kaya di dunia.

Meski begitu, Jim Walton adalah pribadi sederhana. Walau memiliki perusahaan raksasa dan memimpin bank terbesar, dia masih mengendarai pick up tua yang telah dibelinya sejak dia masih muda. Filosofinya, lebih baik menggunakan kendaraan sederhana, karena yang penting fungsinya sama, daripada membeli kendaraan mewah meski dia mampu membelinya.

Jim Walton menikah dengan Lynne McNabb, dan mereka tinggal di Bentonville, Arkansas, dengan empat anak mereka; Alice A. Proietti (lahir November 1979), Stuart L. Walton (lahir April 1981), Thomas L. Walton (lahir September 1983), dan James M. Walton (lahir Agustus 1987).