Fakta-fakta Menarik dan Lucu Yesung Super Junior

 Fakta-fakta Menarik dan Lucu Yesung Super Junior

BIBLIOTIKA - Nama asli Yesung adalah Kim Jong Woon (Kim Jong Hoon), dan dia lahir di Cheonan, Provinsi Chuncheong Selatan, Korea Selatan, 24 Agustus 1984. Dia anggota Super Junior, dan sejak bergabung dengan boyband itulah dia mengubah namanya menjadi Yesung. Selain menyanyi, Yesung juga menjadi model, aktor, serta penyiar radio.

Super Junior memiliki beberapa sub-group, dan Yesung menjadi anggota SJ-KRY serta SJ-Happy. Keduanya memiliki spesialisasi berbeda. SJ-KRY beranggotakan para vokalis utama Super Junior, yaitu Yesung dan dua anggota lain, dan membawakan lagu-lagu yang umumnya balada. Sedangkan SJ-Happy mengusung musik ceria, dan beranggotakan Yesung serta lima anggota Super Junior lain.

Sejak remaja, Yesung sering mengikuti berbagai perlombaan menyanyi, dan sering menjadi pemenang. Karena itulah, ibu Yesung mendaftarkan Yesung ke perusahaan manajemen artis SM Entertainment pada 2001. Yesung lolos dalam audisi Starlight Casting System, dan bergabung dengan Super Junior. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar Yesung.

  1. Tanggal 6 November 2005 menjadi hari istimewa bagi Yesung, karena pada waktu itulah dia bergabung dengan Super Junior 05 (Generasi pertama Super Junior).
  2. Pada November 2006, Yesung ditempatkan di sub-group yang pertama, yaitu Super Junior-KRY, dan dia menjadi leader-nya.
  3. Pada 2008, Yesung bergabung menjadi member Super Junior-Happy.
  4. Pada 10 Mei 2008, Yesung masuk rumah sakit karena roboh setelah lari 70 kilometer untuk acara Charity Martahon. 
  5. Pada 8 Agustus 2008, Yesung kembali masuk rumah sakit karena jatuh dari panggung yang tingginya 1,5 meter, ketika sedang latihan untuk performance di acara KBS Music. Sejak itu, Yesung mengaku badannya sering pegal. 
  6. Yesung pernah memiliki program radio bernama M.I.R.A.C.L.E for You.
  7. Yesung beberapa kali mengisi lagu untuk soundtrack film atau drama, di antaranya Love Really Hurts untuk drama Korea berjudul Tazza (2008), It’s Has to be You untuk drama Korea berjudul Cinderella’s Sister (2010), Loving You untuk drama Korea berjudul President (2010), dan Waiting for You untuk drama Korea berjudul Paradise Ranch (2011).
  8. Pada 2009, Yesung memerankan tokoh Jung Myung-soo dalam drama musikal Mountain Fortress.
  9. Pada 2010, Yesung bersama Sungmin mendapat peran dalam drama musikal Hong Gil Dong.
  10. Pada tahun yang sama, Yesung kembali berperan dalam drama musikal Spamalot.
  11. Pada 2010, lagu It Has to Be You masuk nominasi Cyworld Digital Music Awards, dan menjadi pemenang.
  12. Pada 2011, lagu It Has to Be You kembali masuk nominasi Cyworld Digital Music Awards, dan kembali menjadi pemenang.
  13. Di antara anggota Super Junior, Yesung terkenal penakut, khususnya pada hantu.
  14. Yesung suka memotret dirinya sendiri, dan dia selalu bisa menghasilkan foto yang bagus saat selfie.
  15. Tipe cewek ideal Yesung adalah yang polos, berwajah baby face, dan lugu.
  16. Yesung senang makan dalam jumlah sedikit, tapi berkali-kali.
  17. Jika sudah pensiun menjadi artis, Yesung ingin menjadi pengusaha.
  18. Dalam suatu acara, Yesung pernah berbicara nonstop selama 2 jam penuh. Tetapi, saat acara itu ditayangkan, ternyata bagian Yesung dipotong hingga 90 persen. 
  19. Yesung pernah sangat sedih karena dimarahi pentinggi SM Entertaintment, gara-gara Yesung tidak memiliki banyak fans.
  20. Yesung suka meraba-raba filtrum (lekukan di bawah hidung) anak-anak Super Junior, dan itu kerap membuat jengkel mereka. Kata Shindong, Yesung punya “touching syndrome”. Filtrum favorit Yesung adalah milik Siwon, dan itu membuat Siwon kesal karena sering diraba Yesung.
  21. Siwon berkata, “Jika ada Yesung di belakangmu, auranya menjadi berbeda.” Kangin menanggapi pernyataan tersebut, dan mengatakan, “Seperti Asassin.”
  22. Eunhyuk bilang, ia sangat malas masuk ke kamar Yesung karena auranya aneh.
  23. Yesung punya kebiasaan aneh lain. Saat tidur, dia suka berpindah-pindah kamar setiap 20 menit sekali. Kebiasaan itu biasanya dilakukan saat mereka tidur di hotel.
  24. Yesung terkenal cerewet, dan dia memang suka ngoceh.
  25. Yesung sangat iri kepada Heechul, karena Heechul dapat bermain dengan kucingnya. Akhirnya, Yesung memutuskan untuk membeli seekor kura-kura seharga 300.000 won yang diberi nama Ddangkoma. 
  26. Kura-kura peliharaan Yesung telah berusia 80 tahun, dan Yesung sangat menyayanginya. Yesung juga sering sedih membayangkan dirinya mati lebih dulu sebelum si kura-kura. Siapa yang akan merawat kura-kuranya?
  27. Yesung suka mengajak ngobrol kura-kura peliharaannya, meski si kura-kura tidak pernah menjawab. Suatu waktu, Eunhyuk sempat melihat Yesung mengajak ngobrol kura-kura, dan dengan heran dia bertanya, “Kamu sedang apa?” Yesung menjawab, “Kupikir, dengan memelihara kura-kura bisa mengurangi kebosananku. Tapi sejak memeliharanya, sepertinya aku malah semakin bosan.”
  28. Yesung membeli lagi 2 kura-kura untuk menemani Ddangkoma. Dua kura-kura baru itu diberi nama Ddangkoming dan Ddangkomaeng. Karena ukuran Ddangkoma tampak terlalu besar di antara mereka, Yesung memberikan Ddangkoma kepada orang lain.
  29. Karena kura-kura tidak mampu menghiburnya, akhirnya Yesung membeli seekor anjing yang lucu, yang ia namai Kkoming. Harapannya, dia bisa bermain dengan anjingnya sebagaimana Heechul bermain dengan kucingnya. Tetapi, Kkoming lebih sering tidur dibandingkan bermain dengan Yesung.
  30. Karena kebiasaan-kebiasaannya yang aneh, anggota Super Junior menganggap Yesung sebagai member paling aneh.
  31. Anak-anak Super Junior sempat mengira kebiasaan aneh Yesung diturunkan dari ibunya. Soalnya, ibu Yesung sering datang pagi-pagi ke asrama Super Junior, lalu menciumi mereka satu per satu. Padahal waktu itu anak-anak Super Junior baru pada bangun tidur, dan hanya mengenakan boxer.
  32. Dalam pertemuan antara orangtua dan anak-anak Super Junior, ibu Yesung pernah mengobrol dengan ayah Kangin. Ibu Yesung berkata, “Hai, kamu kan seumuran dengan saya. Ayo kita berteman.” Ayah Kangin bingung, dan sejak itu dia tidak pernah datang lagi ke acara pertemuan orangtua member Super Junior.
  33. Sewaktu SMA, Yesung sangat ingin punya radio. Maka dia pun menabung uang jajannya sampai sangat lama, agar bisa membeli radio. Setelah berhasil membeli radio, nilai sekolah Yesung turun. Ibunya pun membuang radio itu. Karena sedih dan kecewa, Yesung sempat akan kabur dari rumah.
  34. Saat sekolah, pelajaran favorit Yesung adalah olahraga, dan yang paling dibencinya adalah matematika.
  35. Rangking kelas tertinggi yang pernah didapat Yesung adalah rangking 2, dan yang terendah adalah 22.
  36. Yesung sangat menyukai musim gugur.
  37. Warna favorit Yesung adalah merah.
  38. Suatu waktu, Yesung pernah berjalan-jalan sendirian, dan tampak seperti orang linglung. Kebetulan, ada penggemar yang mengenalinya, dan menanyakan apa yang sedang ia lakukan. Yesung menjawab, dia mau pulang ke asrama, tapi lupa jalannya. Akhirnya, Yesung dituntun penggemar tersebut, hingga sampai di asrama Super Junior.
  39. Yesung pernah memperkenalkan dirinya ke Ddabong (anjing peliharaan Ryeowook) seperti ini, “Hai, aku Yesung, yang mempunyai kemampuan vokal terbaik di Super Junior.”
  40. Yesung ingin pergi berbulan madu ke Kanada.
  41. Saat masih bersekolah, Yesung mewarnai rambutnya hingga kemerahan. Karena peraturan di sekolah tidak memperbolehkan murid mewarnai rambut, Yesung memakai helm di kelas. Saat gurunya bertanya, Yesung mengatakan bahwa kepalanya terlalu besar, hingga helmnya tidak dapat lepas. Sejak itu, Yesung dijuluki si kepala besar.
  42. Ketika Yesung bergabung dengan Super Junior, julukan “Si Kepala Besar” dari masa sekolah sempat terdengar anak-anak Super Junior, dan mereka pun menjuluki Yesung dengan “Big Head Yesung”. Tapi Yesung protes. Dia sering berkata, “Tolong berhentilah memanggilku begitu, kepalaku tidak besar!”
  43. Dulu, para penggemar di Korea yang ingin mencari gambar Yesung melalui Google harus mengetik “Yesung kepala besar”, karena jika “Yesung” saja, yang keluar adalah gambar-gambar perusahaan yang memiliki nama serupa.
  44. Golongan darah Yesung adalah AB.
  45. Yesung hobi mengoleksi kalung, anting, dan gelang, yang harganya sangat mahal.
  46. Saat di EHB (reality show Super Junior), Yesung bilang ia mengoleksi bekicot.
  47. Di kamar Yesung terdapat hair dryer, catok rambut, dan bando pink bergaris-garis yang berguna saat mencuci muka, sehingga para member tidak perlu membeli barang-barang tersebut karena bisa meminjam dari Yesung.
  48. Dalam film perdana Super Junior, Attack On The Pin Up Boys, Yesung mendapat peran sebagai rock star.
  49. Yesung mendirikan sebuah restoran bernama Babtols untuk ibunya, di Hongdae. Banyak penggemar Super Junior yang makan di tempat tersebut, bahkan berfoto dengan ibu dan adik Yesung.
  50. Restoran Babtols kemudian ditutup oleh Yesung, karena ia kasihan dengan ibunya yang sering kecapekan. Sebagai gantinya, Yesung mendirikan kedai kopi bernama Handel & Gretel, yang resmi dibuka pada 26 Juli 2011 di daerah Gangnam, Seoul, dekat gedung KBS dan Kedutaan Besar Indonesia.
  51. Banyak artis Korea yang datang ke Handel & Gretel, seperti Taeyeon, Yoona, dan Simon D. Banyak yang bilang pelayanan di Handel & Gretel sangat nyaman. Kedai kopi ini terkenal dengan aroma kopinya yang khas.
  52. Yesung juga membuka butik kacamata bernama Whysyle (Ystyle) yang dikelola oleh ayahnya. 
  53. Pada 2012 Handel and Gretel ditutup, kemudian Yesung membuka sebuah kafe bernama Mouse Rabbit Coffee. Nama Mouse Rabbit diambil dari shio Yesung, yaitu tikus (mouse), dan shio adiknya, Jongjin, yaitu kelinci (rabbit). Kafe tersebut lebih banyak dikelola adiknya, karena ia seorang barista bersertifikat. Pada 2015, Mouse Rabbit Coffee membuka cabang keduanya.
  54. Yesung adalah member yang paling cepat mengubah ekspresi wajahnya. Dari yang semula tertawa terbahak-bahak, satu menit kemudian langsung berubah menjadi sangat dingin.
  55. Ketika Leeteuk, Shindong, dan Kyuhyun mengalami kecelakaan, Yesung menangis, terlebih setelah mengetahui keadaan Kyuhyun yang sekarat. Yesung berkata kepada Kyuhyun, bahwa jika Kyuhyun siuman ia berjanji tidak akan memarahi Kyuhyun meski Kyuhyun menjahilinya.
  56. Saat rekaman suatu acara radio, Yesung pernah menangis dan berkata bahwa ia tidak mempunyai fans.
  57. Yesung pernah dimuat dalam majalah Swiss, Blick, yang menyatakan bahwa dirinya adalah anak Presiden Korea Utara, Kim Jong Il, yaitu Kim Jong Woon (tampaknya majalah itu keliru mengidentifikasi Yesung, gara-gara namanya memang sama dengan nama anak Kim Jong Il). Berita majalah tersebut mengatakan bahwa sang presiden akan menyerahkan kepemimpinannya kepada sang anak, yang menjadi anggota Super Junior.
  58. Sewaktu masih kecil, Yesung hobi mengoleksi serangga.
  59. Yesung sering melakukan dance yang aneh dan tidak jelas, hingga membuat semua orang yang melihat tariannya tersebut tertawa.
  60. Yesung sempat menangis ketika akan menyanyikan lagu One Man dari Kim Jong Kook di acara KBS Immortal Song 2, karena lagu tersebut mengingatkannya pada beratnya hari-hari saat ia menjalani masa training.
  61. Yesung pernah mengigau menyanyikan sebuah lagu.
  62. Meskipun sedang memakai topi, Yesung akan tetap mendandani rambutnya yang tidak tertutup topi.
  63. Ketika Yesung ulang tahun, kedua orangtuanya datang ke sebuah stasiun televisi yang kebetulan akan menayangkan konser Yesung. Namun, mereka datang untuk menonton acara lain, bukan untuk menemui putranya.
  64. Nama fansclub untuk penggemar Yesung adalah Clouds.
  65. Kebiasaan Yesung saat mandi adalah lupa membawa handuk. Bukannya meminta tolong pada member lain untuk mengambilkan handuknya, Yesung malah keluar untuk mengambil sendiri handuknya tanpa memakai apa-apa.