Cara Mudah Menghindari Flu

Cara Mudah Menghindari Flu

BIBLIOTIKA - Pergantian musim dari musim panas ke musim hujan atau sebaliknya biasanya mendatangkan penyakit flu bagi orang-orang yang peka terhadap perubahan musim. Meski bukan tergolong penyakit berat, tetapi flu juga dapat mengganggu aktivitas dan rutinitas kerja sehari-hari. Karenanya, untuk menghindari datangnya penyakit flu yang bisa saja datang menyerang tiba-tiba, cegahlah dengan tiga cara berikut ini:

Jaga pola makan

Sering-seringlah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin. Aturlah agar gizinya seimbang. Dan yang pasti, makan juga harus teratur. Kalau dirasa sudah ada gejala flu, jangan malas makan meski nasi dan sayur yang dimakan terasa hambar.

Istirahat yang cukup dan berolahraga 

Olahraga bisa membuat tubuh menjadi sehat. Karena kondisi tubuh yang terjaga, virus influenza pun menjadi lebih sulit masuk dibandingkan pada tubuh yang kurang sehat. Hentikan atau tunda dulu beberapa kegiatan yang terlalu berat jika badan sudah terasa mulai tidak enak. Sebaiknya segera istirahat dan minum obat.

Konsumsi vitamin

Baik sebelum maupun sesudah sakit, tetaplah minum vitamin, terutama vitamin C. Vitamin ini tidak hanya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, tapi akan menstabilkan tensi yang ada dalam tubuh. Jadi selain flu, gejala panas dalam juga bisa dihilangkan. Karena vitaminlah, kita juga tidak akan mudah capek setelah melakukan berbagai aktivitas.


Sup ayam untuk penyakit flu

Musim hujan biasanya juga mengundang datangnya penyakit flu. Biasanya kita pun mengkonsumsi obat-obatan yang biasa digunakan untuk mengatasi penyakit yang cukup mengganggu ini. Sebenarnya, selain obat-obatan kimia, ada resep tradisional yang juga ampuh untuk membasmi gejala flu. Salah satunya adalah dengan menggunakan sup ayam.

Dasar ilmiah di belakang keyakinan tersebut adalah karena minuman yang hangat dan memiliki rasa seperti sup akan membuat tubuh kita memproduksi saliva lebih banyak. Itu berarti makin banyak pula lendir yang dihasilkan. Lendir inilah yang menyerang bakteri dan virus sebagai sistem ketahanan tubuh.

Selain itu, ada beberapa cara alami yang mudah untuk meringankan penderitaan Anda saat terserang flu:

  1. Perbanyak minum air putih hangat, agar otot-otot di seluruh tubuh terasa lebih rileks.
  2. Jika flu disertai hidung tersumbat, demam dan batuk, cobalah minum teh herbal yang dibubuhi bunga camomile atau lemon balm. Minumlah teh selagi hangat.
  3. Minumlah segelas jeruk hangat yang dicampur madu. Air jeruk kaya akan vitamin C dan bioflavonoid yang mempermudah penyerapan vitamin oleh tubuh.
  4. Masukkan air panas dalam sebuah mangkuk, lalu tambahkan minyak kayu putih atau minyak cengkeh. Lalu hirup langsung uapnya. Ini bisa membantu meringankan penderitaan flu Anda.