Cara Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa

 Cara Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa

BIBLIOTIKA - Puasa selama 12 jam sehari selama satu bulan tentunya bukan pekerjaan yang ringan. Banyak perubahan yang terjadi pada tubuh saat berpuasa, seperti rasa letih, lapar dan dahaga. Mulut pun pada umumnya mengeluarkan bau yang tidak sedap akibat mulut terlalu lama dibiarkan tidak diisi.

Karena ketidakaktifan mulut dan kondisi yang kurang bersih, bakteri dapat bertindak bebas terhadap partikel makanan di mulut. Soal lapar dan dahaga, itu memang ujian. Tapi soal bau mulut, itu tentunya bisa mengganggu penampilan Anda, bukan?

Nah, berikut ini adalah dua cara untuk mengatasi bau mulut selama Anda berpuasa.

Cara modern:

Sebelum memasuki bulan puasa, usahakan untuk konsultasi pada dokter gigi kalau-kalau masih ada gigi yang berlubang atau penyakit gigi / gusi lainnya. Karena ini akan sangat berpengaruh dalam menambah bau mulut. Begitu pula penyakit pencernaan. Semua itu, selain untuk mencegah bau mulut, juga membantu Anda agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan sebaik mungkin.

Biasakanlah menjaga kebersihan gigi dan mulut setelah makan sahur dengan menggosok gigi.

Anda juga bisa menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi, untuk mendapatkan beberapa manfaat. Selain menyegarkan napas, obat kumur juga berfungsi sebagai pengobatan untuk mulut, gusi serta gigi yang sakit.

Secara umum ada berbagai produk obat kumur (mouth washes) yang bisa Anda pilih, di antaranya;

  1. Anti bakteri / antiseptik: berfungsi melawan bakteri penyebab bau mulut.
  2. Flouride: membantu memperkuat lapisan fluoride pada enamel gigi, sehingga gigi terlindung dari kerusakan. Jika gigi Anda sehat, maka mulut Anda tidak akan berbau.
  3. Remineralizing: membantu menyeimbangkan mineral dalam mulut dan membantu mengatasi kerusakan dini pada gigi.

Cara tradisional:

Cobalah mengunyah cengkeh sehabis makan sahur atau beberapa saat sebelum waktu imsak tiba. Cara ini dapat mengurangi bau mulut.

Jika Anda kurang suka dengan aroma atau rasa cengkeh, Anda bisa menggantinya dengan beras kencur.

Cara lain adalah dengan berkumur air seduhan daun sirih dan gunakan untuk berkumur segera setelah sahur. Cara ini, selain akan mengurangi bau mulut, juga bisa merawat dan mengobati sakit gigi.