Biografi Sergey Brin, Mitra Pendiri Search Engine Google

Biografi Sergey Brin, Mitra Pendiri Search Engine Google

BIBLIOTIKA - Sergey Brin adalah rekan Larry Page saat menciptakan mesin pencari Google, hingga mereka mendirikan perusahaan bernama Google Inc. Sama seperti Larry Page yang menjadi salah satu orang terkaya di dunia, Sergey Brin juga masuk dalam daftar yang sama, meski dengan jumlah kekayaan sedikit di bawah Larry Page.

Sergey Brin lahir pada 21 Agustus 1973 di Moskow, Rusia, dengan nama lengkap Sergey Mikhailovich Brin. Ayahnya bernama Mikhail Brin, dan ibunya bernama Evgenia Brin—keduanya adalah ahli matematika lulusan Moscow State University. Karenanya, tidak heran jika Sergey Brin juga memiliki minat serta keahlian yang sama besar terhadap bidang matematika. Minatnya terhadap matematika itu pula yang kelak membantunya ketika menciptakan mesin pencari Google, bersama Larry Page.

Pada 1979, ketika Sergey Brin berusia 6 tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat. Di Amerika, Sergey Brin belajar di sekolah dasar Paint Branch Montessori, Adelphi, Maryland, sementara ayahnya menjadi profesor di departemen matematika University of Maryland.

September 1990, Sergey Brin lulus dari Eleanor Roosevelt High School, dan diterima di University of Maryland, College Park. Di sana ia mengambil jurusan ilmu komputer dan matematika, dan berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Science pada tahun 1993. Setelah itu, Sergey Brin melanjutkan pendidikan ilmu komputer di Stanford University melalui beasiswa dari National Science Foundation, dan lulus dengan gelar master pada Agustus 1995.

Ketika kuliah pascasarjana di Standford University, Sergey Brin bertemu dengan Larry Page, yang kemudian menjadi teman dan rekan kerja saat bersama menciptakan mesin pencari dan membangun perusahaan Google. Pertemuan itu merupakan perpaduan yang sangat tepat.

Larry Page ahli dalam membuat pemeringkatan situs di dunia web, yang disebut PageRank, sementara Sergey Brin ahli di bidang matematika. Mesin pencari Google yang mereka ciptakan adalah hasil perpaduan keahlian keduanya. Dengan sistem pemeringkatan situs yang tepat dan dengan kalkulasi yang sama tepat, Google pun terlahir sebagai mesin pencari yang cerdas, cepat, dan dapat diandalkan.

Kini, bisa dibilang miliaran orang di dunia selalu bersentuhan dengan teknologi Google atau pun teknologi turunannya. Membuka internet, banyak orang menggunakan Google Chrome, browser ciptaan Google. Di internet, kita membuka mesin pencari Google. Saat ingin menonton video, kita membuka YouTube, yang juga milik Google. Orang-orang menulis dan membaca blog di Blogspot (Blogger), yang juga milik Google. Bahkan ponsel kita pun kemungkinan besar menggunakan platform Android, yang juga hasil ciptaan Google.

Majalah The Economist menyebut Sergey Brin sebagai “Enlightenment Man”, seseorang yang percaya bahwa pengetahuan adalah segalanya. Sebutan itu diberikan kepada Sergey Brin, karena dia telah banyak melakukan penelitian yang berhubungan dengan mesin pencari, ekstraksi informasi yang tidak berstruktur, dan penggalian data dari kumpulan teks serta data-data ilmiah.

Sergey Brin juga mempublikasikan banyak penelitian akademik, di antaranya Extracting Pattern and Relations from the World Wide Web; Dynamic Data Mining: A New Artchitecture for Data With High Dimensionality (dipublikasikan bersama Larry Page); Scalable Technique for Mining Casual Structures; Dynamic Itemset Counting and Implication Rules for Market Basket Data; dan Beyond Market Baskets; Generalizing Association Rules to Correlation.

Selain aktif menulis makalah ilmiah, Sergey Brin juga sering menjadi pembicara pada pertemuan akademik internasional, forum bisnis dan teknologi, termasuk World Economic Forum and the Technology, dan Entertainment and Design Conference. Dia membagikan pandangannya pada industri teknologi dan masa depan mesin pencari pada Charlie Rose Show, CNBC, juga CNN. Pada tahun 2004, dia dan Larry Page dianugerahi “Person of the Week” oleh ABC World News Tonight.

Kini, setelah dikenal sebagai mitra pendiri Google, Sergey Brin pun mendapat banyak penghargaan dan gelar kehormatan. Pada 2002, dia bersama Larry Page dianugerahi penghargaan sebagai Top 100 Innovator di dunia oleh MIT Technology Review. Pada 2003, Sergey Brin dan Larry Page mendapatkan gelar kehormatan MBA dari IE Business School.

Selanjutnya, pada 2004, mereka menerima penghargaan dari Marconi Foundation dan Academy of Achievement’s Golden Plate Award di Chicago, Illinois. Pada 2009, majalah Forbes menyebut Sergey Brin dan Larry Page sebagai orang-orang yang memiliki kekuasaan penting di dunia. Akhirnya, Forbes juga menyebut nama mereka dalam daftar orang-orang paling kaya di dunia.

Sergey Brin menikah pada Mei 2007 dengan Anne Wojcicki, seorang analis bioteknologi lulusan Yale University.