9 Permainan untuk Mengajarkan Bahasa Tubuh kepada Anak

 9 Permainan untuk Mengajarkan Bahasa Tubuh kepada Anak

BIBLIOTIKA - Bahasa tubuh adalah bahasa pertama yang dikuasai oleh anak sebelum ia lancar berbicara. Karenanya, para ibu pun biasa mengajak bicara anak-anak kecil mereka dengan cara menggunakan bahasa tubuh tertentu. Cara ini memang bukan hanya mendidik, melainkan juga mendekatkan anak dengan orangtuanya.

Berikut adalah tips permainan mengajari bahasa tubuh kepada anak secara efektif:

Permainan 1

Permainan mengenal anggota badan dengan cara mencium pipi, hidung, telinga maupun bibir antara ibu dan anak secara bergantian mendatangkan rasa nikmat yang menyenangkan.

Ciumlah pipi anak dengan diikuti menyebut kata ‘pipi’, begitu seterusnya hingga ke ujung jari-jari, rambut, tangan dan bagian lainnya. Lalu mintalah anak untuk melakukannya secara bergantian.

Apabila anak belum bisa berbicara, Anda yang menyebutkan nama anggota tubuh dan lihat apakah anak memahaminya. Lihatlah ekspresi lucu anak yang kegelian dan menikmati permainan mengenal anggota badan yang mengasyikkan ini.

Permainan 2

Permainan ini mengajarkan komunikasi dengan cara yang sangat mudah. Mintalah anak untuk menunjuk bagian tubuh yang Anda sebutkan. Jika dapat, sertakan ekspresi wajah yang lucu dan mengundang tawa saat anak melakukannya. Misalnya dengan menanyakan, “Coba beri tahu Ibu, mana hidungnya?”

Atau mintalah anak Anda menunjuk meja, kursi, atau benda apa saja yang ada di dekatnya. Lakukan secara bergiliran. Permainan ini memberikan banyak pelajaran. Apabila Anda yang bertanya terlebih dulu, anak Anda akan belajar bagaimana bersikap sebagai pendengar dengan menunggu jawabannya.

Permainan 3

Permainan ini adalah berdua dengan anak di depan cermin. Melihat ke dalam cermin adalah permainan yang menarik sekaligus akan menyenangkan Anda dan anak kecil Anda.

Berdirilah atau duduklah bersama anak Anda di depan cermin dan ucapkanlah kata-kata, tunjuklah sesuatu, perlihatkan sesuatu, atau cobalah apapun yang Anda suka. Tunjuklah hidung Anda, angkat jari-jari atau memainkannya, atau lakukan apa saja dan mintalah anak Anda untuk meniru melakukannya.

Gerakkan pula boneka milik anak Anda, bantal, sisir, atau apa saja yang ada di depan cermin, dan mintalah ia belajar untuk menyebutkan namanya. Bisa pula dengan bermain ekspresi atau mimik wajah dengan menunjukkan senyum, tawa, mengerutkan wajah, dan beragam ekspresi lainnya.

Permainan 4

Buatlah sebuah arena di kamar tidur. Pakailah benda-benda yang aman bagi anak Anda, lalu ajaklah anak Anda berkelana di sekitar arena yang Anda ciptakan itu. Mintalah anak Anda mengikuti langkah Anda atau lakukan secara bergantian.

Saat melakukan aktivitas permainan ini, mintalah anak Anda berjalan ke kiri, ke kanan, mundur, merunduk, naik, turun dan sebagainya. Aktivitas permainan ini memiliki banyak manfaat, tubuh bergerak dan komunikasi berjalan.

Permainan 5

Di saat memandikan atau mandi bersama dengan anak kecil Anda, ajaklah anak Anda untuk bermain busa. Ciptakan balon busa, bulatan-bulatan, hidung badut, atau apa saja dengan menggunakan busa-busa sabun mandi.

Permainan ini mengajarkan anak untuk menjelajah dengan daya imajinasinya.

Permainan 6

Permainan lucu ini mengadaptasi tingkah laku binatang. Tirukan tingkah binatang atau bunyi-bunyian binatang yang mudah dikenali, seperti suara kambing, kucing, atau ayam jantan.

Anak akan dengan mudah bisa mengenalinya dari cara Anda menirukan gaya atau suara dari binatang-binatang tersebut. Permainan ini akan mengundang tawa anak Anda dan juga kegembiraan Anda.

Permainan 7

Ciptakan makanan yang lucu dalam menu anak Anda. Hidangkan makanan dengan bentuk yang lucu di piring makan.

Selain mengajak anak Anda bermain dengan mengenal sayuran dan bentuk benda, permainan ini juga akan memberikan kesempatan meningkatnya selera makan anak Anda.

Permainan 8

Permainan ‘ci luk ba’ mungkin merupakan salah satu permainan yang paling populer dalam masyarakat Indonesia. Permainan ini sangat menyenangkan bagi anak kecil. Anda bisa mengajarkannya kenyataan bahwa sesuatu bisa datang dan juga bisa hilang.

Perlihatkan senyum Anda, lalu tutup wajah Anda, dan buka dengan menunjukkan wajah yang lucu. Dan lihatlah, anak kecil Anda pasti akan tertawa.

Permainan 9

Di saat akan tidur atau menidurkannya, biasakan untuk berdoa dengan suara yang keras, baik untuk Anda maupun untuk anak Anda. Kebiasaan ini akan mengajarkan pada anak Anda untuk mengungkapkan sesuatu dengan bahasanya.

Bercerita atau membacakan cerita dengan gaya yang dramatis dan menyentuh juga akan membuat anak Anda belajar dari raut wajah dan cara Anda bercerita.