80 Fakta Menarik Donghae Super Junior

80 Fakta Menarik Donghae Super Junior

BIBLIOTIKA - Lee Donghae lahir di Mokpo, Jeollanam, pada 15 Oktober 1986. Dia dikenal sebagai penyanyi, penari, rapper, penulis lagu, model, dan aktor dari Korea Selatan. Selain itu, tentu saja, dia dikenal sebagai salah satu anggota Super Junior.

Semula, Donghae bercita-cita menjadi atlet. Namun kemudian memutuskan menjadi penyanyi, karena dorongan ayahnya yang menginginkan Donghae menjadi penyanyi. Pada 2011, Donghae menandatangani kontrak dengan SM Entertainment, dan tiga tahun kemudian ditarik masuk menjadi anggota Super Junior bersama anggota yang lain. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar Donghae Super Junior.

  1. Saat Donghae menerima award pertamanya bersama Super Junior, kata pertama yang diucapkannya adalah, “Father, I hope your healthy.”
  2. Cita-cita Donghae waktu kecil adalah menjadi atlet. Saat kelas 6, ayahnya menyarankan Donghae untuk menjadi penyanyi. Saat kelas 7, Donghae melihat audisi bernyanyi di salah satu album, dan berniat mengikutinya. Ayahnya sangat mendukung, karena cita-cita ayahnya dulu menjadi seorang penyanyi, tapi tidak kesampaian karena dilarang keras oleh ayahnya (kakek Donghae).
  3. Donghae berpisah dengan keluarganya selama 6 tahun selama mengikuti training Super Junior. Saat Donghae membawa penghasilan pertamanya, ayah Donghae telah meninggal karena penyakit kanker yang dideritanya. Donghae sangat sedih waktu itu, karena dia sangat dekat dengan sang ayah.
  4. Donghae sangat menyukai anak anjing. Salah satu anjing kesayangannya bernama Bada. 
  5. Donghae menyayangi semua member Super Junior. Dia selalu berusaha menghibur teman-temannya di Super Junior yang sedang marah atau sedih. 
  6. Donghae selalu ingat hari ulang tahun teman-temannya.
  7. Donghae sangat suka dipeluk.
  8. Donghae senang dipanggil “Prince”.
  9. Donghae sangat akrab dengan Eunhyuk, karena mereka seumuran. Pernah, Donghae berada di Cina bersama Super Junior M, sementara member lain di Korea. Eunhyuk menghubungi Donghae melalui video call, dan Eunhyuk menangis, karena kangen pada Donghae.
  10. Donghae senang memperkenalkan dirinya dan Eunhyuk sebagai Eunhae (Eunhyuk dan Donghae). Tapi karena khawatir Siwon marah, Donghae menggantinya hingga menjadi Eunshihae (Eunhyuk, Shiwon dan DongHae).
  11. Donghae benci warna pink. 
  12. Tempat andalan Donghae untuk menyimpan uang adalah dispenser.
  13. Selain Ryeowook dan Eunhyuk, Donghae mudah sekali menangis. Apalagi kalau sudah membicarakan ayahnya. Dia juga sering menangis kalau sedang menelepon keluarganya.
  14. Donghae ingin tubuhnya lebih tinggi, dan dia berusaha minum banyak susu demi bisa meninggikan tubuh.
  15. Donghae selalu memakai silver bracelet pemberian ibunya, bahkan tidak pernah dilepas sampai sekarang.
  16. Saat berumur 4 tahun, setiap sepulang sekolah, Donghae akan memencet-mencet bel tetangganya, dan berlari sebelum tertangkap.
  17. Saat kelas 3 SD, Donghae pernah dihukum di ruang guru, gara-gara gurunya mengira Donghae mengambil buku absen.
  18. Donghae mempunyai kebiasaan tidur larut malam, dan ia menyadari itu tidak baik bagi kesehatannya.
  19. Sebelum debut, Donghae sangat takut naik pesawat terbang. Karenanya, waktu sekolah dia tidak pernah ikut perjalanan sekolah.
  20. Kalau Donghae punya pacar, dia ingin pacarnya adalah wanita yang bisa menjaga dan memperhatikan dirinya. Donghae juga berniat mengajak pacarnya nanti berkeliling Mokpo, tempat dia dilahirkan dan dibesarkan.
  21. Donghae sulit tidur dalam keadaan ribut atau bising.
  22. Donghae pernah meninggalkan pesan di fan cafe, berbunyi, “ELF I LVOE U”. Kemudian Sungmin datang dan memberitahu kalau tulisan Donghae salah, karena yang benar adalah “LOVE” bukan “LVOE”. Saat itu Donghae merasa sangat malu.
  23. Saat Kibum datang ke Korea, Donghae orang pertama yang memeluk dan menyambutnya.
  24. Saat Donghae masih kecil, dia bermain bersama teman-temannya dengan cara membagi dalam beberapa kelompok. Kelompok mana pun yang bersama Donghae biasanya menjadi kelompok yang selalu kalah. 
  25. Donghae sangat membenci rokok dan minuman keras.
  26. Donghae sangat takut pada suara dengkurnya Shindong.
  27. Donghae benci makan sendirian, karenanya dia rajin menunggu member lain yang lagi sibuk beraktivitas agar bisa makan bersama.
  28. Donghae sangat takut pada hantu, karenanya dia tidak pernah mematikan lampu saat akan tidur.
  29. Donghae suka membangunkan member lain dengan cara mencubit pantat mereka atau memeluk mereka di tempat tidur.
  30. Donghae tidak mempunyai teman selama 1 tahun di SM Entertainment, karena tidak menemukan orang yang berasal dari kotanya (Mokpo). Begitu ketemu Yunho (DBSK) yang juga dari Mokpo, mereka segera dekat. Donghae tinggal bareng Yunho dan Heechul, dan mereka bertiga punya nama julukan “The Ddabbong Brothers”.
  31. Sebelum debut, Eunhyuk dan Junsu (DBSK) berencana menjahili Donghae dengan membuatnya menangis. Eunhyuk bilang, “Kau mulai berubah dan sudah melupakan kita.” (Biasanya orang yang sudah menjadi selebritas seperti itu). Donghae kecewa dan pergi setelah mendengar ucapan itu. Eunhyuk mennyusulnya, mendapati Donghae menangis di kamar mandi. Begitu Eunhyuk akan membuka pintu kamar mandi, Donghae langsung membanting pintu sambil berteriak, “Aku tidak akan berubah!” 
  32. Donghae memiliki beberapa julukan, di antaranya “Fish”, “Pinochio”, dan “Aiden Lee”.
  33. Dalam khayalan Donghae, saat telah menikah kelak, istrinya akan selalu memberikan ciuman selamat pagi saat bangun tidur, dan setelah itu membuatkan sandwich untuk Donghae sebagai sarapan.
  34. Donghae sangat mengagumi Song Hye Gyo. Ia selalu menonton dramanya berulang-ulang di televisi, dan jika Heechul ingin mengganti channel, dia akan berteriak melarang. 
  35. Donghae termasuk orang yang mudah tertawa.
  36. Sebelum ayah Donghae meninggal, dia telah menunjuk leader Super Junior, Leeteuk, untuk menjaga Donghae. Karenanya Leeteuk sangat menyayangi Donghae.
  37. Donghae suka memakai topi. Bahkan saat di rumah, atau sedang sikat gigi, atau lainnya, dia selalu memakai topi.
  38. Donghae berencana menikah saat berusia 32 tahun.
  39. Saat melihat seorang cewek, yang pertama Donghae lihat adalah matanya.
  40. Alat musik kesukaan Donghae adalah piano, tapi Donghae lebih senang mempelajari gitar daripada piano.
  41. Buah kesukaan Donghae adalah jeruk, pir, stroberi, dan kiwi.
  42. Menurut Donghae, anggota Super Junior yang paling tampan adalah Heechul dan Kibum.
  43. Angka favorit Donghae adalah 3, 6, dan 9.
  44. Pada waktu kecil, Donghae punya impian, “Dapat menabrak mobil yang sangat besar, dan aku tidak terluka.”
  45. Makanan kesukaan Donghae adalah chicken doritang, kimchi, seafood, dan cookies pokapoka chips. Dan minuman kesukaannya adalah susu.
  46. Makanan yang tidak dia suka adalah yang manis-manis.  
  47. Negara-negara yang ingin dikunjungi donghae adalah Amerika, Australia, dan Kanada.
  48. Kata-kata yang sering Donghae ucapkan adalah, “Stay healthy!” Karena almarhum ayahnya berpesan agar Donghae sehat selalu.
  49. Donghae suka musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Semua musim Donghae suka, dan Donghae berharap setiap hari musimnya berubah.
  50. Donghae adalah salah satu anggota yang paling populer di antara anggota Super Junior.
  51. Donghae pernah meninggalkan pesan ke Eunhyuk, dengan isi, “Hyukjae, aku mencintaimu.” Eunhyuk membalas pesan itu, dengan isi, “Berhenti menyembunyikan cinta sepihak kita.”
  52. Di hari ulang tahunnya, Donghae memberikan hadiah kepada Qie zi berupa celana, tapi ukurannya keliru.
  53. Di dapur, ada tugas-tugas yang dibagi untuk 10 orang. Donghae selalu memotret ke mana-mana, hingga dia tidak pernah memasak.
  54. Ketika dapat jatah mencuci piring, Donghae biasanya akan mengajak Hangeng untuk mengundi, “Ayo kita bermain untuk menentukan siapa yang mencuci piring.” Biasanya Hangeng kalah, dan menggerutu, “Padahal aku yang sudah memasak makanannya!”
  55. Ketika masih SD, Donghae adalah murid yang paling tinggi sehingga teman-temannya menjulukinya “Lee Tall Person”. Tetapi setelah lulus SD, dia tidak lagi bertambah tinggi, karenanya gadis impiannya memiliki tinggi 167 cm.
  56. Ketika berumur 21 tahun, Donghae sudah berpikir untuk menjadi seorang ayah dan akan menamai anaknya Lee Tian Kong (Lee Sky), Lee Hai Yang (Lee Ocean), dan Lee Yun Duo (Lee Cloud).
  57. Ryeowook pernah bilang, dia selalu suka memasak untuk temannya kapan saja. Suatu waktu, Donghae pulang tengah malam setelah latihan, dan dia membangunkan Ryeowook yang lagi tidur, dan bilang, “Bangun, dan masaklah untukku.” Ryeowook terganggu dan menjawab, “Kenapa kamu begitu? Aku sedang tidur, dan aku bukan tukang masak.” Donghae menjawab dengan tampang polos, “Kenapa tidak? Kamu selalu bilang suka memasak untuk teman. Jadi aku membangunkanmu. Tapi kalau ternyata kamu tidak mau, aku tidak akan lagi membangunkanmu.” Ryeowook lalu menjawab, “Baiklah, aku akan memasak untukmu.”
  58. Donghae selalu bilang, jika ada gadis yang dia suka, dia akan langsung menyatakan cintanya. “Jika memungkinkan,” dia berujar, “namun jika kupikir itu tidak mungkin, aku akan mundur jauh-jauh.”
  59. Ketika Donghae sedang ujian SMA, Heechul bangun pagi-pagi untuk membuatkan telur untuk Donghae sarapan. 
  60. Ketika Donghae duduk terlalu lama, secara tidak sadar dia akan memakai lengannya untuk memeluk kaki kanannya.
  61. Donghae tidak mengerti kenapa setiap kali dia memberikan tandatangannya kepada seseorang, orang itu akan mengucapkan terima kasih padanya. Donghae berpikir, seharusnya dia yang berterima kasih, karena orang itu mencintai Super Junior.
  62. Donghae berpikir “Donghae” bukanlah namanya, tapi meskipun begitu dia selalu menulis namanya sebagai Donghae.
  63. Donghae adalah satu dari sedikit orang yang dapat menenangkan kemarahan Heechul, dan Heechul akan mendengarkan semua yang dikatakan Donghae.
  64. Donghae merasa mudah sekali kesepian.
  65. Donghae suka membuat puisi.
  66. Donghae benar-benar baik dan sayang kepada orang tua member Super Junior. Dia juga benar-benar dekat dengan semua orang tua member Super Junior.
  67. Drama pertama Donghae adalah Skip Beat. Dalam drama itu dia menjadi pemeran antagonis.
  68. Donghae berkata, “Jika penonton tidak menyukaiku dalam drama (Skip Beat), berarti aktingku sangat baik.”
  69. Karena Donghae merasa pendek, biasanya dia memakai atasan pendek dengan celana jins yang pas di kulit.
  70. Donghae merasa dia harus selalu mengatakan apa yang ada di pikirannya, dan mengatakan apa yang dia pikir salah.
  71. Yoona SNSD pernah berpendapat bahwa jika Donghae tidak berada di Super Junior, lebih baik dia menjadi seorang aktor.
  72. Leeteuk pernah bilang, Donghae sangat taat beragama dan meruapakan teladan terbaik.
  73. Selain menjadi member Super Junior, Donghae juga bergabung di kelompok-kelompok kecil SUJU yang lain, yaitu Super Junior M dan SM Town.
  74. Berat badan Donghae 65 kg, dan golongan darahnya A.
  75. Donghae memberi nama untuk fansnya, “Elfishy” atau “Fishy”
  76. Donghae pernah bilang, dia benci merayakan ultah. Hal itu dilatari masa lalu, ketika Super Junior kebetulan sedang sibuk konser, dan Donghae sedang menantikan detik-detik menuju hari ultahnya, tidak ada satu pun temannya yang mengucapkan selamat atau memberi kado, karena semuanya sedang sibuk. Karenanya, sekarang, setiap ada yang membicarakan ultah, Donghae selalu mengeluh.
  77. Donghae pernah menghabiskan facial wash milik Leeteuk yang harganya selangit. Leeteuk marah dan menegur Donghae, tapi Donghae menangis dan berjanji akan membelikan yang baru. Tapi sampai sekarang belum beli juga.
  78. Heechul, Donghae, dan Yunho DBSK, membuat surat dan ditaruh di kapsul waktu, dan akan dibuka sepuluh tahun kemudian.
  79. Menurut para member Super Junior, Donghae sangat romantis.
  80. Bagi member Super Junior, Donghae kadang terlalu baik, bersahabat, dan gampang tersentuh. Dia sangat tekun dan selalu berusaha menghindari konflik, dan menjadi penengah antara anggota bila terjadi pertengkaran. Tiap kali Super Junior bertengkar, Donghae berkata, “Bukankah kita Super Junior?” Biasanya, mereka semua akan kembali akrab seperti semula.