56 Fakta Tentang Kyuhyun Super Junior

56 Fakta Tentang Kyuhyun Super Junior

BIBLIOTIKA - Cho Kyuhyun lahir di Nowon, pada 3 Februari 1988, dan dikenal sebagai penyanyi asal Korea Selatan. Dia menjadi anggota terakhir kelompok boyband Super Junior, dan menjadi salah satu lead vocalist di kelompok tersebut. Selain dikenal sebagai penyanyi, dia juga menjalani karier di bidang MC, aktor musikal, dan DJ radio. Kyuhyun menjalani debut solonya pada 2014 dengan mini album bertajuk At Gwanghwamun.

Kyuhyun bersekolah di Sekolah Menengah Shinchung, Sekolah Tinggi Yumkwang, dan menyelesaikan kuliah di Universitas Kyunghee. Dia memiliki kakak perempuan bernama Cho Ahra. Saat sekolah, Kyuhyun pernah memenangkan Olimpiade Matematika dan meraih medali emas. Kyuhyun juga menempati posisi ke-2 dalam IQ tertinggi di Super Junior, yang posisi pertamanya diduduki oleh Kibum yang memiliki IQ 138. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar Kyuhyun.

  1. Kyuhyun beragama Kristen. Sewaktu berumur 8 tahun, dia pernah rekaman lagu gereja bersama kakaknya.
  2. Waktu umur 16/17 tahun, Kyuhyun ikut kontes menyanyi, dan menyabet juara ke-3.
  3. Kyuhyun punya sedikit gangguan di telinganya karena infeksi. Jadi telinga kirinya agak kurang pendengarannya.
  4. Kyuhyun menjadi member Super Junior sejak 23 Mei 2006 di televisi, 24 Mei 2006 di official news article, dan 27 Mei 2006 di official debut, I-Concert.
  5. Kyuhyun sangat suka main game. Dia sudah main game sejak kelas 3 SD. Sepulang sekolah, dia biasanya buru-buru ke rumah supaya bisa cepat main game. Kalau ada temannya yang mengajak main keluar, Kyuhyun dengan sopan menjawab “tidak”, karena dia lebih suka main game.
  6. Hobi main game Kyuhyun mulai berkurang setelah suatu hari orangtuanya mengomel, “Kyuhyun, kenapa kamu selalu main game setiap hari? Kamu sudah besar. Apa yang akan terjadi kalau kerjaanmu hanya bermain game terus? Pikirkan masa depanmu!” Sejak itu, Kyuhyun beralih dari main game menjadi hobi menonton film. Sejak itu pula, dia membayangkan, “Mungkin suatu saat aku akan menjadi aktor.”
  7. Tetapi, bagaimana pun, Kyuhyun tetap tak bisa meninggalkan keasyikan bermain game. Sampai sekarang, dia bisa lupa waktu kalau sudah main game.
  8. Donghae sering terbangun tengah malam karena mendengar teriakan Kyuhyun. Pernah Kyuhyun berteriak sangat keras, sampai Donghae langsung bangun dan mendatangi Kyuhyun, bertanya ada apa. Kyuhyun hanya menjawab, “Tidak ada apa-apa. Aku baru saja kalah main game.”
  9. Game favorit Kyuhyun adalah Satrcraft dan game lain seperti Thousand Years, Diablo, dan Sudden Attack.
  10. Kyuhyun suka mempengaruhi member Super Junior seperti Donghae dan Heechul untuk juga suka main game.
  11. Dalam sebuah interviu, Kyuhyun pernah mengatakan, kalau dia tidak bisa menjadi penyanyi, dia akan menjadi gamer profesional.
  12. Kyuhyun pernah bilang, “Game bisa membuatku rileks.”
  13. Selain bermain game dan nonton film, Kyuhyun juga suka baca buku, tapi bukan komik.
  14. Kyuhyun rela kurang tidur demi main game.
  15. Kyuhyun pernah satu kali berhenti main game. Soalnya waktu itu keyboard Kyuhyun hilang. Ternyata keyboard itu rusak dan disembunyikan oleh Ryeowook.
  16. Kyuhyun mempunyai lebih dari 50 julukan nama. Karena banyak, Leeteuk pernah bertanya nama apa yang paling Kyuhyun suka di antara banyaknya julukan. Kyuhyun bilang paling suka “Gamekyu”
  17. Kyuhyun sangat suka salju. Dia pemain ski yang baik, karenanya punya julukan “Skykyu”.
  18. Kyuhyun tidak bisa memasak. Tapi teman-temannya bilang, masakan Kyuhyun enak jika akan dimakan sendiri.
  19. Kyuhyun tidak suka pilih-pilih makanan. Tapi dia tidak suka sayur-sayuran.
  20. Kyuhyun adalah pencinta ramen.
  21. Kyuhyun sangat mengagumi Micky Yoo Chun (TXVQ).
  22. Kyuhyun sangat pandai bermain klarinet. Dia bisa main klarinet sejak kelas 3 SMA. Dia juga bisa main piano. 
  23. Kalung ponsel Kyuhyun adalah pemberian Yesung.
  24. Kyuhyun pernah mengalami kecelakaan pada April 2007 bersama Eunhyuk, Leeteuk, dan Shindong, hingga harus dirawat di rumah sakit, serta vakum dari Super Junior selama beberapa bulan. Kyuhyun mengalami luka parah. Dia duduk di sebelah supir.
  25. Eunhyuk adalah orang pertama yang menghampiri kyuhyun saat di lokasi kecelakaan tersebut, dan menggenggam erat tangan Kyuhyun sambil mendoakan Kyuhyun yang waktu itu tampak sekarat.
  26. Lee Soo Man pernah membatalkan jadwalnya untuk mengunjungi USA, karena dia ingin menjenguk Kyuhyun di rumah sakit setelah kecelakaan.
  27. Kyuhyun menyayangi Heechul. Waktu ia dirawat di rumah sakit gara-gara kecelakaan, Heechul selalu menjenguk Kyuhyun setiap hari. Waktu Kyuhyun siuman, Heechul orang yang selalu menemani di rumah sakit.
  28. Waktu masih di college, Kyuhyun suka makan hingga pipinya gemuk. Tapi setelah memulai debutnya, Kyuhyun jadi kurus, dan kecelakaan yang menimpanya membuat berat badannya turun 20 kg.
  29. Waktu baru masuk SM Entertainment, Kyuhyun sempat tinggal di tenda selama beberapa bulan, karena ruang asrama yang terbatas.
  30. Para fans mengatakan ingin membelikan tempat tidur untuk Kyuhyun. Hal itu membuat manager Kyuhyun kaget. Jadi mereka segera membeli tempat tidur untuk Kyuhyun. Merasa bangga dengan tempat tidur barunya, Kyuhyun mengambil foto dari tempat tidur dan diposting di internet. Walaupun begitu, Kyuhyun sayang banget dengan tendanya yang dulu. 
  31. Waktu diinterviu Easy Magazine (2008), Kyuhyun bilang seandainya punya waktu luang yang panjang, dia akan melewati harinya dengan pergi ke luar angkasa.
  32. Kyuhyun selalu mengerjakan soal-soal matematika untuk mengisi waktu luang.
  33. Banyak yang bilang Kyuhyun mirip artis Choi Sung Gook. Katanya gigi dan cara senyumnya mirip. 
  34. Ryeowook bilang, Kyuhyun adalah si “mandiri yang imut”. Walau kadang imutnya keterlaluan. Tiap dapat tumpukan hadiah dari fans, Kyuhyun pasti kaget terus! Seolah dia tak sadar kalau dia anggota Super Junior yang paling banyak memiliki fans! 
  35. Heechul adalah teman favorit Kyuhyun, tapi Kyuhyun tidak pernah mendengarkan apa kata Heechul.
  36. Saat ditanya, “Siapa satu-satunya orang yang ingin kamu beri ucapan terima kasih?” Kyuhyun menjawab, “Jika aku memilih satu antara ayah dan ibuku, salah satu pasti akan ada yang marah. Jadi, aku akan memilih kakak perempuanku. Dia sangat cantik, dan selalu menganggapku sebagai anaknya. Tiap kali aku duduk di depan komputer, dia akan lari dan langsung mencium dan memelukku. Sekarang dia sedang belajar di luar negeri. Tiap kembali ke Korea, dia selalu membelikanku hadiah. Member yang lain bilang mereka iri melihatku punya kakak sebaik dan secantik dia, dan berharap mereka punya kakak perempuan sesempurna itu.”
  37. Kalau tidur, Kyuhyun mendengkur sangat keras. Jadi kalau Kyuhyun sudah tidur, anggota Super Junior yang lain akan menutupi Kyuhyun pakai bantal. 
  38. Kyuhyun percaya dengan cerita Natal, bahwa kalau anak-anak menaruh kaus kaki saat Natal akan diberi hadiah dari Santa. Lalu Kyuhyun punya ide, yaitu menaruh celana jins yang longgar sebagai pengganti kaus kaki, karena menurutnya kaus kaki kurang besar untuk hadiah yang dia inginkan.
  39. Kyuhyun sangat terobsesi dengan drama sejarah. Saat film Jumong disiarkan selama 10 bulan di televisi Korea dengan jumlah 81 episode, Kyuhyun setia menonton drama itu dan tak pernah terlewat. Karena itu, Kyuhyun mendapat julukan “Kyumong”. Dia juga suka menonton drama Love in Paris, The Big Swindle, My Sassy Girl, dan Dae Joyeong. Karena suka My Sassy Girl, dia hafal lagu-lagunya.
  40. Kalimat Thailand yang paling disukai Kyuhyun adalah, “Rak na dek ngo” (Aku cinta kamu, gadis manis!)
  41. Warna favorit Kyuhyun adalah biru, hitam, dan putih.
  42. Film favorit Kyuhyun adalah The Constitution of Crime dan Romeo & Juliet.
  43. Lagu favorit Kyuhyun di Super Junior adalah Miracle. 
  44. Olahraga favorit Kyuhyun adalah sepak bola dan bola basket, ia suka bermain di sekolah.
  45. Tipe cewek idaman Kyuhyun adalah berambut panjang, bermata bulat, berkaki indah, dan setia.
  46. Kyuhyun sangat terpesona pada artis Kim Tae Hae dan Jun Ji Hyun.
  47. Kalimat Cina yang paling disukai Kyuhyun adalah, “Wo bu hui han yu (Aku tidak bisa berbahasa Mandarin). 
  48. Kyuhyun sangat suka belajar bahasa Inggris.
  49. Kyuhyun termasuk member Super Junior terkaya ke-3, setelah Siwon dan Sungmin. 
  50. Kyuhyun pendiam, namun bila diajak ngobrol tentang game bisa ngomong panjang lebar.
  51. Kyuhyun adalah tipe cowok yang bisa membuat hati cewek meleleh, hanya dengan diam dan suaranya yang merdu.
  52. Anggota lain kadang-kadang menggoda Kyuhyun dengan menyebutnya “Perfect Surgery Result Boy”.
  53. Kyuhyun adalah satu-satunya anggota Super Junior yang termasuk dalam top MNet dari 20 daftar vokalis pria terbaik di Korea pada 2008.
  54. Kyuhyun suka bikin lelucon untuk membuat kakaknya tersenyum, atau mengirim pesan teks untuk kakaknya. 
  55. Kyuhyun mengatakan, member favoritnya di SNSD adalah Seohyun, Sooyoung, dan Yuri.
  56. Kyuhyun pernah menyumbangkan 2,54 ton beras ke Nowon, tempat dia lahir.