50 Fakta Menarik Leeteuk Super Junior

50 Fakta Menarik Leeteuk Super Junior

BIBLIOTIKA - Nama asli Leeteuk adalah Park Jung-soo, dan dia lahir pada 1 Juli 1983. Saat ini terkenal sebagai penyanyi, aktor, presenter, dan salah satu anggota boyband Super Junior. Pada waktu bergabung dengan Super Junior itulah, Park Jung-soo mengubah namanya menjadi Leeteuk, yang memiliki arti “Spesial” atau “Istimewa”.

Di Super Junior, Leeteuk terpilih sebagai pemimpin atau leader, yang membimbing anggota lain, termasuk dalam wawancara media dan jadwal konser. Bersama Eunhyuk, Leeteuk menjadi DJ untuk KBS Super Junior Kiss the Radio sejak 21 Agustus 2006. Pada Desember 2007, Leeteuk memiliki acara khusus sendiri, bernama Leeteuk’s Love Fighter. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar Leeteuk Super Junior.

  1. Leeteuk memiliki kakak perempuan, bernama Park Inyoung.
  2. Nama Cina Leeteuk adalah Li Te, sementara nama Inggris atau nama baratnya adalah Dennis Park.
  3. Leeteuk memiliki beberapa nama julukan, termasuk Angel Without Wings, Teuki Teuki, AngelTeuk, Leada Park, dan Peter Pan.
  4. Heechul menjuluki Leeteuk dengan nama “Peter Pan”, karena Leeteuk bilang tidak mau dewasa.
  5. Leeteuk menyebut dirinya sendiri “Angel Without Wings”.
  6. Leeteuk juga dijuluki “My Room Teuk”, karena suka memanggil member lain untuk masuk ke kamarnya saat bermaksud membicarakan sesuatu.
  7. Leeteuk suka jus stroberi.
  8. Leeteuk pertama kali bertemu dengan orang SM Entertainment, ketika dia sedang jalan-jalan di Myeongdong. Waktu itu Leeteuk ditawari untuk mengikuti training di SM Entertainment, dan Leeteuk tertarik.
  9. Di antara anggota Super Junior lain, Leeteuk terkenal sangat hemat dalam urusan uang. Dalam sebulan, Leeteuk bisa hanya mengeluarkan uang sejumlah 100.000 won atau sekitar 800.000 rupiah.
  10. Leeteuk tidak pernah membawa uang cash di dompetnya.
  11. Menurut anak-anak Super Junior, kalau Leeteuk sudah mondar-mandir tidak jelas, artinya dia sedang mencari tempat yang enak buat tidur.
  12. Di kalangan anak-anak Super Junior, Leeteuk memang dikenal tukang tidur. Setiap ada waktu luang, Leeteuk akan memanfaatkannya untuk tidur. Katanya, itu sebagai antisipasi karena dia sering jatuh sakit kalau kelelahan.
  13. Leeteuk sangat menyukai warna putih. Semua barang yang ada di kamarnya berwarna putih. Dia bilang tidak tenang dan tidak nyenyak jika tidur tanpa dikelilingi warna putih.
  14. Saat tampil di panggung, kadang pakaian yang harus dikenakan tidak berwarna putih. Tapi Leeteuk akan selalu berusaha mengenakan apa pun yang berwarna putih, semisal gelang, scraft, kalung, atau topi. Jika hal itu tidak bisa juga ia lakukan, minimal Leeteuk akan memakai celana dalam berwarna putih.
  15. Meski menjadi pemimpin di Super Junior, namun anggota Super Junior sering mengejek Leeteuk tidak pantas menjadi leader karena suka cengengesan, usil, dan tukang ngerjain. Meski begitu, Leeteuk menyanyangi anggota Super Junior yang sudah ia anggap sebagai adik-adiknya.
  16. Leeteuk punya impian, jika menikah suatu hari nanti, dia ingin mengundang semua penggemarnya, dan dia akan menyambut mereka.
  17. Leeteuk adalah anggota Super Junior yang kerap dijadikan sandaran teman-temannya. Setiap ada masalah, Leeteuk yang dihubungi pertama kali. Donghae pernah mengisi bensin di pom bensin, dan dia lupa membawa dompet. Karena kebingungan, Donghae menelepon Leeteuk, dan Leeteuk pun segera datang membawakan uang. Ryeowook juga sering menjadikan Leeteuk sebagai tempat curhat. Kapan pun Ryeowook pulang dari kegiatannya, dia tidak langsung ke kamarnya, melainkan ke kamar Leeteuk terlebih dulu.
  18. Dulu, Donghae masih sekolah ketika mengikuti training di Super Junior. Selama itu, Leeteuk sering mengantarkan Donghae saat berangkat sekolah. Mereka juga sekamar. Karenanya, Leeteuk sangat dekat dengan Donghae.
  19. Karena padatnya jadwal Super Junior, Leeteuk pernah mengajukan usul agar masing-masing anggota Super Junior tidak berlama-lama saat mandi. Untuk itu, masing-masing anggota diberi waktu beberapa menit untuk mandi, dan jika jatah waktunya habis maka harus keluar dari kamar mandi, tak peduli sudah selesai atau belum, agar anggota yang lain bisa segera menggunakan kamar mandi.
  20. Kata Siwon, Leeteuk punya dua kepribadian. Kadang tegas, kadang juga tidak jelas.
  21. Sekitar 70 persen penggemar Super Junior yang berjenis kelamin cowok, rata-rata menggemari Leeteuk.
  22. Leeteuk menjadi leader di Super Junior karena paling tua. Karenanya, saat acara MBC, dan dia tanya MC, “Bagaimana kamu bisa menjadi leader?” Leeteuk menjawab, “Karena aku paling tua di antara yang lain.”
  23. Karena akan menjadi leader Super Junior, masa training Leeteuk pun lebih lama dibanding yang lain.
  24. Leeteuk pernah menulis surat yang indah dan mengharukan untuk Eunhyuk. Tapi bukannya senang dengan surat itu, Eunhyuk malah protes. Pasalnya, dia merasa diperlakukan tidak adil, karena isi surat itu hanya terdiri dari 382 huruf Hangeul. Padahal, saat Leeteuk menulis surat untuk Donghae, panjangnya mencapai 480 huruf.
  25. Suatu waktu, ada acara kumpul-kumpul antara member Super Junior dengan para orangtua mereka. Setelah acara selesai, ayah Donghae mendekati Leeteuk, menggenggam tangannya, dan berkata, “Leeteuk, tolong jaga Donghae, karena aku tidak bisa menjaganya lagi. Tolong berjanjilah untuk menjaga dia. Donghae anak baik, dan kau kakak yang baik untuknya.” Waktu itu Donghae tidak ada di sana, jadi tidak melihat hal itu. Tidak lama kemudian, ayah Donghae meninggal. Setiap kali teringat peristiwa dengan ayah Donghae, Leeteuk menangis. Karena itu pula, Leeteuk sangat menyayangi Donghae, karena ingin menjalankan wasiat ayah Donghae.
  26. Leeteuk sering mendapatkan SMS yang aneh, dan sering datang pada tengah malam. Eunhyuk sering bercanda, dengan mengatakan, “Hati-hati, jangan-jangan yang kirim SMS bukan manusia.”
  27. Pada saat acara Come To Play Super Junior dan Wonder Girls, Leeteuk sangat kikuk dan salah tingkah. Masalahnya, pada saat di ruang make up, penata rias sempat mendengar Leeteuk ngomong, “Apa sih yang kalian suka dari Wonder Girls?” Penata rias itu mengadu ke member Wonder Girls. Akibatnya, saat Super Junior dan Wonder Girls bertemu, Leeteuk jadi salah tingkah. Leeteuk pun mencoba meluruskan, kalau itu cuma salah paham, dan bahwa dia sebenarnya ngefans pada Wonder Girls. “Di kamarku ada poster Wonder Girls,” ujarnya meyakinkan.
  28. Pada waktu SMU, Leeteuk pernah pacaran dengan teman sekolahnya. Saat hari jadi mereka yang ke-100, Leeteuk memberikan 100 bunga mawar, 100 surat cinta, dan 1 cincin emas, untuk pacarnya.
  29. Leeteuk memiliki nenek yang telah meninggal. Leeteuk mengatakan, ia ingin bertemu dengan hantu neneknya, kalau saja bisa.
  30. Sebagai leader, Leeteuk punya tugas membangunkan anggota Super Junior pagi hari. Jika teman-temannya susah bangun, Leeteuk akan mencipratkan air ke muka mereka. Teknik itu ampuh untuk membangunkan, tapi tidak mempan untuk Kangin. Saat diciprati air, Kangin memang bangun, tapi kemudian tidur lagi setelah Leeteuk pergi.
  31. Leeteuk menyukai ramen. Sama seperti Hangeng, Leeteuk juga pintar membuat ramen. 
  32. Meski terkenal irit, tapi Leeteuk bisa sangat mudah mengeluarkan uang jika melihat baju berwarna putih. 
  33. Donghae pernah mengacak-acak barang-barang milik Leeteuk, dan menemukan semuanya memang berwarna putih. Warna lain cuma ada biru.
  34. Leeteuk dinominasikan sebagai member ke-2 yang paling taat beragama, setelah Siwon.
  35. Leeteuk pernah didandani hingga benar-benar mirip cewek, untuk menghibur Donghae yang waktu itu tidak enak badan.
  36. Leeteuk suka main piano.
  37. Leeteuk ingin dibilang seksi, tapi Leeteuk tak pernah bisa berpose seksi.
  38. Meski Leeteuk adalah leader, tapi anggota Super Junior kerap tidak mempedulikan saat Leeteuk memberi intruksi. Saat akan latihan, misalnya, Leeteuk harus menghabiskan banyak waktu untuk mengajak teman-temannya yang rata-rata selalu asyik dengan mainannya sendiri-sendiri. Leeteuk sering kesal saat menghadapi hal semacam itu, tapi dia sudah telanjur menjadi leader.
  39. Leeteuk sering menabung di rekening milik ibunya.
  40. Suatu waktu, Leeteuk berdua dengan manajernya naik mobil melewati jalan tol. Saat akan membayar tarif tol, Leeteuk merogoh saku dan mengacak-acak laci dasbor mobil, dan hanya menemukan uang 5.000 won, padahal tarif tol 10.000 won. Leeteuk menoleh ke manajernya, tapi manajernya juga tidak membawa uang. Akhirnya, Leeteuk pasang muka memelas, dan menawar tarif jalan tol.
  41. Meski di depan kamera tampak periang dan selalu tertawa, Leeteuk sebenarnya sosok yang lebih sering diam. Bahkan Kangin menganggap Leeteuk sebagai member paling pendiam di Super Junior.
  42. Leeteuk adalah leader yang sabar dan bertanggung jawab terhadap anggotanya. Karenanya, dia pernah mendapat penghargaan sebagai leader terbaik.
  43. Hobi Leeteuk menyanyi, menulis lagu, bermain piano, dan berselancar di internet.
  44. Leeteuk kadang suka konyol juga. Pernah, tangannya digigit nyamuk. Karena gatal, dia menggaruknya sampai terluka, lalu memakai plester untuk menutupi lukanya. Sampai sangat lama, plester itu tidak juga dilepas, meski luka di tangannya sudah hilang. Waktu ditanya alasannya, Leeteuk menjawab, biar ada yang bertanya, “Tanganmu kenapa?”
  45. Jika kelak sudah pensiun dari menyanyi, Leeteuk ingin menjadi produser.
  46. Setiap Leeteuk siaran radio, dan bintang tamunya wanita, Leeteuk selalu meminta nomor teleponnya. Tapi Leeteuk tidak pernah menelepon mereka satu pun. Sepertinya, Leeteuk punya hobi mengumpulkan nomor telepon wanita.
  47. Pada waktu SMP, Leeteuk terkenal sebagai murid pintar, karena nilai di rapornya cuma A dan B.
  48. Waktu di acara KIMCHI Indonesia, Leeteuk mengatakan wanita Indonesia cantik-cantik. 
  49. Leeteuk sangat terkenal di Malaysia, dan dia bisa berbahasa Malaysia (Melayu).
  50. Leeteuk menyukai makanan-makanan Asia, khususnya Korea. Dia suka makanan ringan seperti teopokki (kue beras dengan saus manis pedas), ramen (mie instan Korea), dan sushi.