50 Fakta Menarik Eminem

50 Fakta Menarik Eminem

BIBLIOTIKA - Eminem adalah rapper terkenal dunia, sekaligus produser dan aktor Amerika. Dia lahir pada 17 Oktober 1972 di Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Eminem membentuk group rap bernama D12, yang meraih sukses. Selain menjadi bagian D12, Eminem juga anggota group rap Bad Meets Evil. Selain sukses bersama group, Eminem juga meraih kesuksesan besar saat bersolo karir.

Di dunia musik, Eminem menjadi artis yang memiliki penjualan album terbanyak pada tahun 2000. Dia memiliki 10 album dengan penjualan terbanyak dalam Billboard 200 (termasuk proyeknya dengan Bad Meets Evil dan D12). Secara keseluruhan, dia telah menjual 42 juta track lagu dan 41,5 juta album di Amerika Serikat, serta 90 juta lebih di seluruh dunia.

Beberapa majalah menobatkannya sebagai artis terbaik sepanjang masa, sementara majalah Rolling Stone menempatkan Eminem di peringkat 82 dalam “The 100 Greatest Artists of All Time”. Berikut ini fakta-fakta menarik mengenai Eminem, yang mungkin masih jarang diketahui.

  1. Nama asli Eminem adalah Marshall Bruce Mathers III. Nama “Eminem” berasal dari inisial namanya sendiri, MBM, yang jika disebut berulang-ulang akan terdengar seperti “Eminem”.
  2. Eminem mengaku memiliki kepribadian ganda, bernama Slim Shady.
  3. Tinggi badan Eminem 175 centimeter. 
  4. Ukuran sepatunya 10½  atau sekitar 28,5 centimeter.
  5. Minuman favorit Eminem adalah Mountain Dew.
  6. Eminem biasa menulis dengan tangan kiri karena kidal.
  7. Dalam keseharian, Eminem mengenakan kacamata, karena menderita rabun dekat.
  8. Eminem memiliki warna mata biru, dan rambut pirang. 
  9. Gaya rambutnya merupakan hasil potongan sendiri.
  10. Warna kesukaan Eminem adalah light blue (biru muda).
  11. Semasa sekolah, Eminem termasuk anak yang sulit mendapat teman. Ia lebih suka menyendiri. Ketika teman-temannya bermain, ia lebih memilih membaca komik atau menonton televisi. Memasuki kelas 8, ia mulai bisa bersosialisasi.
  12. Saat SMA, Eminem bersekolah di Lincoln High School, Michigan, dan di sana pula ia bertemu Kim, yang kelak menikah hingga bercerai dengannya.
  13. Saat di sekolah, Eminem adalah anak bertubuh paling kecil, hingga sering menjadi korban intimidasi dan bully teman-temannya.
  14. Pada waktu sekolah, Eminem pernah mengalami gegar otak dan patah tulang karena dipukuli temannya yang bertubuh besar, bernama Bailey D’Angelo. (Eminem menceritakan hal itu dalam lagunya, berjudul Brain Damage).
  15. Meski mungkin terkesan bengal, Eminem tidak merokok.
  16. Sewaktu bayi, keluarga dan kerabat memanggil Eminem dengan panggilan Mickey (Mouse), karena telinganya yang besar.
  17. Sewaktu kecil, Eminem pernah ingin menjadi seorang komikus.
  18. Eminem menyukai akting, seni, basket, football, berkumpul bersama teman-temannya, mendengarkan musik, rap, menonton film, dan menulis.
  19. Eminem telah menulis dan menerbitkan buku, berjudul The Way I Am.
  20. Film favorit Eminem adalah Scarface dan The Matrix.
  21. Film terkenal Eminem adalah 8 Mile, yang dirilis pada 8 November 2002. Dalam film itu, dia berperan sebagai James ‘Jimmy’ Smith Jr. alias B-Rabbit, dan film itu menceritakan kehidupannya sebelum terkenal.
  22. Eminem tidak naik kelas sebanyak 3 kali di kelas 9, hingga akhirnya keluar dari sekolah dan berkonsentrasi di HipHop.
  23. Eminem pertama kali mengetahui HipHop dari pamannya, Ronnie.
  24. Eminem mulai tertarik pada HipHop, saat ia berumur 12 tahun. Ia terdorong untuk menulis lirik lagu rap ketika mendengar lagu Reckless milik Ice-T.
  25. Eminem menulis lirik lagu rap pertamanya di dinding kamar, tepat di sebelah tempat tidurnya, dan gara-gara itu ia sering dimarahi ibunya.
  26. Ketika berumur 17 tahun, Eminem terus mengulang lagu Dear Mama-nya Tupac Shakur di mobil. Menurut Eminem, Tupac Shakur adalah penulis lirik terbaik sepanjang masa. 
  27. Semenjak menjadi rapper terkenal, setiap malam Eminem selalu mambaca dan mempelajari setiap kata yang ada di kamus, untuk menambah kosakatanya.
  28. Eminem pernah berpacaran dengan Mariah Carey.
  29. Eminem adalah penggemar Spider-Man.
  30. Dr. Dre, seorang rapper kulit hitam terkenal, tidak tahu kalau warna kulit Eminem adalah putih, sampai mereka bertemu. Setelah tahu, Dr. Dre mengatakan, “Aku tidak peduli warna, ukuran tubuh (Eminem memiliki tubuh tidak besar) ataupun umur, asalkan mereka bisa nge-rap!”
  31. Manajer Eminem bernama Paul ‘Bunyan’ Rosenberg, yang telah menjadi manajer Eminem sejak 1995.
  32. Eminem mendapatkan hadiah Mercedes S1500 dari Paul, manajernya, saat dia berulang tahun ke-31.
  33. Pada tahun 2000, Eminem memberikan salah satu Grammys-nya untuk Paul Rosenberg.
  34. Eminem memiliki kepedulian terhadap politik, tercermin dari lagunya, semisal Mosh dan We As Americans. Dia juga diketahui tidak menyukai Presiden Bush, dan hal itu juga tercermin dalam salah satu lagunya.
  35. Ketika menulis lirik lagu, Eminem lebih suka memulainya dari sudut atas kertas, lalu turun ke bawah, tanpa mempedulikan garis-garis yang ada di kertas.
  36. Eminem mengaku inspirasi lagu-lagunya datang ketika ia berdiam diri di toilet.
  37. Meski telah sangat terkenal, Eminem mengaku masih sering gugup saat akan naik ke panggung.
  38. Eminem terkenal sebagai sosok pemurung. Namun, saat bersama Tom Green dan South Park, dua teman karibnya, dia bisa tertawa-tawa seperti orang gila.
  39. Eminem pernah bekerja di sebuah pabrik bernama Gibbs Machinery ketika berusia 16 tahun. Dia memiliki banyak pekerjaan sambilan (menyapu lantai, membuang sampah, dan lain-lain), juga bekerja di kedai pizza Ceaser Little.
  40. Eminem pernah menjadi pelayan sementara di sebuah restoran bernama Lodge Gilbert di St. Claire Shores, Michigan. Ia sering menulis lirik lagu di kertas pesanan. Ketika teman-temannya datang untuk makan di sana, Eminem akan menyebutkan menu dengan gaya nge-rap.
  41. Ketika baru menikah, Eminem dan Kim tinggal di lingkungan yang disebut “Black Neighborhood”, tempat yang dihuni mayoritas orang kulit hitam. Karena kenyataan itu, mereka biasanya menjauhi jalan tertentu semisal rel kereta api, karena dijaga oleh para preman berkulit hitam. Eminem pernah melewati salah satu jalan yang rawan di sana, dan ia dipukuli bahkan pernah ditembak satu kali.
  42. Eminem menikah dengan Kim saat usia mereka masih remaja.
  43. Eminem pernah ditahan karena mengeluarkan pistol kosong di tengah kerumunan, dan dia dijerat pasal mengganggu ketenteraman orang. Ia melakukan itu karena mendapati istrinya, Kim, bermesraan dengan seorang lelaki di pinggir jalan.
  44. Eminem memiliki satu anak kandung, yaitu Hailie, dan dua anak angkat bernama Alaina dan Whitney. Keduanya adalah keluarga Kim, mantan istrinya. Mereka bertiga (Hailie, Alaina, dan Whitney) tinggal bersama.
  45. Eminem menonton Dora The Explorer, Hey Arnold, dan Power Puff Girls bersama putrinya, Hailie.
  46. Eminem memakai cincin silver bertuliskan “Dad”, yang diberi Hailie pada waktu Hari Ayah di tahun 2002.
  47. Di tubuh Eminem terdapat tato bergambar foto putrinya. Sebelumnya, di tempat tato itu terdapat tato lain bertuliskan “Slim Shady”.
  48. Eminem takut pada jerapah dan laba-laba. Ia mengatakan tidak suka leher jerapah yang sangat panjang.
  49. Nathan, adik Eminem yang lahir pada 1986, ada di video musiknya, dalam lagu berjudul Without Me. Dalam video itu, Nathan berperan sebagai kakak mereka, Marshall, sementara Eminem berperan sebagai Debbie, ibu mereka.
  50. Eminem mengaku dirinya gaptek atau gagap teknologi. Ia bahkan mempekerjakan orang untuk membuka situs Twitter saat akan meng-update status, atau saat akan membuka situs YouTube untuk mengecek klip-klip yang ada di sana. Mengenai kegagapannya terhadap teknologi, Eminem pernah mengatakan, “Jika saya belajar bagaimana menggunakan komputer, saya bisa gila melihat semua komentar orang tentang saya di internet.”