43 Fakta Menarik Sungmin Super Junior

 43 Fakta Menarik Sungmin Super Junior

BIBLIOTIKA - Lee Sungmin lahir di Gyeonggi, Korea Selatan, pada 1 Januari 1986. Dia anggota boyband Super Junior, dan posisinya sebagai vokalis serta dancer dalam group. Sungmin tergabung dalam sub-unit Super Junior-T, Super Junior-M, dan Super Junior-H. Sungmin memulai karir di dunia entertainment dengan mengikuti SM Youth Best Contest pada 2001, dan memenangkan penghargaan di acara tersebut bersama Donghae, yang kemudian juga menjadi anggota Super Junior.

Mereka berdua menandatangani kontrak dengan SM Entertainment, dan menerima pelatihan menyanyi, menari, serta akting. Sungmin memiliki adik laki-laki, bernama Lee Sungjin. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar Sungmin Super Junior.

  1. Di Super Junior-M, Sungmin adalah anggota tertua. Karenanya, dia merasa bertanggung jawab terhadap teman-temannya, dari mengurus mereka, membangunkan setiap pagi, memasak, merapikan ruangan, mengajak latihan, memastikan semuanya lengkap, dan lain-lain. Karena ketelatenannya itu, semua anggota Super Junior-M sepakat menganggap Sungmin sebagai pemimpin atau leader mereka.
  2. Sungmin pintar memijat.
  3. Di sebuah acara radio, Leeteuk menceritakan, dia pernah sakit dan Sungmin selalu menjenguk ke kamarnya untuk membuatkan ramuan gingseng. Sungmin mengatakan, ramuan gingseng bagus untuk memulihkan kesehatan. Setiap pagi, Sungmin selalu datang, dan melakukan hal yang sama, dan perlahan-lahan kesehatan Leeteuk pulih. Semula, Leeteuk berpikir, Sungmin akan rajin menjenguknya hanya dalam waktu sehari dua hari. Tetapi, ternyata, Sungmin terus rutin menjenguknya dan membuatkan ramuan gingseng sampai tiga bulan, sampai Leeteuk benar-benar sembuh. Hal itu benar-benar membuat Leeteuk kagum.
  4. Sungmin sangat suka memasak labu, dan bisa memasak labu untuk berbagai jenis makanan. Menurutnya, labu bagus untuk kesehatan, dan harganya murah.
  5. Setiap ada member Super Junior yang merasa tidak baik, Sungmin akan selalu siap di sisinya, seolah ingin memastikan semuanya akan baik-baik saja.
  6. Sungmin dikenal memiliki fans paling banyak di Jepang. Ternyata, teriakan fans paling banyak di Paris juga ditujukan untuk Sungmin.
  7. Sungmin adalah anggota Super Junior yang paling pendiam. Saat mendatangi suatu negara untuk konser, dia lebih suka memperhatikan diam-diam daripada banyak berkomentar.
  8. Sungmin mengikuti kursus bahasa Jepang dan Inggris tanpa sepengetahuan manajernya. Setiap pagi, dia pergi ke tempat kursus mengendarai skuternya, dan bergabung dengan murid-murid lain. Saat manajernya mengetahui hal itu, dia marah, karena mengkhawatirkan Sungmin kelelahan. “Kalau kamu mau,” ujar sang manajer, “kami bisa mendatangkan guru untukmu, dan kamu tidak perlu repot-repot kursus di tempat lain.” Tapi Sungmin menjawab, itu akan merepotkan manajernya, dan dia khawatir manajernya kelelahan karena sudah mengatur jadwal mereka yang sudah padat. Jadi, Sungmin mengatakan, biarlah dia melakukannya sendiri, dan tidak perlu membebani manajernya. Sejak itu, sang manajer menyadari, Sungmin bukan hanya sosok mandiri, tapi juga senang belajar. Sejak itu pula, sang manajer kerap menawari, “Apa yang ingin kamu pelajari sekarang? Biar aku datangkan guru untukmu.”
  9. Sungmin bisa memainkan banyak alat musik, termasuk gitar, bass, saksofon, harmonika, drum, piano, dan lain-lain. Dia berusaha mempelajari apa pun yang menarik baginya.
  10. Sungmin bisa membuat lirik lagu dan mengaransemen musiknya.
  11. Di kalangan teman-temannya, Sungmin dijuluki “Aegyo King”.
  12. Sungmin taat beribadah, dan rajin berdoa di setiap kesempatan.
  13. Sungmin sangat menyukai hari Jum’at.
  14. Sungmin menguasai akting dengan baik, dan dia sering berpartisipasi dalam drama musikal serta drama serial, bahkan sejak masih training.
  15. Sungmin tidak pernah operasi plastik. Namun berat badannya tidak menentu, kadang gemuk, kadang kurus, kadang berotot, kadang juga berlemak.
  16. Selera Sungmin dalam urusan kendaraan dan pakaian sangat sederhana.
  17. Ayah Sungmin, Lee Chun Hwa, adalah pemilik perusahaan e-commerce terkenal di Korea, yaitu Sendbill. Sungmin adalah CEO termuda dan pewaris utama perusahaan tersebut. Ayah Sungmin adalah orang yang rendah hati dan ramah. Dia bahkan tidak keberatan saat mendapati banyak fans Sungmin yang sering mendatangi kantor Sendbill. Saat melihat itu, ayah Sungmin biasanya tertawa, dan berkata, “Anakku terkenal, ya?”
  18. Sungmin adalah member terkaya nomor 2 di Super Junior.
  19. Sungmin menguasai permainan gelembung sabun, dan pintar bermain sulap atau kecepatan tangan.
  20. Sungmin juga aktif dalam bidang olahraga, termasuk sepak bola, basket, lari, lompat galah, dan lainnya. Semasa kuliah, Sungmin aktif mengikuti pertandingan sepak bola yang diadakan kampus.
  21. Sungmin suka boneka kelinci, dia juga suka mengumpulkan boneka-boneka kelinci yang lucu.
  22. Sungmin menderita anemia atau kurang darah, sehingga sering menjadikannya terlihat lelah dan sakit. Meski begitu, Sungmin selalu berusaha menghadiri kegiatan-kegiatannya.
  23. Sungmin sangat menyukai warna pink. Dari baju, topi, tas, mug, bolpoin, kamera, gantungan ponsel, sampai boxer, semuanya berwarna pink. Bahkan dia pernah mengecat rambutnya dengan warna pink. Meski sekarang dia tampak mengurangi kecenderungan tersebut.
  24. Sungmin sangat menyukai anak-anak, dan anak-anak tampaknya menyukai Sungmin. Saat Super Junior mendatangi tempat penampungan anak-anak telantar, Sungmin paling banyak dikelilingi balita dan anak-anak kecil di sana. 
  25. Sungmin tidak pernah melepaskan cincin di jari manis tangan kanannya.
  26. Sungmin dekat dengan Seungri Big Bang. Dia pernah memposting foto mereka bersama, dengan ucapan, “Selamat, Seungri, untuk lagu solo barumu.”
  27. Super Junior sering kali mendapatkan bonus karena kesuksesan album promo dan konser mereka, dan Sungmin menggunakan hal itu untuk membelikan sesuatu bagi orangtuanya.
  28. Sungmin dan Heechul disebut-sebut sebagai generasi flower boys atau pria yang cantik.
  29. Sungmin menguasai ilmu bela diri Cina. Kepandaiannya dalam bela diri pernah ditantang dan ditayangkan di televisi. Sungmin diberi beberapa tantangan yang harus diselesaikan, dan dia menyelesaikan semua tantangan dengan baik. 
  30. Dulu, Sungmin sering kali menolak hadiah mahal pemberian penggemarnya. Dia pernah mengembalikan sebuah kamera digital dan laptop, karena menurutnya uang untuk hadiah itu sebaiknya digunakan untuk hal-hal lain yang bermanfaat, seperti untuk membeli buku sekolah, atau benda favorit pribadi, atau membelikan hadiah untuk orang tua. Tapi sepertinya sekarang dia menerima apa pun yang diberikan kepadanya, termasuk tas LV, sepeda, ipad, dan lain-lain. Mungkin karena tidak enak terus menerus menolak.
  31. Sungmin pernah memiliki tiga sepeda, dan ketiganya hilang dicuri. Salah satu sepeda yang hilang itu pemberian penggemarnya.
  32. Sungmin menyukai hal-hal yang memacu adrenalin, termasuk naik rollercoaster.
  33. Sungmin adalah roommate Kyuhyun. Sebelumnya, Sungmin sekamar dengan Donghae. Tapi karena Donghae tidak suka kamarnya penuh barang berwarna pink, Sungmin pindah ke kamar Kyuhyun. Mereka berdua—Sungmin dan Kyuhyun—cocok, karena sama-sama menyukai wine.
  34. Sungmin bukan tipe orang yang glamor, meski berasal dari keluarga kaya-raya.
  35. Saat siaran di Youngstreet, Heechul pernah berkata, “Super Junior telah berjalan lima tahun, dan hanya Sungmin yang wajahnya sama sekali tidak berubah.”
  36. Saat Sungmin mendaftar kuliah di kampus, beberapa senior di sana kaget karena menyangka Sungmin masih anak-anak. Kulitnya yang putih dan wajahnya yang imut membuat mereka tidak percaya kalau Sungmin akan mendaftar kuliah.
  37. Sungmin sangat terkenal di kampusnya, Seoul National University of Art, salah satu universitas bergengsi dan terkenal di Korea yang memiliki berbagai fasilitas canggih dan teknologi tinggi.
  38. Sungmin pernah menjadi anggota cheerleader, dia juga pernah membentuk kelompok dance sendiri.
  39. Seluruh member Super Junior memasrahkan Kyuhyun kepada Sungmin, karena Kyuhyun selalu mendengarkan perintah Sungmin. Saat sedang konser di Cina, misalnya, Hangeng kewalahan mengurus Kyuhyun. Waktu itu, Kyuhyun tidak juga mau tidur karena terus bermain game. Tidak satu pun member yang bisa membujuk Kyuhyun untuk tidur, padahal besok mereka harus tampil segar. Akhirnya, Hangeng menelepon Sungmin, dan memberikan telepon kepada Kyuhyun. Setelah sedikit berbicara, Kyuhyun langsung mematikan game-nya dan pergi tidur.
  40. Sungmin dan Kyuhyun sering terlihat memakai aksesoris yang sama.
  41. Kyuhyun pernah bilang, “Sungmin is the perfect boyfriend.”
  42. Sungmin adalah murid Plug In Music, tempat Seungri Big Bang, Minzy 2ne1, dan Kara Goo Hara pernah menjadi murid di sana.
  43. Sungmin memiliki selera fashion yang buruk, bahkan Eunhyuk bilang Sungmin adalah “fahion terorist”. Eunhyuk mengungkapkan bahwa Sungmin suka sekali memakai celana pendek, dan memakai kaos kaki panjang (sebetis). Lalu Eunhyuk bertanya dengan terpana, “Kamu benar-benar akan memakai itu, Hyung?” Sungmin, dengan wajah polos, balik bertanya, “Kenapa?”