40 Fakta Menarik Siwon Super Junior

 40 Fakta Menarik Siwon Super Junior

BIBLIOTIKA - Choi Siwon lahir di Seoul, 7 April 1986, dan terkenal sebagai penyanyi, model, juga aktor, asal Korea Selatan. Ia dikenal sebagai anggota group Super Junior. Sebagai aktor, Siwon pernah berperan sebagai Soo Min Wo dalam film Oh! My Lady (2010).

Siwon juga pernah muncul dalam video klip Girls’ Generation, rekan selabelnya, yang berjudul Hoot. Ia juga turut berpartisipasi dalam pebuatan video musik S.E.O.U.L. bersama Taeyeon, Jessica, Seohyun, Sunny, Sooyoung, Leeteuk, Kyuhyun, Ryeowook, Sungmin, Donghae, dan Shindong. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar Siwon.

  1. Nama lengkap Siwon adalah Choi Siwon. Namun, di barat, dia menggunakan nama Andrew Choi.
  2. Dalam bahasa Korea, “Siwon” memiliki arti kesempurnaan dan kebaikan, semangat, berpengetahuan, indah, dan suci.
  3. Siwon memiliki tinggi 183 centimeter. 
  4. Siwon bergolongan darah B.
  5. Selain terkenal sebagai anggota Super Junior yang paling cool, Siwon juga dijuluki Prince Thai, karena dia paling terkenal di Thailand di antara anggota Super Junior lainnya. 
  6. Siwon juga bisa berlari sangat cepat, hingga dia juga dijuluki “Si Kuda”.
  7. Siwon sangat suka olahraga basket dan taekwondo. Sedangkan alat musik yang ia suka adalah drum.
  8. Siwon sangat suka makan wafel dan minum kopi espresso.
  9. Siwon sangat dekat dengan ibunya.
  10. Sejak kecil, Siwon suka berdandan. Karenanya, dia telah akrab dengan jas dan sepatu kulit sejak masih kecil.
  11. Siwon adalah anak orang kaya. Ayahnya pemilik Hyundai Departmen Store, yang sekarang sedang bersaing dengan 2 perusahaan besar (Lotte Department Store dan Shinsegae). Hyundai Departmen Store telah membuka 12 cabang, dan memiliki omset lebih dari $340 million.
  12. Pada waktu masih sekolah, Siwon pernah melamar kerja di pom bensin, tapi kepergok ayahnya. Gara-gara itu, Siwon diomeli habis-habisan, dan dia pun tidak jadi bekerja di pom bensin.
  13. Dalam acara MBC Delicious TV, Eunhyuk blak-blakan ingin sekali mengenalkan kakaknya, Lee Sora, ke Siwon. Siwon terkenal baik, sopan, dan pastinya juga kaya. Eunhyuk yakin kehidupan kakaknya akan baik jika bersama Siwon.
  14. Di acara SGBC, seorang model cantik pernah menyatakan cinta kepada Siwon, tapi Siwon hanya membalasnya dengan senyuman.
  15. Tipe cewek idola Siwon adalah; seiman, berambut panjang atau ikal bergelombang, anggun serta elegan, dan Siwon ingin si cewek hanya mencintai dirinya. Cewek yang paling mendekati tipe itu adalahYoona SNSD dan Ariel Lin.
  16. Siwon terkenal ramah. Bersama anak-anak Super Junior, Siwon juga terkenal suka memberi pelukan pada mereka.
  17. Untuk memiliki tubuh atletis seperti sekarang, Siwon membutuhkan waktu 4 tahun, dengan dibantu pelatih khusus di klub fitnes.
  18. Siwon berkuliah di Hyun Dae, lalu di Inha University, yang terkenal sebagai salah satu universitas termahal di Korea.
  19. Semula, ayah Siwon tidak setuju anaknya menjadi artis yang berkecimpung di dunia entertainment. Ayahnya ingin Siwon meneruskan perusahaannya kelak. Karenanya, ketika Siwon mulai terjun ke dunia artis, ayahnya sama sekali tidak mau membantu. Meski begitu, setelah Siwon akhirnya bisa membuktikan kalau dirinya sukses, ayahnya pun memberi restu. Sewaktu Siwon konser, ayahnya datang untuk menonton.
  20. Siwon masuk Super Junior karena ditawari langsung oleh orang SM Entertaiment. Ketika Siwon masih SMA, dan sedang menunggu temannya di gerbang sekolah, ada orang SM Entertainment yang melihatnya, dan menawari Siwon untuk ikut audisi. Siwon tertarik, dan dia dinyatakan lulus audisi, hingga akhirnya bergabung dengan Super Junior.
  21. Kata Siwon, yang paling menakutkan di Super Junior adalah Yesung, karena Yesung suka menyentuh bibir Siwon, yang katanya seksi.
  22. Di acara Strong Heart, Siwon mengatakan, banyak orang yang menganggapnya pendiam. Meski begitu, kalau ada orang yang meragukan kemampuannya, dia bisa seperti banteng yang menyeruduk apa pun di depannya.
  23. Di kalangan Super Junior, Siwon terkenal dengan banyolannya yang lucu, yang selalu bisa mencairkan suasana. Di panggung, Siwon juga kadang melucu dengan menirukan suara Andrew kim.
  24. Siwon punya adik bernama Choi Jiwon.
  25. Saat training Super Junior, Siwon dan Hyoyeon pernah dikirim bersama ke Cina untuk belajar bahasa Mandarin.
  26. Siwon hobi memotret. Waktu ada fans yang memotret Super Junior, Siwon malah balik memotret fans-fansnya.
  27. Sekali waktu, Siwon jalan sama Eunhyuk. Ketika ada orang lewat, dengan sopan Siwon minggir sedikit untuk memberi jalan. Saking besar badannya, orang tadi malah menyenggol Eunhyuk, hingga temannya itu jatuh ke got yang ada di pinggir jalan.
  28. Siwon adalah pemegang sabuk hitam taekwondo.
  29. Siwon tidak tahan makanan pedas. Kalau makan makanan pedas, dia langsung berkeringat.
  30. Cowok yang paling kaya di Super Junior adalah Heechul, Leeteuk, dan Shindong. Itu kalau berdasarkan penghasilan sendiri. Jika berdasarkan penghasilan orang tua, maka urutannya menjadi Siwon, Sungmin, dan Kyuhyun.
  31. Siwon bisa melompat sejauh 5 meter, sementara Kibum hanya bisa melompat sejauh 2 meter. Kalau ingin melihat langsung kemampuan mereka melompat, bisa dilihat di Exploration Human Body.
  32. Siwon sangat taat beragama.
  33. Siwon suka memasak. Namun, uniknya, masakan yang ia buat untuk orang lain sering tidak enak. Meski begitu, kalau dia masak untuk dirinya sendiri, dan orang lain ikut mencicipi, rasanya enak.
  34. Leeteuk pernah mengatakan bahwa member yang paling tidak cocok masuk Super Junior adalah Siwon, karena Siwon “terlalu sempurna”.
  35. Suatu waktu, Siwon tanpa sengaja membaca e-mail yang ditulis Donghae, yang akan dikirim ke manajemen. Donghae rupanya lupa mencantumkan nama Siwon di e-mail itu. Siwon lalu mengajak bicara Donghae, dan mengatakan akan keluar dari Super Junior karena sedih Donghae tidak mencantumkan namanya. Sebagai permintaan maaf, pada saat peluncuran album ke-2 Super Junior, Donghae menulis di bawah foto Siwon, berbunyi, “Siwon, aku menyayangimu, maafkan kesalahanku.”
  36. Siwon telah terkenal sebagai anggota Super Junior yang religius. Pada saat terjadi gempa di Cina, Siwon dipergoki sedang berdoa dengan khusyuk sambil berlinang air mata.
  37. Saat ditanya apa yang akan dilakukan Siwon jika Super Junior bubar, Siwon menjawab bahwa dia akan tetap di dunia entertainment. Dia juga ingin jadi aktor. Ketika ditanya apa yang akan dilakukannya sepuluh tahun lagi, Siwon juga memberikan jawaban serupa.
  38. Meski awalnya dilatih untuk menjadi penyanyi, namun Siwon juga telah menunjukkan kemampuannya dalam berakting. Dia muncul dalam beberapa serial mini drama, di antaranya Legend Dang Hyang, yang dirilis pada September 2007.
  39. Siwon juga pernah membintangi film laga kolaborasi Jepang-Hongkong-Korsel bersama Andy Lau, berjudul A Battle of With dan dirilis di Cina serta di Hong Kong pada November 2006. 
  40. Suatu hari, Siwon janjian dengan Leeteuk dan Eunhyuk untuk berkumpul di taman. Siwon pergi ke taman itu mengendarai sepeda, dan dia sampai lebih dulu. Tapi, waktu itu Siwon berpikir Leeteuk dan Eunhyuk sudah sampai di sana, karena melihat mobil yang mirip mobil temannya. Karena yakin melihat mobil Leeteuk sudah ada di sana, Siwon dengan pede menari di depan mobil tersebut. Setelah cukup lama menari, tapi temannya tidak juga keluar dari mobil, Siwon berteriak, “Hyung, cepat keluar. Apa tarianku kurang seksi?” Karena teman-temannya tidak juga keluar, Siwon kesal. Dia menghampiri mobil itu dan mengetuk kacanya. Ternyata, yang di dalam mobil adalah wanita yang tidak dia kenal. Karena sangat malu, Siwon segera mengambil sepedanya dan pergi dari tempat itu.